fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

7 Penyebab Website Tidak Bisa Diakses

Yanti puspita

Anda pasti panik saat situs web tiba-tiba tidak dapat diakses dan tidak tahu penyebab website tidak bisa diakses, bukan?

Terutama untuk situs web perusahaan. Anda mungkin akan kehilangan pelanggan potensial dan reputasi Anda akan menurun.

Namun, jangan panik dulu. Ketidakmampuan untuk mengakses website belum tentu di sebabkan oleh masalah yang serius.

Artikel ini menjelaskan mengapa Anda tidak bisa mengakses website. Simak pembahasannya di bawah ini.

Berikut 7 Penyebab Website Tidak Bisa Diakses

Alasan atau penyebab website tidak bisa di akses pada dasarnya, terjadi pada masalah akses situs web yang di sebabkan oleh beberapa faktor. Secara garis besar, tidak dapat di aksesnya situs web di sebabkan oleh tujuh faktor berikut ini:

1.      Bermasalah pada Koneksi

Penyebab website tidak bisa di akses pertama adalah Masalah koneksi. Ini adalah faktor yang paling umum dan sering terjadi.

Pemberitahuan utama adalah bahwa situs web tidak dapat di akses dengan error This site can’t be reached.

Jika Anda mendapatkan kesalahan ini, cobalah koneksi internet yang berbeda (misalnya dari koneksi seluler Android).  Saat akses dari koneksi lain berhasil, berarti ada masalah dengan koneksi sebelumnya. Segera hubungi layanan hosting untuk melakukan analisis dan memberikan solusi.

Kasus yang paling umum terjadi adalah IP yang menghadap ke Internet di blokir oleh firewall server karena suatu alasan.

Selain itu, mungkin ada masalah dengan koneksi antara ISP (Penyedia Layanan Internet) Anda dan server hosting situs web.

2.      Masalah pada Domain

Masalah konektivitas internet bukan satu-satunya alasan Anda tidak dapat mengakses halaman ini. Pesan kesalahan juga dapat di tampilkan karena masalah domain.

Selain pesan “This site can’t be reached”, ada indikasi lain bahwa ada masalah dengan domain. Seperti “Nama domain ini telah kedaluwarsa” dan halaman Lighthouse-nya.

Ada juga Secara khusus, masalah domain meliputi: Konfigurasi DNS Salah, Domain Terkunci, dan yang juga yang lainnya dapat di selesaikan dengan menghubungi layanan penyedia domain.

Untuk meninjau dan memberikan solusi lengkap dari apa yang menjadi masalahnya. Pemecahan masalah domain membutuhkan waktu eksekusi sekitar 1 hingga 24 jam, atau lebih lama jika domain telah kedaluwarsa.

3.      Masalah script pada Website

Penyebab website tidak bisa diakses selanjutnya adalah Masalah script pada Website.

Ada beberapa pesan kesalahan yang dapat muncul ketika situs web tidak dapat diakses karena masalah skrip. Pesan-pesan error/kesalahan ini meliputi:

403 forbidden

Ketika situs web tidak bisa di buka dengan error 403, sering kali ada dua kemungkinan penyebabnya. Pengaturan izin untuk file/folder di hosting Anda, atau pengaturan dalam file .htaccess.

Langkah pertama adalah memeriksa izin file atau folder. Gunakan permission 0644 untuk file dan 0755 untuk folder.

Langkah kedua, periksa pengaturan file .htaccess. Coba ganti nama file .htaccess yang sebelumnya dig unakan dan kemudian coba akses halaman yang error. Jika error hilang, maka Anda dapat memastikan bahwa file .htaccess Anda adalah penyebabnya.

Jika Anda menemukan kesalahan saat situs web Anda menyimpan atau memproses data, ModSecurity mungkin memblokir proses penyimpanan. Anda dapat menghubungi dukungan hosting Anda tentang hal ini dan meminta mereka untuk membantu Anda memverifikasinya.

404 not found

Penyebab website tidak bisa diakses yaitu terjadi masalah error 404 di sebabkan oleh browser yang tidak dapat menemukan halaman atau file yang Anda akses.

Hal ini biasanya di sebabkan oleh file yang tidak ada dan izin file atau folder yang tidak sesuai hingga file diganti namanya.

Jika Anda tidak dapat mengakses situs web dengan pesan kesalahan 404 not found saat mengakses menu atau halaman tertentu.

Hal ini sering kali di sebabkan oleh pengaturan yang salah pada file .htaccess Anda. Tergantung dari CMS atau framework yang Anda gunakan, kami sarankan untuk menggunakan file .htaccess.

Jika Anda telah membuat domain khusus untuk blogspot Anda. Kesalahan ini sering terjadi ketika DNS Anda telah diteruskan ke blogspot Anda, tetapi domain tersebut tidak dapat di simpan.

Jadi ketika kami mengunjungi domain tersebut, kami mendapatkan error 404 tidak di temukan. Solusi: Pastikan DNS domain Anda sudah di forward ke blogspot dan domain Anda sudah berhasil di simpan di halaman pengaturan blogspot.

Halaman Tidak Ditemukan

Jika Anda mendapatkan kesalahan ini saat mengakses halaman web dari mesin pencari atau browser. Artinya halaman yang Anda cari tidak dapat di temukan atau telah di modifikasi.

Solusinya adalah Anda bisa memeriksa dua hal: permalink dan htaccess. Jika Anda menggunakan CMS untuk membangun situs web Anda, periksa file .htaccess cPanel atau Plesk yang Anda gunakan.

Kami sarankan untuk mengganti file .htaccess yang di gunakan dengan file .htaccess bawaan CMS-nya. Selanjutnya, periksa pengaturan permalink CMS Anda.

4.      Masalah pada hosting

Masalah paling umum penyebab website tidak bisa diakses berikutnya dengan situs web adalah masalah hosting.

Jika situs web Anda tiba-tiba muncul pesan “Account Has Been Suspended”, jangan panik. Pesan kesalahan ini biasanya menunjukkan bahwa layanan hosting Anda telah kedaluwarsa dan perlu di perbarui.

Situs web yang tidak dapat di akses dengan pesan kesalahan “503 Layanan Tidak Tersedia” di sebabkan oleh server yang tidak merespons permintaan dari browser yang Anda gunakan.

Server mungkin sedang sibuk, menjalani pemeliharaan, atau mati. Silakan hubungi penyedia hosting atau server Anda untuk informasi lebih lanjut.

Pesan kesalahan “504 Gateway Timeout” di tampilkan dan situs web tidak dapat diakses karena server tidak dapat menyelesaikan permintaan dalam waktu yang di tentukan.

Ada beberapa penyebab kesalahan 504 gateway timeout. Beban server, koneksi internet yang tidak stabil, cache browser untuk memuat halaman situs web.

5.      Error pada Database

Tim teknis DewaBiz, hampir setiap hari menemukan error database, termasuk pesan “Error establishing database connection” dan “Unable to connect to database server”.

Ada beberapa alasan untuk hal ini salah satunya adalah Pengaturan file koneksi database Anda salah.

Anda lupa memberikan hak istimewa kepada pengguna database karena layanan mysql tidak di aktifkan. Untuk memperbaiki masalah ini, periksa skrip koneksi database dan database yang Anda buat di hosting.

6.      Tidak Menghapus Cache Browser

Cache browser adalah data situs web yang di simpan sementara di memori browser Anda. Cache berguna untuk membuat situs web dimuat lebih cepat.

Tetapi masalah cache browser dapat membuat situs web tidak dapat diakses. Dalam hal ini, Anda harus menghapus cache. Cara menghapus cache di Chrome:

  • Buka aplikasi “Google Crome” dan pilih klik titik tiga di pojok kanan atas
  • Tekan Setting, dan klik tulisan “Clear Browsing Data”
  • Pilih “Time Range” atau “Jangka Waktu”, pilih “All time” untuk menghapus semua data yang telah ada sebelumnya
  • Klik elemen yang ingin Anda hapus
  • Pilih Clear Data

7.      Tak Memilih Layanan Hosting yang Berkualitas

Penyebab website tidak bisa diakses adalah hosting Anda tak berkualitas. Jika server Anda sering down, mungkin karena layanan hosting Anda tidak bagus.

Hal ini mungkin di sebabkan oleh kualitas dan teknologi server yang buruk atau pemeliharaan yang buruk.

Jika hal ini terjadi pada website Anda, solusi terbaik adalah beralih ke layanan hosting yang lebih menjanjikan. DewaBiz menyediakan layanan hosting berkualitas tinggi dengan uptime yang tinggi.

Server hanya akan down selama 5 menit dalam setahun. Oleh karena itu, sangat kecil kemungkinan website Anda akan down karena server down.

Penutup

Situs yang menggunakan platform seperti WordPress seharusnya mengalami error. Bisa jadi website tidak bisa diakses, dll. Terutama untuk website yang di buat untuk tujuan bisnis.

Anda bisa kehilangan banyak calon pelanggan karena ketidakmampuan mengakses website Anda. Tentu jika Anda sudah tahu penyebab website tidak bisa diakses pastinya harus segera diatasi.

Baca Juga