fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Penyebab Website Down! Berikut 13 Masalahnya Umum Terjadi

Yanti puspita

Pada kesempatan ini, kami akan bahas untuk Anda artikel tentang penyebab website down dan hal hal yang sering terjadi.

Mengatasi website down merupakan hal penting yang perlu anda ketahui untuk menjaga kelangsungan bisnis. Mengapa demikian? Di era digital saat ini, website memainkan peran yang sangat penting dalam membantu bisnis mendapatkan pelanggan.

Banyak orang yang mengecek website sebelum membeli suatu produk. Tentunya jika website atau server yang anda gunakan down, maka akan mempengaruhi calon pelanggan yang membeli produk yang anda jual.

Lantas bagaimana cara mengatasi server failure? Yuk simak ulasan lengkapnya di artikel ini saja!

Penyebab Website Down yang Biasa Terjadi

Ada banyak alasan mengapa sebuah situs web mengalami down, tetapi artikel ini menjelaskan beberapa penyebab paling umum dari sebuah situs web yang mengalami down.

1.      Trafik Membludak

Penyebab website down yang pertama adalah trafik yang membludak. Volume trafik yang tinggi ini biasanya berasal dari situs web perusahaan seperti toko online yang menjalankan promosi besar-besaran.

Acara promosi adalah salah satu alasan banyak pengguna mengunjungi situs Anda pada saat yang bersamaan. Banyaknya pengguna yang mengakses pada saat yang bersamaan menyebabkan trafik meroket.

Jika server anda tidak bisa melakukan hal ini, website anda pasti akan down. Langkah website down biasanya di mulai dengan website yang lambat saat dilihat, dan akhirnya berhenti tampil sama sekali.

Jadi bagaimana kita memperbaikinya? Satu-satunya solusi adalah dengan meng-upgrade web hosting anda saat ini ke spesifikasi hosting yang lebih tinggi.

2.      Layanan Hosting yang Digunakan Kurang Bagus

Selain karena trafik yang padat, penyebab website down adalah karena layanan hosting anda bukan yang terbaik. Misalnya, mungkin telah meningkatkan layanan hosting anda ke spesifikasi yang lebih tinggi, tetapi situs web anda masih mengalami downtime.

Anda harus tahu bahwa server situs web anda memainkan peran penting dalam situs web anda, jadi anda harus menggunakan layanan hosting yang sesuai.Layanan hosting yang berkualitas harus dapat beroperasi terus menerus 24 jam sehari.

Jika website anda sering down, bisa jadi karena kualitas hosting yang Anda gunakan kurang baik, mulai dari maintenance hingga teknologi yang di gunakan.

Idealnya, layanan web hosting anda harus memiliki uptime yang tinggi. Artinya, server yang anda gunakan harus selalu tersedia dan tidak pernah crash atau gagal. Dewabiz adalah dia salah satu penyedia layanan hosting dengan jaminan uptime hingga 99,99%.

3.      Ada Masalah di DNS

DNS (Domain Name System) merupakan sistem yang sering di gunakan untuk menentukan alamat IP dari nama domain.

Masalah dengan DNS situs web dapat membuat situs web tidak dapat di akses dan penyebab website down. Salah satu penyebab paling umum masalah DNS adalah konfigurasi DNS yang tidak tepat.

Oleh karena itu, anda harus memeriksa konfigurasi DNS situs web anda dan memastikan bahwa alamat IP yang di berikan sudah benar dan dapat di akses.

  • Jika Anda tidak tahu cara mengatur DNS, ikuti langkah-langkah berikut:
  • Masuk ke cPanel dari browser anda.
  • Klik tombol (Editor Zona DNS).
  • Pilih domain yang ingin anda konfigurasikan DNS-nya dari daftar tarik-turun.
  • Klik tombol di sebelah kanan (Tambah Record).
  • Pilih jenis record DNS yang akan di tambahkan. B. A, MX, atau CNAME. Masukkan informasi yang di perlukan untuk record yang dipilih. B. Nama host, Alamat IP, dan Domain Terkait Lainnya.
  • Klik tombol (Tambah Record) untuk menyimpan perubahan anda.
  • Ulangi langkah 5-7 untuk setiap record DNS tambahan.
  • Setelah selesai, periksa kembali konfigurasi DNS anda untuk memastikan semuanya sudah benar dan dapat di akses.

Perhatikan bahwa perubahan konfigurasi DNS bisa memakan waktu beberapa jam untuk menyebar melalui DNS.

4.      IP Address Terblokir

Server juga bisa down karena alamat IP yang diblokir. Hal ini biasanya terjadi ketika server terlalu sering diakses dan menimbulkan kecurigaan adanya serangan DDoS (distributed denial of service) melalui firewall yang melindungi server website. Dalam hal ini, website yang anda cari menjadi sulit diakses dan mati.

5.      Masalah Pada Coding

Situs web juga dapat mengalami crash karena kesalahan pengkodean. Bahkan, dalam beberapa kasus, kesalahan pengkodean dapat merusak dan bahkan menghapus seluruh halaman di situs web anda.

Oleh karena itu, penulisan pengkodean ini harus dipertimbangkan dengan sangat hati-hati. Kesalahan kode adalah salah satu penyebab lain dari downtime website.

6.      Periksa Log Error

Penyebab website down selanjutnya adalah terjadi error pada Log. Periksa file log kesalahan pada server untuk menentukan di mana kesalahan terjadi. Log kesalahan biasanya terletak di direktori web atau folder log cPanel.

7.      Periksa Kode

Periksa kode sumber situs web anda untuk menemukan di mana kesalahan pengkodean berada. Jika anda menemui kesalahan, perbaikilah kemudian ganti dengan kode yang benar.

8.      Gunakan Bantuan Debugging Tools

Beberapa bahasa pemrograman memiliki alat debugging yang dapat anda gunakan untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan pengkodean. Sebagai contoh, PHP menyediakan fungsi “error_reporting” yang dapat digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan pelaporan kesalahan pada saat runtime.

9.      Meminta bantuan

Jika anda tidak dapat menemukan dan memperbaiki kesalahan pengkodean, hubungi pengembang berpengalaman atau dukungan teknis penyedia hosting anda.

Kesalahan pengkodean dapat mengacaukan kestabilan situs web anda dan bahkan menyebabkan masalah keamanan jika tidak diperbaiki. Oleh karena itu, penting untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan pengkodean sedini mungkin.

10.  Serangan Hacker

Hacker juga bisa menjadi salah satu penyebab website down. Peretasan yang biasa dilakukan untuk mematikan server termasuk injeksi SQL, DDoS, malware, dan XSS.

Hacker biasanya secara tahapan akan meningkatkan trafiksitus web dan membuat server tidak mampu berjalan secara efektif, menyebabkan sistem error.

11.  Terjadi Bencana Alam

Bencana alam adalah salah satu penyebab kegagalan server yang tidak dapat diprediksi. Cara terbaik untuk penyebab website down ini adalah dengan mencadangkan data anda secara teratur. Bahkan jika server mati, setidaknya data anda aman, membuat pemulihan sistem lebih mudah.

12.  Maintenance Website

Situs web mungkin tidak tersedia untuk sementara waktu selama pemeliharaan server. Ada beberapa kemungkinan alasan untuk hal ini.

Ketika server di perbaiki atau komponen diganti. Pemeliharaan situs web juga merupakan pemeliharaan preventif untuk memastikan stabilitas jangka panjang server dan ketidaktersediaan sementara situs web.

13.  Penggunaan Aplikasi Bajakan

Menggunakan aplikasi bajakan dapat memengaruhi kinerja hosting situs web dan menjadi penyebab website down. Oleh karena itu, pastikan bahwa aplikasi apa pun yang anda instal di website hosting anda berasal dari situs web resmi atau tepercaya.

Penutup

Beberapa penyebab website down seperti traffic yang padat, masalah layanan hosting, serangan hacker, dll. Sangat penting untuk segera mengatasi masalah website down agar pelanggan anda dapat terus mengakses website anda dan bisnis anda dapat terus berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, terapkan cara-cara di atas untuk mengatasi penyebab website down dengan segera agar website anda dapat bertahan di dunia online.

Baca Juga