Penyebab Loading WordPress Lambat Yang Sering Terjadi

Halo, bagaimana kabar anda? Dalam kesempatan ini kita akan membahas tentang penyebab loading wordpress lambat.  Pada saat memutuskan untuk menggunakan web hosting sendiri, maka kita harus siap dengan sejumlah permasalahan yang nantinya akan muncul. Masalah – masalah itu bisa beragam. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah loading wordpress lambat. Hal itu dikarenakan web tersebut sepenuhnya ada dalam kontrol kita sendiri. Namun lain halnya jika kita masih menggunakan jasa layanan hosting seperti blogger.com misalnya.

Masalah ini merupakan masalah yang umum terjadi. Jadi jangan khawatir karena bukan hanya anda yang mengalami masalah ini.  Nah bagi anda yang mungkin pernah mengalami hal ini anda perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab loading wordpress lambat.

Penyebab Loading WordPress Lambat

Dari sekian banyak hal yang dapat menyebabkan loading wordpress lambat, berikut ini penyebab utama yang sring terjadi.

1. Terjadi Banyak Query

Pada web yang sedang berjalan, sistem akan mengirimkan, mencatat dan menuliskan query ke database. Hal itu bertujuan untuk mencatat segala apa yang terjadi saat web tersebut sedang online. Pada saat web memiliki traffic yang padat, maka query pun otomatis akan bertambah banyak yang terjadi.

2. Menggunakan Script Nulled (script bajakan atau private script)

Penggunaan script nulled ini banyak digunakan karena kurangnya fitur berkualitas yang tersedia pada script gratisan. Hal ini seakan sudah menjadi budaya turun termurun dan sudah meresap di kalangan blogger. Script nulled yang dimaksud disini dapat berupa plugin atau theme.

3. Terlalu Banyak Plugin Yang Diinstal

Mengintsal terlalu banyak plugin akan menyebabkan meningkatnya penggunanan resource yang diakibatkan dari penggunaan plugin tersebut. Hal ini apabila anda biarkan lama kelamaan akan berdampak pada penggunaan RAM dan processor yang meningkat. Dengan begitu, resource hosting yang kita gunakan menjadi sibuk. Hal itulah yang dapat memicu terjadinya lemot pada website anda.

4. Penggunaan CPU dan RAM Yang Sudah Mencapai Batas

Pada dasarnya hosting merupakan sebuah perangkat komputer seperti pada umumnya. Maka dari itu hosting juga harus memakai RAM dan CPU untuk dapat mengontrol website. Sama halnya dengan perangkat komputer pada umumnya, hosting pun mempunyai batasan dalam kinerjanya. Nah pada situasi tertentu penggunaan CPU dan RAM pada hosting anda akan mencapai 100 %. Hal itu menunjukkan bahwa kinerja komputer sudah mencapai batas maksimalnya.

Nah itulah tadi pembahasan kita tentang penyebab loading wordpress lambat. Masih ada lagi beberapa hal yang bisa menyebabkan loading wordpress lambat, namun akan kita bahas pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *