fbpx

Pentingnya Website Sekolah, Wajib Anda Tahu

merupakan salah satu penunjang kebutuhan informasi yang dibutuhkan publik. Dikarenakan fungsinya yang memuat berbagai informasi mengenai petunjuk yang dibutuhkan pembaca. Maka dari itu setiap sektor pendidikan, perusahaan, dan pemerintahan wajib memiliki websitenya sendiri. Tidak terkecuali dengan sekolah, agar para pendaftar dapat mengetahui informasi dan berita apa saja yang terjadi di sekolah. 

memang sangat penting dikarenakan dapat digunakan sebagai pendukung kegiatan pembelajaran. Tidak hanya itu peserta didik juga mampu mengupdate informasi seputar sekolah mereka.

Dalam penerimaan peserta didik baru, para orang tua juga menjadikan website sekolah sebagai acuan untuk mencari seputar pengalaman dan prestasi sekolah. 

Apa Itu Website Sekolah? 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kegunaan website sekolah, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu dari website sekolah. Pengertian dari website sekolah adalah website yang dimiliki dan dikelola pihak sekolah secara pribadi. Jika disempitkan maka website sekolah adalah website yang khusus diperuntukkan sekolah.

Melalui website sekolah peserta didik dapat mencari informasi yang dibutuhkan. Selain itu guru juga dapat mengupdate dan informasi terbaru untuk disebarkan ke pembaca di website sekolah. Inilah mengapa sekolah wajib mempunyai dan mengelola websitenya sendiri. Dikarenakan ada banyak manfaat yang didapatkan melalui penggunaan website sekolah. 

Namun, sayangnya masih banyak sekolah yang mengabaikan mengenai pembuatan website sekolah. Alasannya dikarenakan tidak bisa membuat website, dan tidak ada yang mau mengelola website tersebut. Padahal guru bisa mengisi website seputar berita sekolah seperti profil, dan lainnya. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan informasi tersebut. 

Baca Juga :  Inilah 4 Website Gambar Gratis Untuk Konten

Kegunaan Website Sekolah 

Pastinya Anda sudah paham mengenai pengertian website sekolah bukan? selanjutnya website sekolah memang terbukti mempunyai banyak fungsi dan manfaat terlebih untuk sekolah itu sendiri. 

Apa saja sih kegunaan dari website sekolah? bagi Anda yang masih bingung, langsung saja simak informasinya dibawah ini :

Kegunaan  Website Sekolah Untuk Tenaga Pendidik

Pembahasan pertama mengenai kegunaan website untuk tenaga pendidik. Tentunya penggunaan website sangat dibutuhkan oleh guru, dikarenakan website dapat membantu pekerjaan guru untuk menyampaikan informasi dan lainnya. Apa saja fungsinya? simak penjelasannya dibawah ini :

1. Menampilkan Profil Data Peserta Didik

Manfaat pertama yakni menampilkan profil peserta didik. Pastinya website sekolah memang memuat mengenai beberapa informasi dan data. Meskipun tidak semua data dapat dipublikasikan, namun Anda tetap dapat menjumpai data mengenai peserta didik dan guru. Misalnya ada berapa jumlah guru, siswa, dan yang ada disana.

2. Menampilkan Profil Sekolah

Manfaat kedua yang dari kegunaan website untuk tenaga pendidik adalah menampilkan profil sekolah. Website pastinya memuat mengenai profil sekolah seperti nama, akreditasi, lokasi, letak geografis dan sebagainya. Hal ini dapat memudahkan pembaca untuk mengetahui dimana lokasi sekolah tersebut.

1. Membantu Kreativitas Siswa

Kegunaan selanjutnya adalah membantu mengembangkan kreativitas siswa. Jika guru memberikan tugas misalnya hasil menggambar atau kerajinan lainnya, maka hal itu bisa diunggah ke dalam website sekolah. Sehingga publik bisa melihat bentuk kreativitas siswa dalam lewat hasil karya tersebut.

2. Mampu Mengenalkan Sekolah Kepada Publik

Selanjutnya adalah mampu mengenalkan sekolah kepada publik. Lewat website sekolah, maka sekolah akan semakin dikenal di kalangan masyarakat. Banyak orang dapat melihat profil sekolah dan prestasinya lewat website sekolah. Sehingga guru tidak perlu membuat brosur atau lainnya, cukup dengan menguploadnya ke website sekolah.

Baca Juga :  Sudah Tahu Apa yang Menjadi Perbedaan SSD dan HDD?

3. Menjadi Sarana Belajar bagi Siswa

Kegunaan terakhir website sekolah adalah dapat menjadi sarana belajar peserta didik. Guru dapat mengupload materinya secara menarik di website sekolah. Tentunya para siswa akan belajar mengenai materi tersebut. Dari sini website sekolah dapat berfungsi sebagai sarana belajar siswa. 

Kegunaan Website Sekolah Untuk Masyarakat

Lewat website sekolah, masyarakat dapat mengakses informasi yang ada di sekolah. Seperti data profil sekolah, prestasi, dan data warga sekolah. Hal ini sangat memudahkan masyarakatkan terutama bagi Anda yang hendak memilih sekolah untuk anak. Maka lewat informasi yang diunggah, dapat menjadi pertimbangan. 

Masyarakat Mampu Melihat Perkembangan dan Prestasi Sekolah

Kedua, selain melihat profil Anda juga dapat melihat perkembangan sekolah misalnya perkembangan bangunan, cara pengelolaan kelas, juga perkembangan prestasi sekolah yang diraih setiap tahunnya. Website sekolah yang aktif akan mengupload berbagai macam kegiatan sekolahnya. 

Bisa Menjadi Referensi jika Hendak Mendaftarkan Anak ke Sekolah

Jika Anda hendak mencari sekolah yang pas untuk anak, maka melihat website sekolah bisa menjadi solusi. Anda dapat mempertimbangkan website sekolah satu dengan yang lainnya sebelum memutuskan mana yang lebih baik. Anda tidak perlu datang ke sekolah untuk mencari informasi, cukup dengan melihat websitenya saja. 

Kegunaan Website Sekolah Untuk Peserta Didik 

Selain berguna bagi tenaga pendidik yang ada di sekolah juga masyarakat, website sekolah juga sangat berguna bagi peserta didik. Apa saja kegunaannya? dan bagaimana cara memanfaatkannya?  simak beberapa fungsi website sekolah bagi siswa  berikut ini:

  • Sarana memperoleh informasi
  • Siswa dapat mengakses pembelajaran
  • Siswa dapat berlatih soal-soal tes yang disediakan di website sekolah
  • Siswa dapat menyalurkan bakatnya lewat website sekolah 

Demikianlah rangkuman mengenai pentingnya website sekolah. Pastinya website sekolah memanglah penting dan sangat berguna bagi stakeholder. Maka dari itu sangat wajib bagi sekolah agar memiliki website nya sendiri. Tujuannya adalah menyampaikan informasi secara singkat dan cepat kepada khalayak banyak lewat website sekolah.