fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Pentingnya Web Portofolio Bagi Freelancer, Agar Orang Lain Tau Skill yang Dimiliki

Wiliam

Pada dasarnya, website portfolio ini dapat dikatakan sebagai sebuah situs online untuk branding diri. Maksudnya, website ini dapat berfungsi untuk mengetahui kualitas diri seorang freelancer. 

Itulahnya mengapa pentingnya web portofolio bagi freelancer harus diketahui karena dalam dunia kerja begitu banyak persaingan. Karena alasan inilah, cukup sulit untuk mendapatkan klien.

Tanpa adanya portofolio yang dimiliki oleh seorang freelancer, tentu pihak perusahaan tempat melamar kerja sulit untuk memberikan pertimbangan. Adapun isi dari portofolio tersebut seperti pendidikan, kemampuan yang dimiliki, dan sebagainya. Untuk itu, berikut manfaat dari website portofolio tersebut bagi seorang freelancer:

1. Digunakan Sebagai Arsip Karya dan Biografi

Manfaat dari web portfolio ini yakni dapat digunakan sebagai arsip karya yang telah dilakukan atau dimiliki freelancer. Nantinya karya yang dimiliki tersebut akan disimpan dalam bentuk softfile sehingga tidak akan hilang. 

Karena jika disimpan dalam bentuk fisik tentu sangat mudah hilang atau diambil orang dan membuat karya tersebut tidak bisa disimpan lagi. Selain itu, website portfolio ini dapat juga dijadikan sebagai biografi atau riwayat hidup dari freelancer tersebut.

 Dimana biografi yang dimiliki oleh seseorang ini mulai dari nama lengkap hingga dengan pengalaman yang dimiliki. Bahkan isi biografi tersebut terkait dengan sertifikat dan juga pencapaian yang telah diperoleh oleh seorang freelancer.

2. Berpotensi Mendapatkan Klien

Menjadi seorang freelancer memang cukup sulit mendapatkan klien apabila portofolio yang dimiliki tidak menarik. Berbeda halnya jika portofolio tersebut disajikan dalam bentuk website sehingga klien bisa dengan mudah mengetahui karya yang dibuat. Klien dapat mengetahui karya tersebut secara langsung pada saat membuka website yang dimiliki.

Apabila klien tertarik dengan hasil kerja yang telah dilakukan, maka klien tersebut bisa menghubungi freelancer dan mengajak untuk melakukan kolaborasi. Memang pentingnya web portofolio bagi freelancer untuk mendapatkan klien dengan mudah. Freelancer tidak mencari klien, namun klien tersebut yang mencari freelancer ini untuk bekerja sama.

3. Membangun Personal Branding

Manfaat selanjutnya adalah dapat membangun personal branding yang dimiliki oleh freelancer tersebut. Bagaimana tidak, seorang freelancer akan menampilkan sebuah hasil karya yang dimiliki melalui website tersebut. Dengan begitu, orang-orang yang lewat di website tersebut akan melihat hasil karya yang dimiliki secara langsung tanpa ditawarkan.

Nantinya, personal branding yang dimiliki dapat tersusun dengan rapi berdasarkan dengan portofolio yang dimiliki. Apabila karya yang dimiliki tersebut banyak disukai oleh orang-orang, maka freelancer dapat dikenal dengan mudah. 

Bahkan freelancer tersebut pun dapat diundang untuk menjadi seorang pembicara atau narasumber dalam sebuah kegiatan seminar.

4. Lebih Mudah Dibaca Banyak Orang

Pentingnya web portofolio bagi freelancer selanjutnya adalah data diri dan karya yang dimiliki akan lebih mudah untuk dibaca banyak orang. Memang membuat portofolio secara online dapat mempermudah orang banyak membacanya. Apalagi saat sekarang ini, masyarakat sangat menyukai dunia internet dan digital untuk mencari beragam informasi.

Dengan begitu, portofolio yang dimiliki bisa dibaca dengan mudah dan cepat oleh orang-orang tersebut. Semakin banyak yang mengetahui portofolio dan branding diri yang dimiliki maka semakin banyak pula orang yang memakai jasa yang ditawarkan. Karena orang-orang tersebut menganggap kualitas yang dimiliki sangatlah bagus.

5. Mengasah Skill dan Eksplor Kreativitas

Dalam pembuatan portofolio memang mengandung banyak format yang dijadikan pilihan oleh seorang freelancer. Format portofolio semakin berkembang seiring berjalannya waktu sehingga freelancer diuji. Dimana freelancer harus mempunyai skill dan tingkat kreativitas yang tinggin dalam pembuatan portofolio tersebut sehingga dapat terlihat begitu unik.

Bukan hanya unik saja, namun portofolio yang dibuat tersebut harus terlihat bagi dan mempunyai perbedaan dibandingkan portofolio yang lain. Dengan begitu, orang-orang atau klien dapat tertarik dan menggunakan jasa yang dimiliki ini. Itulah mengapa pentingnya web portofolio bagi freelancer untuk digunakan dalam mengasah skill dan juga kreativitas.

6. Dapat Memperlihatkan Keunggulan Dibanding Kompetitor Lain

Manfaat selanjutnya adalah dapat memperlihat keunggulan yang dimiliki kepada orang lain. Dengan kata lain, freelancer memperlihatkan perbedaan keunggulan yang dimiliki dengan kompetito yang lain. Untuk memperkuat bukti keunggulan yang dimiliki ini tentu dengan mengupload atau memposting setiap karya yang dimiliki atau karya yang pernah dibuat.

Selain itu, situs atau web portofolio ini dapat digunakan untuk melamar pekerjaan khususnya bagi seorang freelancer. Nantinya pihak perekrut dapat membandingkan atau mempertimbangkan untuk menerima freelancer tersebut. Karena pihak perekrut dapat melihat bakat yang dimiliki oleh freelancer ini memang sangat bagus dan tentunya berkualitas.

7. Digunakan Untuk Melakukan Evaluasi Diri Freelancer

Pentingnya web portofolio bagi freelancer yang terakhir ini adalah digunakan untuk melakukan evaluasi diri. Memang evaluasi diri dilakukan tanpa disadari freelancer pada saat membuat portofolio. Mengapa demikian? Karena proses pembuatan portofolio ini membuat freelancer harus berpikir keras terkait dengan kelebihan apa saja yang dimiliki selama ini untuk ditampilkan.

Nantinya, freelancer akan menggali potensi yang dimiliki agar pembaca bisa lebih mudah untuk mengetahui hal tersebut utamanya kemampuan freelancer. Bukan hanya menggali kelebihan yang dimiliki saja, freelancer juga dapat mengetahui apa kelemahannya selama ini. 

Dengan begitu, freelancer dapat meningkatkan kelemahan yang dimiliki dengan menerapkan beberapa cara.

Itulah penjelasan terkait dengan pentingnya web portofolio bagi freelancer yang perlu diketahui. Freelancer bisa memanfaatkan website portfolio ini untuk mengukur kemampuan diri yang dimiliki.

 Freelancer bisa mengetahui apa kelebihan dan kekurangan dalam dirinya yang perlu dibenahi dan ditingkatkan agar menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga