fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Penjelasan Secara Lengkap Mengenai Tutorial Penggunaan Aplikasi Filmora

Wiliam

Filmora adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit video secara sederhana dan bertahap. Bagi bizzie yang lagi belajar edit juga sangat cocok sekali menggunakan aplikasi yang satu ini.

Sayangnya, sampai dengan saat ini belum banyak yang mengerti cara penggunaan dari aplikasi filmora. Maka dari itu, untuk kesempatan kali ini akan dibahas sampai dengan tuntas mengenai tutorial penggunaan aplikasi filmora.

Tutorial Penggunaan Aplikasi Filmora

Tidak dipungkiri bagi para pemula pasti pernah merasakan bingung di saat ingin melakukan edit video dengan bantuan aplikasi. Akan tetapi, pada saat bizzie menggunakan aplikasi filmora ada mempunyai cara yang mudah dan simpel. Untuk beberapa langkah atau tutorial yang bisa digunakan oleh para pengguna aplikasi filmora adalah:

1. Memilih Klip Pada Perpustakaan Media

Langkah pertama, bizzie bisa langsung saja memilih klik pada perpustakan media terlebih dahulu. Untuk pemilihan klip pada perpustakaan media ada 3 cara yang harus bizzie lakukan yaitu:

●  Untuk bizzie yang ingin memilih salah satu file media bisa memberikan klik pada tampilan thumbnail nya.

●  Bagi bizzie yang ingin memilih beberapa file media bisa menekan dan tahan tombol “ctrl”. Setelah itu, bisa berikan klik lagi pada thumbnail pada media yang bizzie ingin pilih.

●      Untuk memilih warna urutan file, bizzie bisa memberikan klik pada thumbnail yang ada di urutan pertama. Tekan pada bagian tersebut dan menekan tombol “shift” dan lalu klik pada thumbnail yang ada di urutan paling akhir.

2. Menghapus Media di Media Library

Tutorial penggunaan aplikasi filmora selanjutnya adalah menghapus media yang ada di media library. Pada langkah yang satu ini bertujuan supaya bizzie tidak bingung di saat ingin melakukan edit video.

Meski menghapus di media library, akan tetapi video yang sudah selesai diedit tetap masih tersimpan di komputer atau perangkat. Sehingga, bizzie tidak perlu cemas dengan hasil editan yang sudah dibuat.

3. Menambahkan Beberapa Media Lainnya

Bagi bizzie yang ingin menambahkan beberapa media lainnya juga bisa digunakan di dalam aplikasi filmora. Untuk  tutorial penggunaan aplikasi filmora kali ini hanya dibutuhkan oleh beberapa pengguna saja. Langkah atau cara yang harus dilakukan pada tahapan ini adalah:

●  Klik pada bagian thumbnail pada klip video atau media lainnya. Setelah itu, seret dan letakkan pada bagian timeline.

●      Klik kanan pada bagian thumbnail yang ingin menambahkan beberapa media lainnya.

Di dalam halaman tersebut bizzie juga akan diberikan beberapa pilihan menu yang harus dipahami sebelumnya. Ada 4 menu yang harus dipahami oleh para pengguna aplikasi filmora yaitu:

●  Insert : menu yang mempunyai fungsi untuk menambahkan media yang ingin dimasukkan di dalam klip video. Perlu bizzie ketahui, untuk setiap media yang sudah bizzie pilih bisa langsung tersimpan secara otomatis pada bagian timeline atau trek.

●  Overwriter : menu dengan fungsi untuk menumpuk media yang sudah ada sebelumnya. Pada menu kali ini hanya dibutuhkan oleh bizzie yang ingin mengganti media baru.

●  Append : menu yang berfungsi untuk menambahkan media di bagian yang paling akhir.

●      Add new track : menu dengan fungsi untuk menambahkan media pada trek baru dan tanpa ada media lain di dalam klip video tersebut.

4. Memilih Tone Warna

Tutorial penggunaan aplikasi filmora dengan pemilihan tone warna juga sangat penting Pada saat bizzie menggunakan aplikasi filmora akan diberikan beberapa pilihan sample warna yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Sedangkan, untuk bizzie yang kurang puas dengan simple warna di aplikasi filmora bisa menentukan tone warna sesuai dengan keinginan. Pemilihan tone warna kali ini berfungsi supaya hasil video yang diberikan tetap memuaskan dan enak untuk di dilihat.

5. Memotong Video Clip

Setelah memilih tone warna dan beberapa media lain, sudah tiba saatnya bizzie untuk memotong beberapa bagian video clip. Sangat disarankan, pada  tutorial penggunaan aplikasi filmora bizzie bisa menggunakan bantuan alat mouse.

Dengan menggunakan alat mouse bisa membantu bizzie dalam proses pemotongan video clip. Pada saat bizzie menggunakan aplikasi filmora bisa memotong video clip secara otomatis.

Sehingga, bizzie tidak perlu lagi melakukan pemotongan video clip secara manual. Akan tetapi untuk bizzie yang ingin mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan bisa melakukan pemotongan video clip sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

6. Memisahkan dan Memutar Klip Video Potongan

Pada saat video sudah dipotong-potong, maka  tutorial penggunaan aplikasi filmora selanjutnya adalah memisahkan dan memutar klipnya terlebih dahulu. Pada cara yang satu ini juga sangat penting dan harus dilakukan oleh semua para pengguna aplikasi filmora.

Selain itu, dengan cara yang satu ini bisa digunakan supaya antisipasi kesalahan di saat proses edit sedang berlangsung. Ketika proses memasukkan dan memutar klip video, bizzie bisa juga sembari melakukan edit klip tersebut.

7. Menggabungkan Semua Video

Tutorial penggunaan aplikasi filmora paling akhir adalah menggabungkan semua video yang sudah di edit. Pada saat proses penggabungan video juga harus tetap telaten dan berhati-hati.

Ketika semua sudah digabungkan, bizzie bisa memberikan kecepatan putaran dan resolusi sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai salah dalam pemilihan kecepatan dan resolusi, karena berdampak terhadap hasil akhir dari video tersebut.

Supaya memberikan hasil terbaik, bizzie bisa memilih kecepatan pemutaran yang sesuai stbizzier saja. Jangan terlalu cepat atau lambat, karena bisa membuat penonton kurang nyaman.

Itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai  tutorial penggunaan aplikasi filmora. Diharapkan, dengan adanya penjelasan diatas tidak ada lagi dari kalangan masyarakat khususnya pengguna aplikasi filmora yang merasa bingung. 

Baca Juga