fbpx

Penjelasan Secara Lengkap Mengenai Cara Upload File ke Website

Para pemilik yang ingin dikenal oleh banyak orang bisa melakukan upload file terlebih dahulu. Untuk melakukan upload file pada website ini juga terdapat beberapa langkah atau cara yang harus dilakukan.

Sampai dengan saat ini masih banyak dari kalangan masyarakat yang belum mengerti mengenai cara upload file ke website. Padahal ketika diterapkan untuk proses kali ini cukup sederhana.

Untuk kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai cara upload file ke website. Sedangkan untuk bizzie yang penasaran dengan pembahasan cara upload file ke website bisa simak lebih lengkapnya di bawah ini.

Cara Upload File ke Website

Seperti yang sudah disebutkan diatas untuk melakukan upload file ke website terdapat beberapa cara harus dilakukan. Beberapa rangkaian cara upload file ke website yang bisa dilakukan adalah:

1. Memilih Layanan Hosting yang Bisa Diandalkan Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan upload file ke website, bizzie akan diminta untuk sudah berlangganan yang bisa dibizzielkan terlebih dahulu. Ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih hosting yaitu kecepatan, keamanan dan sumber daya.

Untuk beberapa hal tersebut bisa disesuaikan lagi dengan kebutuhan masing-masing. Setelah hosting yang dipilih sudah aktif, maka bisa melanjutkan cara upload file ke website selanjutnya. Paling terpenting bizzie bisa menyiapkan beberapa file yang ingin di upload di website terlebih dahulu.

2. Menyiapkan Database Sebelum Melakukan Upload Data ke Website

Cara yang selanjutnya adalah bizzie harus membuat database untuk menyimpan semua file. Apalagi untuk website yang menyerupai seperti . mempunyai cara upload sendiri. Beberapa cara upload file ke website seperti WordPress yang harus bizzie lakukan adalah:

●      Login terlebih dahulu pada dengan menggunakan menu Mysql Database.

●      Masukkan nama database dan lalu berikan klik pada tombol “create database”.

●      Buat username dan juga pada bagian menu yang bertuliskan “add new user”. Lalu bizzie juga dapat memberikan klik lagi pada menu “create user”.

Baca Juga :  5 Cara Reset iPhone Tanpa Apple ID, Mudah dan Gak Repot!

●  Berikan tombol centang pada bagian “all privileges”. Setelah itu, bizzie masih harus memilih menu “make changes”.

3. Memilih File yang Ingin Di Upload Pada Website

Sebelum memulai upload, bizzie harus memilih beberapa file yang ingin dibutuhkan pada website tersebut. Untuk cara upload file ke website yang bisa dilakukan adalah:

●  Menggunakan File Manager

File manager adalah salah satu tools yang ada pada cpanel pada sebuah perangkat. Selain itu, file manager juga digunakan untuk mengelola file. Biasanya dengan adanya file manager ini bisa membuat, mengedit, membuka, dan menghapus file.

Selain itu, untuk bizzie yang ingin melakukan upload file juga perlu memperhatikan ukurannya. Pastikan terlebih dahulu untuk file yang ingin di upload pada website mempunyai ukuran 256mb.

●  Menggunakan FTP

File transfer protocol merupakan salah satu tools yang bisa digunakan untuk membantu bizzie upload file pada website. Untuk tools kali ini berbeda dengan file manager.

Selain itu, pada saat menggunakan file transfer protocol ini tidak ada batasan ukuran file yang ingin di upload. Ada juga beberapa file transfer protocol yang sampai dengan saat ini masih populer seperti filezilla, smartFTP dan masih banyak lainnya.

4. Melakukan Upload dan Ekstrak File

Nah, untuk cara upload file ke website kali ini banyak sekali tools yang bisa digunakan. Untuk beberapa cara yang dapat digunakan pada cara upload file ke website kali ini adalah:

4.1 Melakukan Upload File ke Website Dengan Menggunakan File Manager

Cara yang bisa dilakukan untuk kali ini adalah dengan bantuan file manager. Akan tetapi, untuk melakukan cara upload file ke website kali ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan seperti:

●      Melakukan login terlebih dahulu pada cpanel. Berikan klik pada menu “file manager” dan “files”.

●      Setelah bizzie masuk berada di file manager. Langsung saja bizzie membuka direktori public_html.

●      Berikan klik pada kolom yang bertuliskan “upload” . Untuk menu kolom tersebut biasanya berada di direktori public_html.

●      Upload file dengan memberikan klik pada menu “select file” atau memilih menu “drag file” pada area yang masih tersedia.

●      Setelah langkah di atas sudah selesai, bizzie bisa kembali lagi pada menu file manager. Di dalam menu direktori html bizzie bisa melihat juga mana saja file yang sudah diunggah. Tunggu dulu sampai dengan proses upload selesai, ketika sudah berhasil bizzie bisa memberikan klik kanan di bagian file tersebut dan pilih menu “extract”.

Baca Juga :  Estimasi Biaya Pembuatan Website, Mahal atau Murah?

●      Pastikan juga untuk file tersebut sudah berhasil dilakukan ekstrak di halaman direktori public. Setelah semua berhasil, bizzie juga bisa memberikan klik pada menu “extract files”.

●      Semua file sudah di extract bizzie bisa melihat semua folder yang sudah di unggah.

●  Untuk yang sudah berhasil melakukan cara upload file ke website biasanya bisa melihat hasilnya di menu folder.

4.2 Upload File Dengan Menggunakan FTP Filezilla

Cara upload file ke website kali ini juga ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Untuk beberapa langkah atau cara yang harus dilakukan oleh kalangan masyarakat adalah:

●      Cara upload file ke website dengan FTP ini harus melakukan install terlebih dahulu. Selain itu, bizzie juga harus memastikan bahwa FTP sudah terkoneksi dengan website.

●      Pada saat sudah berhasil terkoneksi dengan , bizzie bisa memilih direktori pada website terlebih dahulu. Setelah itu, bizzie juga bisa membuka direktori tujuan dan pindahkan semua file website tersebut pada menu direktori public_html.

●  Setelah cara upload file ke website dengan FTP ini sudah berhasil, bizzie bisa membukanya dengan menggunakan .

5. Melakukan Sinkronisasi Database PAda Mysql

Pada saat semua file sudah berhasil di upload pada website, bizzie juga masih harus melakukan sinkronisasi terlebih dahulu. Untuk file database kali ini mempunyai macam-macam bentuk file. Beberapa bentuk file tersebut adalah config.php, .php dan database.php.

6. Memastikan File Berada Di Dalam Direktori Public_HTML

Cara upload file ke website kali ini harus benar-benar diperhatikan. Bizzie juga harus memastikan terlebih dahulu bahwa semua file sudah berada di menu direktori public_html atau document root. Perlu bizzie ketahui untuk file yang sudah berhasil di upload pada website ini hanya menampilkan halaman saja.

7. Melakukan Pengecekan Pada Hasil Upload

Cara upload file ke website yang paling akhir adalah melakukan pengecekan pada hasil file tersebut. Langkah yang dapat bizzie lakukan adalah mengakses nama dengan menggunakan browser. Artinya untuk domain yang bizzie masukkan memberikan hasil sesuai dengan keinginan, maka untuk cara upload file ke website ini sudah berhasil.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai cara upload file ke website. Semoga dengan adanya pembahasan diatas sudah tidak ada lagi kalangan masyarakat yang bingung ketika ingin melakukan upload file ke website. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.