fbpx

Penjelasan Secara Lengkap Mengenai Cara Menggunakan Ahref

merupakan salah satu suite yang dimiliki dan tools . Kebanyakan SEO sering mengenalnya dengan “ checker” yang saling bersaing dengan Majestic, Mangools dan Semrush.

Kini Ahref mempunyai banyak fitur yang membuat para penggunanya merasa bingung dan merasa tersesat. Maka dari itu, supaya para pemula tidak tersesat bisa menyimak lebih lengkap mengenai cara menggunakan Ahref di bawah ini.

Penjelasan Secara Lengkap Mengenai Cara Menggunakan Ahref

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa sampai dengan saat ini masih banyak dari kalangan masyarakat belum paham dengan cara menggunakan Ahref. Untuk beberapa langkah atau cara yang bisa dilakukan oleh kalangan masyarakat adalah:

1. Menemukan Konten Pada Blog Kompetitor yang Menyumbang Trafik Tertinggi

Pada saat bizzie mempunyai blog bukan hanya untuk mengulas mengenai , kesehatan dan review saja. Akan tetapi dalam kurun waktu satu hari, ada kurang lebih 1,8 juta situs yang bermunculan dan sudah terindex dengan Google.

Tentunya untuk para pemilik blog mempunyai kompetitor yang saling kuat. Bahkan untuk beberapa kompetitor tersebut mempunyai konten yang berpotensial tinggi pada organik.

Cara menggunakan Ahref di langkah pertama dengan menggunakan fitur pada Site Explorer, memasukkan pesain dan top pages. Dengan melakukan hal tersebut, bizzie bisa menemukan beberapa data penelusuran yang mempunyai trafik terbesar.

2. Menemukan Kompetitor Pada Situs atau Website

Setelah bizzie membuat blog terkadang merasa bingung apa hal yang harus dilakukan. Sebenarnya untuk bizzie yang mempunyai blog bisa menggunakan dua metode terbaik.

Untuk metode yang pertama adalah dengan menggunakan google trends. Sedangkan untuk metode kedua bisa dengan membidik konten yang mempunyai potensial sama seperti kompetitor.

Menggunakan dua metode pada cara menggunakan Ahref ini akan mendatangkan visitor secara organik dengan jumlah yang besar. Selain itu, untuk proses mendapatkan itu semua bisa dilakukan dengan waktu yang relatif cepat.

Cara menggunakan Ahref yang dilakukan adalah dengan masuk pada Site Explorer, enter your site dan competing domains. Perlu diingat untuk domain yang bersaing ini harus menentukan peringkat pada .

Baca Juga :  Cara Membuat Website Sendiri Gratis

Dengan peringkat yang tinggi ini mempunyai arti yaitu konten yang sama tidak mempunyai jumlah banyak. Pada saat bizzie sudah mendapatkan kompetitor yang unggul bisa kembali lagi pada cara menggunakan Ahref yang pertama yaitu top pages.

Melakukan persaingan dengan konten yang hebat memang sangat sulit untuk dilakukan. Meski bizzie sudah berusaha sebanyak lima kali lebih keras, ketika kompetitor sudah mengambil konten potensial maka bizzie tetap saja kalah.

Cara menggunakan Ahref selanjutnya adalah dengan mencari tahu sumber backlink pada setiap kompetitor. Ahref merupakan alat yang paling sempurna untuk melakukan monitoring backlink.

Perlu bizzie ketahui pada saat bizzie menerapkan cara menggunakan Ahref pada situs besar akan otomatis dilakukan pemblokiran. Akan berbeda ketika bizzie menggunakan kualitas pada link  dengan kompetitor maka untuk hasil yang diberikan sama.

Perlu hati-hati juga ketika bizzie melihat backlink para kompetitor biasanya menyesatkan. Apalagi untuk yang sudah berumur lama, maka otomatis harus menyesuaikan lagi dengan SEO di era modern.

Tentu saja untuk teknik yang akan digunakan sekarang berbeda dengan SEO pada lima tahun lalu. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan filter inbound link pada beberapa waktu kedepan.

Apabila untuk otoritas kompetitor masih bagus, artinya situs tersebut tidak terlalu ditekan dengan masalah pelanggaran spam links. Cara menggunakan Ahref kali ini bisa dengan membuka site explorer-melihat disebelah kanan backlink dan memilih menu new.

Ketika bizzie merasa tidak ada backlink yang spesial, maka tidak perlu untuk melakukan tiruan. Ada beberapa kriteria backlink yang harus bizzie ketahui pada era SEO seperti sekarang ini. Untuk beberapa kriteria backlink tersebut adalah:

●      Mempunyai DR dan UR yang tinggi sampai dengan 30+.

●      Sangat relevan dengan anchor text ke keyword.

●      Mempunyai eksternal link kurang dari 100.

●      Tidak termasuk pada jenis website spam.

●      Tidak menjadi website directory.

●  Berada di spam flag-3.

Selain cara menggunakan Ahref ada satu hal yang harus bizzie ketahui juga. Untuk satu cara lainnya adalah duplikasi backlink. Untuk bizzie yang ingin melihat lokasi backlink bisa dengan membuat akun baru dan menambahkan link blog pada bagian profilnya.

4. Mengumpulkan Kata Kunci Persaingan Rendah dan Trafik Tinggi

Cara menggunakan Ahref selanjutnya adalah dengan melihat volume pencarian yang paling tertinggi. Satu hal yang harus bizzie ketahui ketika menggunakan cara menggunakan Ahref kali ini adalah kata kunci yang akan digunakan juga berpengaruh dengan volume pencarian.

Baca Juga :  DHCP Server Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Konfigurasinya

Contoh mudahnya yaitu disaat kata kunci yang populer mempunyai hasil pencarian mencapai 50 ribu di setiap bulannya. Namun, untuk posisi kompetitor kali ini juga ada di halaman tiga dan hanya berhasil menyumbang trafik 1% saja.

Maka dari itu, untuk bizzie yang sedang berada di titik tersebut akan merasa sia-sia. Untuk cara menggunakan Ahref yang bisa bizzie lakukan adalah masuk pada content explorer, masukkan kata kunci dasar dan melakukan reffering domain mulai dari 0-5.

Setelah melakukan referring maka akan nampak kata kunci yang memiliki potensi menjangkau 1000 visitor organik. Ketika bizzie sudah mendapatkan kata kunci, maka bertujuan untuk menemukan keyword dengan difficult rendah.

5. Menemukan Masalah yang Dapat Menurunkan SEO Website

Pada saat website SEO menurun tentu saja disebabkan karena sesuatu hal. Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah hukuman pada Google. Untuk bentuk hukuman yang diberikan oleh Google ini diberikan dua metode.

Untuk hukuman pertamanya adalah action pada hasil peninjauan secara manual oleh tim pakar Google. Biasanya untuk metode kali ini biasanya akan muncul notifikasi pada search console dan kemudian hukuman tersebut sudah tidak terlihat lagi.

6. Menemukan Situs yang Dapat Menerima Tulisan Tamu

Cara menggunakan Ahref selanjutnya adalah dapat menemukan situs yang dapat menerima tulisan dari tamu. Untuk bizzie yang ingin menerima website menerima tulisan tamu bisa dengan menggunakan cara dork.

Pada saat menggunakan dork juga ada beberapa kelemahan yang bisa didapatkan. Untuk beberapa kelemahan yang bisa dirasakan oleh para pengguna dari dork adalah:

●      Lebih banyak menghabiskan waktu dan sangat sulit untuk menemukan situs terkait.

●      Terdapat kekurangan dalam hal metrik SEO dan tidak ada filter secara khusus.

●  Sangat sulit untuk menemukan beberapa halaman yang relevan.

7. Menentukan Content GAP

Cara menggunakan Ahref kali ini mempunyai fungsi untuk menampilkan beberapa konten yang populer dari para blog kompetitor. Untuk cara menggunakan Ahref kali ini bisa dengan memasukkan dua atau tiga main milik para kompetitor.

Hasil dari result tersebut harus diurutkan lagi berdasarkan dengan volume pencarian yang paling terbanyak. Kesulitan yang terjadi ketika proses pencarian ini biasanya terjadi pada jenis konten.

Nah, itu dia penjelasan secara lengkap, jelas dan detail mengenai cara menggunakan Ahref. Besar harapan dengan adanya pembahasan diatas sudah tidak ada lagi yang bingung dengan cara penggunaan dari Ahref.