fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Penjelasan Lengkap Mengenai Tutorial Penggunaan Aplikasi Zoom

Wiliam

Bagi beberapa kalangan masyarakat sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Zoom. Pada era perkembangan teknologi seperti sekarang, semua aktivitas bisa dilakukan secara virtual dengan bantuan aplikasi Zoom.

Tidak hanya itu saja, aplikasi Zoom juga bisa digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi seperti, meeting, webinar dan beberapa acara resmi lainnya. Sayangnya, sampai dengan saat ini belum semua kalangan masyarakat paham dengan cara penggunaan aplikasi Zoom.

Maka dari itu, untuk kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai tutorial penggunaan aplikasi Zoom. Bagi bizzie yang penasaran dengan aplikasi Zoom bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Sekilas Informasi Tentang Aplikasi Zoom

Sebelum membahas mengenai tutorial penggunaan aplikasi Zoom, akan lebih baiknya dimulai dari segi pengertian terlebih dahulu. Zoom merupakan salah satu aplikasi yang sudah ada sejak tahun 2013 lalu.

Bagi bizzie yang ingin menggunakan aplikasi Zoom bisa dengan menggunakan dua cara yaitu dengan aplikasi atau website.Untuk kedua pilihan tersebut bisa dipilih oleh para pengguna aplikasi Zoom sesuai dengan keinginan.

Paling penting sebelum bizzie menggunakan aplikasi Zoom harus mempunyai akun terlebih dahulu. Sehingga, di saat bizzie sudah mempunyai akun bisa mempersingkat waktu dalam penggunaan aplikasi Zoom. Selain itu, pada saat bizzie menggunakan aplikasi Zoom akan diberikan beberapa fitur dan fasilitas yaitu”

●      Aplikasi Zoom bisa menampung orang meeting sampai dengan 100 partisipan.

●      Mempunyai kualitas suara dan gambar HP.

●      Bisa memberikan akses virtual background sesuai dengan keinginan.

●      Dapat mengatur jadwal hingga merekam semua kegiatan yang ada di dalam room meeting.

●  Bisa membagikan link kepada beberapa partisipasi lainnya.

Sedangkan, untuk bizzie yang ingin mendapatkan fitur layanan lebih banyak lagi dari aplikasi Zoom bisa berlanggan atau berbayar. Paling tidak biaya yang dibutuhkan untuk bisa menggunakan semua layanan di aplikasi Zoom sebesar Rp200.000,00.

Tentunya, dengan biaya tersebut masih terbilang ramah dikantong. Bahkan, untuk fitur layanan yang diberikan oleh kalangan pengguna aplikasi Zoom juga sesuai atau sebanding.

Tutorial Penggunaan Aplikasi Zoom di Laptop

Untuk para pengguna perangkat komputer atau laptop bisa menggunakan beberapa tutorial penggunaan aplikasi Zoom sebagai berikut:

●      Langkah pertama, bizzie bisa mengunjungi situs atau website https://zoom.us/. Bagi bizzie yang belum mempunyai akun aplikasi Zoom bisa melakukan pendaftaran dan aktivasi terlebih dahulu. Selain itu, untuk proses aktivasi aplikasi Zoom bisa dilakukan dengan menggunakan email activation.

●      Langkah kedua, setelah proses pendaftaran selesai bizzie bisa langsung saja membuka aplikasi Zoom untuk join meeting.

●      Langkah ketiga, masukkan ID meeting dan password yang sudah diberikan oleh penyelenggara meeting.

●  Langkah keempat, langsung saja klik pada kolom yang bertuliskan “join a meeting”.

Ketika 4 langkah di atas sudah dilakukan, maka bizzie tinggal menunggu beberapa detik sampai benar-benar sudah join di dalam meeting tersebut. Akan lebih baiknya lagi bizzie sudah masuk ke dalam room meeting 10 menit sebelum meeting berlangsung.

Tutorial Penggunaan Aplikasi Zoom di HP

Aplikasi Zoom tidak hanya bisa digunakan oleh pengguna komputer atau laptop saja. Akan tetapi, untuk para pengguna HP atau smartphone juga bisa menggunakan aplikasi Zoom untuk melakukan beberapa kegiatan. Ada beberapa tutorial penggunaan aplikasi Zoom di HP yang bizzie bisa gunakan sebagai berikut:

●  Cari saja aplikasi Zoom Cloud Meeting pada kolom pencarian terlebih dahulu. Setelah itu, bizzie bisa langsung saja mengetikkan “Zoom” kolom pencarian tersebut.

Bagi bizzie yang menggunakan HP dengan tipe android, maka untuk download aplikasi Zoom bisa dengan menggunakan Google Play Store. Sedangkan, bizzie yang menggunakan HP dengan tipe iOS bisa download aplikasi Zoom pada App Store.

●      Setelah menemukan aplikasi Zoom, bizzie langsung saja bisa melakukan install atau pasang aplikasi tersebut pada HP yang bizzie gunakan.

●      Tunggu sampai dengan proses install aplikasi Zoom sudah benar-benar selesai.

●      Ketika sudah selesai, bizzie bisa masuk ke ruangan zoom dengan memilih kolom yang bertuliskan “join a meeting zoom”. Pada saat bizzie sudah memilih kolom tersebut, maka akan langsung masuk pada halaman utama dari aplikasi Zoom.

●      Masukkan nama dan meeting ID, supaya bisa bergabung atau join pada ruangan zoom meeting tersebut. Bagi meeting yang mengharuskan bizzie memasukkan password, maka bisa bertanya terlebih dahulu pada pihak penyelenggara.

●      Selanjutnya, bizzie bisa melakukan beberapa pengaturan. Untuk beberapa pengaturan yang bisa edit adalah audio dan background pada saat zoom meeting sedang berlangsung.

●      Sedangkan, untuk bizzie yang ingin membuat meeting pada aplikasi Zoom bisa langsung saja memilih menu atau kolom bertulsikan “start meeting”.

●      Masukkan juga beberapa pengaturan yang dibutuhkan di dalam meeting tersebut. Pilih juga nama, ID dan password untuk kegiatan meeting tersebut.

●  Setelah semuanya sudah selesai, maka tiba saat nya bizzie membagikan link meeting kepada beberapa pihak lainnya. Pada saat proses pembagian link, bizzie bisa menyertakan meeting ID dan password.

Paling terpenting di tutorial penggunaan aplikasi Zoom yaitu bizzie sudah download dan mempunyai akun terlebih dahulu. Di saat bizzie sudah mempunyai keduanya, maka penggunaan aplikasi Zoom bisa berlangsung lebih cepat dan simpel.

Banyak dari kalangan masyarakat yang menggunakan aplikasi Zoom dengan menggunakan laptop dan HP. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk bizzie yang masih bingung menggunakan tutorial penggunaan aplikasi Zoom diatas.

Nah,itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai tutorial penggunaan aplikasi Zoom di laptop dan HP. Semoga dengan adanya penjelasan tersebut, tidak ada lagi kalangan masyarakat yang kebingungan di saat menggunakan aplikasi Zoom. 

Baca Juga