fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Pengertian Tofu, Mofu Dan Bofu Dalam Marketing Funnel

Yodik Prastya

Marketing funnel adalah sebuah konsep paling penting dalam bidang pemasaran bisnis. sebetulnya sudah tersedia tiga tahapan utama yang ada dalam arketing funnel yakni TOFU( Top of Funnel), MOFU(Middle of Funnel) bahkan BOFU (Bottom of Funnel).

Ketiganya mempunyai peran berbeda pada proses perubahan calon pelanggan jadi pelanggan loyal. Tentu saja dengan cara memahami setiap tahapannya. Anda semakin mudah optimalkan strategi pemasaran agar mampu meraih hasil optimal.

Pengertian Marketing Funnel

Sebelum akhirnya membahas lebih jauh tentang TOFU, MOFU bahkan BOFU. Ada baiknya kenali terlebih dulu tentang marketing funnel. Sebetulnya marketing funnel ini dikenal jadi sales funnel yakni model konseptual yang sering digunakan saat pemasaran. Jadi mampu memberikan gambaran perjalanan yang sudah dilalui calin pelanggan.

Dalam marketing funnel sudah tersedia 3 tahapan sebagai cerminan tingkat keterlibatan calon pelanggan. Seperti halnya TOFU, MOFU bahkan BOFU. Supaya lebih jelas tentu saja kita akan membahasnya lebih meluas.

Kenali Lebih Jauh Tentang TOFU, MOFU dan BOFU

TOFU atau Top of Funnel merupakan tahapan calon pelanggan pertama kalinya mengeri produk ataupun bisnis anda. Fokusnya hanyalah menarik perhatian calon pelanggan sekaligus membangun brand awareness terkait produk anda.

MOFU atau Middle of Funnel yakni membangun hubungan yang terbilang lebih dekat dengan calon pelanggan. Pada tahapan tersebut, anda hanya perlu menghadirkan informasi lebih lanjut supaya pelanggan semakin paham tentang produknya.,

BOFU atau Bottom of Funnel yakni tahapan akhir dimana anda harus berusaha mengkonversi calon pelanggan jadi pelanggan sebenarnya. Dalam tahapan tersebut anda bisa berikan tindakan yang mampu mendorong mereka melakukan sebuah pembelian. Seperti halnya penawaran khusus bahkan garansi produk.

Manfaat Dari penerapan TOFU, MOFU dan BOFU

Berikut sudah tersedia berbagai macam manfaat paling utama apabila anda mampu menerapkan ketiga tahapan tersebut. Agar lebih jelas simak uraian berikut:

  1. Pemahaman lebih bagus terkait audiens

Dengan menganalisis audiens lewat TOFU, MOFU bahkan BOFU. Sekarang anda semakin mudah memperoleh wawasan lebih mendalam mengenai preferensi, kebutuhan sekaligus masalah yang kini dihadapi oleh calon pelanggan. Hal tersebut memungkinkan anda menyusun sebuah strategi peasaran bisnis paling relevan.

  • Meningkatkan konversi

Anda juga perlu merancang sebuah tindakan yang sesuai menurut setiap tahapan funnel. Anda bisa meningkatkan tingkat konversi secara menyeluruh. Jadi anda bisa memperoleh pelanggan dalam jumlah banyak.

  • Mampu tingkatkan loyalitas pelanggan

Strategi pemasaran yang sesuai pada tahap BOFU dan manajemen pelanggan yang lebih bagus setelah pembelian. Hal tersebut bisa tingkatkan loyalitas para pelanggan. Tentu saja pelanggan akan merasa puas terhadap produk yang anda tawarkan.

  • Pengukuran semakin baik

Hanya dengan melakukan pemantauan sekaligus mengukur hasil kampanye di setiap tahap funnel. Anda bisa melakukan evaluasi efektivitas strategi pemasaran bisnis yang sedang dilakukan sekaligus mengidentifikasikan apa saja hal yang harus diperbaiki.

  • Mampu percepat proses penjualan

Ketika anda mampu memberikan informasi menurut tahapan dimana calon pelanggan berada. Anda bisa mempercepat proses pengambilan keputusan. Hal tersebut nantinya bisa mengurangi waktu yang terbilang lebih lama agar mampu mengkonversikan calon pelanggan supaya menjadi pelanggan tetap.

Sekilas informasi terkait ketiga tahap funnel yang perlu anda pahami. Semoga informasi di atas semakin memperluas anda tentang manfaat dari ketiga tahap marketing funnel.

Baca Juga