fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Pengertian KOL Marketing Serta Cara Untuk Memaksimalkannya

Yodik Prastya

Stategi yang kini semakin di perhatikan dalam dunia digital marketing yakni KOL Marketing. Trend tersebut terus saja berkembang sebab para pengguna media sosial lebih aktif mencari sebuah rekomendasi sekaligus ulasan yang berasal dari orang kepercayaannya.

Artikel kali ini akan membahas tentang betapa pentingnya KOL Marketing pada konteks pemasaran digital sekaligus panduan agar mampu memaksimalkannya.

Pengertian Kol Marketing

Kol Marketing merupakan singkatan Key Opinion Leader Marketing. Sebetulnya strategi digital marketing tersebut hadir dalam suatu bisnis yang bekerja sama dengan individu dengan pengaruh besar pada media sosial.

Para tokoh tersebut mempunyai reputasi kuat serta mempunyai kepercayaan terbaik dari pengikutnya. Dalam KOL Marketing, mereka membagikan beragam pengalaman positif terkait produk bahkan layanan tertentu kepada para audiens.

Tujuan Penggunaan KOL

Pemakaian KOL marketing mempunyai beragam tujuan yang mampu membantu suatu bisnis dalam meraih kesuksesan. Adapun beberapa tujuan dari penggunaan KOL dalam pemasaran yakni:

  • Mampu tingkatkan brand awareness

Ketika KOL mempunyai followers setia maka hal tersebut bisa meningkatkan brand awareness. Mereka bisa memperkenalkan produk bahkan layanan pada para audiens yang belum kenal brand tersebut.

  • Membangun sebuah kepercayaan

KOL juga mampu memberikan pengaruh kuat terhadap para pengikutnya. Saat mereka sudah merekomendasikan suatu produk bahkan layanan. Ini artinya hal tersebut mampu membangun sebuah kepercayaan antara konsumen.

  • Mampu tingkatkan penjualan

Rekomendasi layanan ataupun produk KOL bisa meningkatkan angka penjualan. Pengikut seringkali akan terinspirasi KOL dan cenderung membeli sekaligus menggunakan produk yang telah direkomendasikan.

Cara Maksimalkan Penggunaan KOL

Sebelum akhirnya anda meluncurkan kampanye KOL Marketig. Anda perlu memperhatikan beragam hal supaya strategi tersebut bisa berjalan secara efektif. Adapun beberapa tips yang perlu dipertimbangkan yakni:

  1. Menentukan tujuan campaign

Sebelum anda membuat campaign social media secara menyeluruh. Ada baiknya tentukan terlebih dahulu tujuan dari campaign. Dengan begitu nantinya semakin mudah menentukan aluran campaign yang telah dibuat.

  • Memilih platform terbaik

Ketika anda sudah tentukan tujuan campaign, target audiens anda kini semakin jelas. Melalui cara tersebut, anda bisa tentukan pilihan platform paling tepat agar mampu menjalankan aktivitas pemasaran anda.

  • Memilih KOL paling tepat

Agar anda bisa mengidentifikasikan KOL pasti tersedia banyak sekali pilihan. Jika anda berkeinginan memakai influencer, anda perlu memahami beragam jenis influencer tersebut.

  • Gunakan strategi kooperatif

Anda juga perlu menentukan strategi kolaborasi untuk keperluan campaign KOL marketing anda. Tentu saja anda bisa gunakan beragam aset pemasaran tambahan. Seperti halnya hadiah, unboxing, challengers, kupon ekslusif bahkan lainnya.

  • Lakukan evaluasi hasil KOL Marketing

Apabila anda telah berhasil menyelesaikan langkah sebelumnya. Maka langkah berikutnya yakni mengukur sekaligus melakukan evaluasi hasil KOL marketing. Anda bisa gunakan beragam jenis alat dalam pengukuran keberhasilan KOL marketing anda. Seperti halnya insights konten influencer.

Sekilas informasi penting yang perlu anda pahami tentang KOL Marketing sekaligus cara paling tepat agar mampu memaksimalkannya. Sekarang anda sudah bisa menerapkan strategi kooperatif supaya hasilnya lebih maksimal.

Baca Juga