fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Pengertian Domain dan Hosting Serta Jenis – Jenis dan Cara kerjanya

Yanti puspita

Saat Anda menggunakan internet, Anda mungkin sering mendengar kata domain dan hosting. Apalagi jika Anda baru membuat website, Anda mungkin bingung membedakan antara domain dan hosting. Domain dan hosting merupakan dua elemen yang membangun sebuah website atau situs web.

Kita perlu memiliki nama domain dan web hosting untuk membuat web. Unsur lain dari website adalah content, yaitu isi website berupa informasi baik berupa teks (tulisan), gambar (image/foto), audio, video, animasi, atau game.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang pengertian domain dan hosting yang bisa Anda pelajari. Yuk simak pembahasannya!

Pengertian Domain dan Hosting

Menurut DewaBiz hosting adalah layanan online yang memungkinkan dan mempermudah penggunanya untuk mempublikasikan website atau aplikasi web di internet.

Jadi ketika Anda mendaftar untuk layanan hosting percobaan, pada dasarnya Anda menyewa ruang server fisik yang berguna untuk menyimpan semua data Anda. Data ini sangat penting dan di butuhkan agar website berfungsi dengan baik.

Sedangkan pengertian hosting menurut Techopedia adalah layanan yang menyediakan penyimpanan dan sumber daya komputasi kepada individu atau organisasi untuk akomodasi dan pemeliharaan website. Dalam perkembangan internet hosting berperanan sangat penting.

Tanpa hosting, Anda tidak akan dapat membangun sebuah situs web yang bagus. Hosting itu sendiri seringkali sama dengan domain. Padahal, kedua hal tersebut sangat berbeda walaupun sama pentingnya untuk sebuah website.

Hosting dan domain tidak dapat di pisahkan karena saling berterkaitan. Namun, Anda harus mengetahui perbedaan utama antara hosting dan domain. Jika hosting adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan data yang berguna untuk sebuah website, maka berbeda dengan domain.

Pasalnya, domain adalah alamat website yang akan memudahkan kita mencarinya di internet. Contoh domain antara lain .com, .id, .org, dan lainnya. Dewabiz menyederhanakannya dengan mengatakan bahwa hosting itu seperti rumah sedangkan domain adalah alamat rumah.

Jenis – Jenis domain

Pada namanya, domain di bagi menjadi beberapa jenis berdasarkan ekstensi atau kata di balik domain tersebut seperti .com, .net, .org dan lain-lain yang disebut TLD (top level domain). Ada dua jenis Top Level Domains (TLD), yaitu Generic Top Level Domains (gTLD) dan Country Code Top Level Domains (ccTLD).

gTLD adalah domain yang berakhiran .com, .net dan .org sedangkan ccTLD adalah TLD khusus untuk setiap negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, go.id, net.id dll) atau Jepang dengan kode jp ( co.jp, ne.jp, or.jp dll.).

contoh gTLD:

  • .biz : Digunakan untuk keperluan bisnis.
  • .com : Digunakan untuk tujuan komersial.
  • .edu : Digunakan untuk tujuan pendidikan.
  • .info : Digunakan untuk tujuan informasi.
  • .net : Digunakan untuk keperluan internet.
  • .org : Digunakan untuk tujuan organisasi.
  • .pro : Digunakan untuk tujuan profesional.

Nama domain sangat penting sebagai identitas awal sebuah website. Jadi bagi anda yang ingin membeli nama domain sebaiknya teliti mencari nama tersebut dan cocokkan dengan website yang ingin anda kembangkan.

Jenis-Jenis Hosting

1. Shared Hosting

Shared Hosting adalah istilah yang di gunakan untuk layanan hosting web di mana beberapa situs web berbagi sumber daya dari server web besar. Hosting web bersama adalah opsi hosting web termurah dan paling terjangkau, seperti VPS atau Server Terdedikasi.

2. Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah istilah yang di gunakan untuk menggambarkan paket hosting web yang menyediakan server khusus dengan sumber daya khusus untuk satu klien.

3. VPS Hosting

VPS hosting atau yang bisa di sebut dengan Virtual Private Server hosting. Hosting VPS menawarkan mesin virtual kepada klien. Konsep virtualisasi mirip dengan shared hosting yang di mana satu komputer server dapat menjalankan beberapa situs.

Namun, teknologi virtualisasi memungkinkan setiap akun untuk diperlakukan sebagai mesinnya sendiri dengan sumber daya khusus.

4. Cloud Hosting

Cloud hosting adalah jenis teknologi terbaru yang tidak dapat Anda temukan di semua penyedia layanan web hosting. Hosting ini merupakan jenis hosting yang menggunakan teknologi konsep cloud computing yang memiliki kecepatan lebih baik dan di kenal lebih aman karena tidak hanya mengandalkan satu server saja melainkan menggunakan banyak sekali server yang tersebar dan tersebar di berbagai titik dan negara yang berbeda.

Cara Kerja Domain

Sekarang, bagaimana dengan domain? Domain bekerja dengan meringkas alamat IP yang terdiri dari kombinasi angka yang unik, kemudian di simpan sebagai satu kesatuan dalam DNS Server. Server DNS akan menyimpan daftar alamat IP sebanyak daftar nomor ponsel di buku kontak.

Jadi, setiap kali pengguna meminta akses ke server untuk mengunjungi sebuah website, DNS Server akan memeriksa daftar alamat IP yang di milikinya dan menampilkannya di landing page. Namun, jika alamat IP yang di minta oleh pengguna tidak dapat di temukan oleh Server DNS perusahaan, Server DNS akan mencari daftar alamat IP yang di inginkan di server DNS lain.

Cara Kerja Hosting

Setelah memahami definisi hosting dan perbedaannya dengan domain, sekarang kita cari tahu cara kerjanya. Saat Anda berencana membuat website, mungkin Anda hanya memikirkan mencari nama domain yang menarik. Namun, sebenarnya ada hal lain yang harus di lakukan yaitu mencari layanan hosting.

Perusahaan layanan hosting akan menyediakan ruang server untuk menyimpan semua aset dan semua data untuk situs web. Jadi ketika seseorang mengetik nama domain dari sebuah situs web ke browser mereka, tuan rumah akan mengirimkan semua file yang di perlukan bagi pengguna untuk mengakses situs web tersebut.

Penggunaan hosting kurang lebih sama seperti saat menyewa rumah. Tentu saja, Anda harus membayar sewa bulanan atau tahunan agar rumah tetap nyaman dan aman.

Hal yang sama berlaku dengan menyewa layanan hosting. Saat Anda membayar sewa secara rutin, server akan mudah di akses sehingga website dapat berjalan dengan baik dan tanpa gangguan apapun.

Apa Peranan Domain dan Hosting Dalam Sebuah Website?

Seperti yang di jelaskan dalam perbedaan antara domain dan hosting, kedua elemen situs web ini saling terkait untuk membuat halaman dapat dipahami, di akses, digunakan, dan digunakan secara luas.

Memiliki domain akan membantu pengguna dengan mudah mengingat atau menemukan website Anda. Di sisi lain, hosting menyediakan layanan bagi pemilik website untuk mengunggah sumber daya, seperti file, gambar, video, dan aset desain untuk mengelola website mereka.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang dapat Anda pelajari tentang domain dan hosting. Sebagai pemula, hal pertama yang perlu Anda pahami adalah pengertian hosting dan domain. Hosting adalah lokasi website, sedangkan domain adalah alamat website.

Dewabiz menyediakan domain murah dengan berbagai ekstensi yang bisa Anda miliki. perlu di ingat! bahwa nama domain sifatnya yang unik. Jadi,  jangan sampai domain yang Anda inginkan menjadi milik orang lain.

Baca Juga