fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Pengertian dan Fungsi Aplikasi VPN yang Harus Diketahui

Wiliam

Saat ini, bisa dibilang internet merupakan salah satu kebutuhan utama. Tapi sayang, terkadang ada beberapa hal di halaman internet  yang sekarang tidak bisa diakses karena satu dan lain hal.

Biasanya, dikenakan aturan dari Pemerintah atau beberapa hal lainnya. Disitulah kegunaan VPN muncul sebagai penyelamat. Banyaknya aktivitas online, maka resiko keamanan juga akan semakin meningkat.

Kejahatan cyber, penyadapan data hingga peretasan akun juga menjadi salah satu ancaman nyata bagi setiap individu yang terhubung ke internet. Bahkan di saat bizzie menggunakan jaringan Wi-Fi publik, data pribadi bisa terpapar dan di salah gunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Disitulah peran aplikasi VPN muncul. Kenapa fungsi aplikasi VPN penting? VPN merupakan salah satu layanan yang memungkinkan bizzie  membuat koneksi aman san terenkripsi oleh jaringan internet. Untuk memahami lebih lengkap mengenai fungsi aplikasi VPN dan hal penting lainnya, yuk langsung saja simak penjelasan dibawah ini sampai habis.

Apa Itu Aplikasi VPN?

Apa yang dimaksud dengan aplikasi VPN? Sebelum membahas fungsi aplikasi VPN, bizzie harus mengenali terlebih dahulu apa itu VPN.  VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network.

Fungsi aplikasi vpn

Nah, peran VPN untuk apa? Fungsi aplikasi VPN adalah sebagai jaringan yang membantu bizzie berselancar di internet dengan lebih private dan aman.

Karena koneksi bersifat pribadi dan bukan bersifat publik, jadi tidak semua orang bisa masuk ke dalam jaringan pribadi itu. Kecuali memang diberikan izin oleh yang mempunyai jaringan atau seorang hacker ingin berniat buruk kepada bizzie.

VPN sekarang bisa bizzie gunakan di PC atau HP. Jika dulu bizzie harus menggunakan ekstensi untuk menggunakan VPN, sekarang bizzie tidak membutuhkan ekstensi lagi. Ada beberapa browser yang sudah terinstall VPN secara otomatis, yaitu Opera.

Jadi, kegunaan VPN di HP pun juga sama. Bizzie juga bisa mendapati beberapa tipe HP yang sudah mempunyai aplikasi VPN bawaan, seperti seri iPhone dan Xiaomi.

Fungsi Aplikasi VPN

Lalu, apa saja fungsi aplikasi VPN? Sebagai berikut beberapa fungsi aplikasi VPN :

1. Bisa Digunakan untuk Membuka Situs yang Diblokir

Fungsi aplikasi VPN pertama adalah bisa membuka situs yang diblokir oleh Pemerintah. Biasanya, hal ini karena mereka tidak lolos sensor sesuai dengan standar Pemerintah. Dengan menggunakan perangkat ini, bizzie bisa membuka situs tersebut.

Kok bisa? Hal ini bisa terjadi, karena alamat IP yang bizzie pakai bukan dari Negara Indonesia. Melainkan dari negara lain, sehingga peraturan internet di Indonesia tidak berlaku lagi ketika bizzie menggunakan alamat IP dari negara lain.

2. Meningkatkan Keamanan Jaringan

Kalau bizzie ingin melihat dari sudut pandang VPN yang biasanya dipakai untuk membuka situs diblokir, maka dari itu keamanan data tidak termasuk di salah satu fungsi aplikasi VPN. Malah itu, bisa jadi kekurangannya.

Tapi ketika berbicara soal koneksi internet di dalam perusahaan, maka VPN bisa menjadi aman. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa VPN adalah singkatan sadi Virtual Private Network dan bersifat private.

Jaringan yang bersifat pribadi ini sangat cocok digunakan untuk perusahaan besar maupun perbankan. Informasi yang diindormasikam satu sama lainnya adalah data penting. Jadi, dibutuhkan kinerja yang pribadi dan tidak bisa dimasuki oleh pengunjung lain seperti koneksi publik.

Bahkan sebuah perusahaan perbankan bisa mengalami pencurian uang di dalam skala besar, ketika tidak menggunakan aplikasi VPN. Itulah kenapa VPN menjadi sangat aman digunakan untuk kalangan sendiri maupun bersifat jaringan pribadi.

3. Menutup History Browser

Karena VPN mempunyai sifat jaringannya adalah private, maka tidak akan ada orang yang bisa mengakses history bizzie. Salah satu aplikasi pencarian yang sudah menggubakan fitur VPN adaLh Opera. Apabila bizzie menggunakan VPN, history akan secara otomatis terhapus di saat keluar dari aplikasi tersebut.

4. Meningkatkan Kecepatan Download

Fungsi aplikasi VPN berikutnya adalah bisa meningkatkan kecepatan download. Kenapa hal tersebut bisa terjadi di dalam aplikasi VPN?

Bukanya karena bizzie menggunakan IP Addres luas agar bisa lebih hemat, ya? Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah “tidak”. Jika bizzie menggunakan aplikasi VPN seperti itu memang akan sedikit lebih lambat.

Tapi jika menggunakan VPN sebagai jaringan pribadi, maka jaringan itu terbebas dari hambatan. Sederhananya, jalanan itu bizzie gunakan sendiri. Tidak ada orang lain, sehingga kecepatannya bisa semakin bertambah. Hal ini biasanya baru bizzie dapatkan di VPN berbayar atau VPN yang tersedia di kanor perbankan yang sifatnya memang jaringannya pribadi.

5. Meminimalisir Gangguan Koneksi Internet

Bizzie tentu sudah tahu bahwa jaringan VPN itu sifatnya pribadi, sehingga hanya bizzie yang menggunakan jaringan tersebut. Seperti jalanan, jalanan itu hanya bizzie yang menggunakannya.

Jadi tidak ada kemacetan atau kecelakaan sama sekali kam seharusnya? Nah, logika itu juga digunakan di saat bizzie menggunakan aplikasi VPN.

Bizzie mungkin sering menemukan file corrupt atau masalah lain, ketika mengunduh atau unggah video di jaringan umum. Kendala tersebut tidak akan terjadi, ketika bizzie menggunakan teknologi yang satu ini.

Hal itu juga terjadi, karena manfaat dan fungsi aplikasi VPN sebagai pengaman dari lalu lintas koneksi bizzie. Jadi gangguan seperti corrupt, data yang hilang dan gangguan lain akan terminimalisir dengan adanya aplikasi VPN.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenaI pengertian dan fungsi aplikasi VPN. Semoga penjelasan diatas bisa menambah informasi kepada bizzie yang ingin berselancar di internet tanpa adanya batasan,ya. 

Baca Juga