fbpx
hosting, dewabiz, bisnis online, vps murah, hosting murah

Apa Itu Bisnis Online? Pengertian, Jenis, dan juga Tantangan di 2022

Pada masa sekarang ini adalah salah satu jenis yang banyak digandrungi oleh masyarakat. Bukan hanya karena menawarkan keuntungan yang besar, namun bisnis juga cukup mudah untuk dijalankan.

Anda ingin mencoba berbisnis online? Tapi belum tau bisnis online itu apa? Yuk simak penjelasan berikut !

hosting, dewabiz, bisnis online, vps murah, hosting murah

Pengertian Bisnis Online

Seperti Namanya, Bisnis Online adalah salah satu jenis bisnis yang dapat dijalankan melalui . Dalam hal ini, segala bentuk transaksi jual-beli, interaksi para penjual dan pembeli, promosi serta hal lainnya dilakukan secara online.

Menariknya, Anda bisa menjual produk hanya dari rumah, kantor, dan dimana pun Anda berada. Berbagai jenis produk juga dapat Anda jual melalui Bisnis Online. Anda juga bisa menjangkau kostumer tidak hanya dari dalam daerah tapi juga luar daerah, atau bahkan sampai mancanegara (luar negeri).

Selain itu, Anda juga tidak perlu repot-repot memiliki toko seperti Anda berjualan offline. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk memulai sebuah . Bahkan ada beberapa jenis bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal. Hanya dengan menggunakan handphone ataupun yang Anda miliki, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dari berbisnis online.

Seperti contohnya, Anda bisa menjual produk yang dimiliki orang lain tanpa Anda harus memiliki stok barang (Dropshiping), Mendapatkan komisi dengan bergabung afliasi atau member disebuah bisnis, dan masih banyak yang lainnya.

Melihat penjelasan diatas tentunya sudah tidak diragukan lagi, jika banyak orang memilih untuk menjalankan bisnis secara online.

Jenis Bisnis Online

1.   Bisnis Online Melalui Sosial Media

Jika pada awal mulanya sosial media ada hanya digunakan sebagai alat bersosialisai dan juga berkomunikasi. Maka kini sosial media juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat berjual-beli seperti jual beli produk, akun game, hingga tiket pesawat.

Tentu Anda pernah melihat bukan? berbagai akun memposting produk yang dijualnya melalui feed sosial medianya.

Bisnis online melalui sosial media ini juga bukan lah perkara yang sulit untuk dilakukan, Anda   bisa menggunakan akun pribadi Anda sebagai sarananya atau menggunakan akun bisnis yang saat ini sudah memiliki banyak fitur yang memudahkan Anda untuk menawaran produk Anda.

Baca Juga :  3 Manfaat Artikel SEO untuk Bisnis Online

Anda hanya perlu menyiapkan bahan promosi dan juga caption yang menarik, yang bisa mendatangkan pelanggan. Jika ada calon pelanggan yang berminat untuk membeli produk Anda, mereka biasanya akan meninggalkan pesan dikolom komentar atau dengan mengirimkan pesan.

Namun, hal yang menjadi tantangannya adalah Anda perlu menyediakan konten yang semenarik mungkin dan bahkan berbeda dari yang lain. Mengingat banyak juga kompetitor yang menyediakan konten-konten menarik.

2.   Bisnis Online Melalui Marketplace

Marketplace adalah platfrom tempat bertemunya penjual dan pembeli yang melakukan transaksi secara online. Secara singkatnya adalah pasar online.

Hal ini sejalan dengan berkembangnya . Marketplace memudahkan para pembeli untuk mendapatkan apa yang mereka cari tanpa harus keluar rumah. Tentu ini adalah peluang yang baik untuk Anda yang ingin memulai usaha tanpa harus repot membuka toko offline dengan modal yang tidak sedikit.

Memulai bisnis online di marketplace juga cukup populer karena mudah dan gratis. Anda cukup memilih jenis marketplace-nya, registrasi akun, pasang produk, dan tunggu pembeli datang bertransaksi.

Selain itu, bermacam-macam kategori produk juga disediakan di marketplace. Mulai dari produk fisik seperti pakaian, elektronik, makanan dan minuman, hingga produk jasa seperti travel agent dan wedding organizer.

Namun, Anda harus extra bersabar ketika memutuskan untuk terjun ke jenis bisnis online ini.

Karena, persaingan di marketplace sangat ketat serta perang harga yang begitu tajam.  Apalagi, kalau produk yang Anda jual cukup umum seperti fashion atau aksesoris . Efeknya, margin laba yang Anda hasilkan mungkin akan terlalu sedikit.

3.   Bisnis Online Melalui Website

Jenis bisnis online yang selanjutnya adalah bisnis online di . Bisnis online ini mengandalkan website sebagai tempat untuk menawarkan produk. 

Yaps, selayaknya toko, tapi versi online. Artinya, pengunjung bisa melihat informasi produk langsung dari website, melakukan transaksi, menghubungi penjual, dan kegiatan lainnya

Bisnis online melalui website menjadi primadona di kalangan pebisnis. Sebab, website mempunyai kelebihan yang tak dimiliki jenis bisnis online lain. Mulai dari branding yang lebih baik, lebih luas, kebebasan desain, dan juga fitur lainnya.

Manfaat Bisnis Online 

Bisnis Online memang menjanjikan bagi para pengusaha yang terjun didalamnya. Bagaimana tidak bisnis online tidaklah seperti bisnis offline biasa yang sudah tentu membutuhkan modal,waktu dan juga tenaga yang lebih.

Berikut manfaat dari berbisnis online :

1. Jangkauan Pasar Luas Bagi Penjual

Sudah tidak diragukan apabila sangat memudahkan kita untuk mendapatkan Pasar yang luas. Tidak hanya di dalam tapi bisa sampai luar negeri. Dengan berbisnis

Online kita dapat menjaring para konsumen dari berbagai daerah tanpa perlu repot-repot untuk mendatangi mereka. 

Baca Juga :  Semrush vs Ahrefs vs Moz - Mana yang Lebih Baik?

2.  Modal yang Dikeluarkan Bisa Sangat Minim

Bisnis online adalah pilihan untuk Anda yang ingin memulai usaha namun tak memiliki modal yang besar. Bahkan Anda bisa memulai usaha tanpa modal sedikitpun.

3.  Memudahkan Promosi, Komunikasi, dan Jual-Beli

     Bisnis online sangat memudahkan para penjual dan juga pembeli untuk melakukan transaksi. Tak hanya itu dengan berkembangnya teknologi jual beli tak lagi harus lagi dilakukan secara offline.

4. Lebih Mudah Mendapatkan Barang Bagi Pembeli

Terkadang ada saja konsumen yang membutuhkan barang-barang yang mungkin tidak dijual secara offline. Dengan membeli barang secara online tentunya akan sangat mudah untuk mendapatkan apa yang diinginkan pembeli.

5. Mendapatkan Harga yang Sesuai

Dengan banyaknya pilihan para pembeli sangat dimudahkan untuk memilih barang yang sesuai dengan budget yang dikehendakinya. Banyak barang yang sama, namun harga yang ditawarkan oleh penjual bervarisasi. 

6. Lebih Banyak Pilihan dan Praktis.

Pasar Online menyediakan berbagai macam jenis produk yang mampu  memanjakan para pembelinya. Selain itu bisnis online juga sangat memudahkan para penjual dan pembeli didalam berinteraksi. Hemat waktu,tenaga dan pastinya financial.

Tantangan Bisnis Online

1. Ketatnya Persaingan

Dengan banyaknya orang yang terjun ke dalam bisnis online di 2022 mendatang ini maka tidak dipungkiri, jika persaingan antar penjual akan semakin ketat. Apalagi banyak penjual yang juga menawarkan harga yang lebih murah dengan kualitas yang bagus juga. Perang harga pun sering terjadi antara penjual.

2. Isu Keamanan

Sudah berapa kali Anda mendengar isu bila bisnis online itu tidak aman. Yang pertama isunya adalah data yang tersebar bisa dijadikan objek kejahatan bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Kemudian yang kedua, maraknya penipuan oleh beberapa penjual tak bertanggung jawab. Serta yang ketiga, keamanan privasi pembeli/penjualnya pun terancam tidak aman. Namun semua itu terjadi hanya dibeberapa kasus saja. Karena itu memang perlu berhati-hati dan waspada dalam menjalankan bisnis atau menjadi konsumen bisnis online.

3. Ilmu Bisnis Online yang Selalu Berkembang

Dunia internet berkembang sangat cepat. Akan selalu muncul tips dan trik baru untuk memaksimalkan pendapatan pada bisnis online. Efeknya, bila Anda tidak up to date dengan ilmu bisnis online yang baru, Anda akan tertinggal dari kompetitor yang lebih cepat menguasai fitur-fitur baru.

Maka dari itu, Anda harus konsisten dan rutin belajar ilmu bisnis online. Baik tentang pemasaran, perubahan kebutuhan pasar, teknologi terbaru, dan sebagainya.

Yuk tunggu apalagi, Bisnis Online menjanjikan pendapatan yang cukup besar. Namun, tetap harus konsisten dan terus mempelajari hal-hal baru terkait dunia bisnis online supaya tetap up to date dan bisnis Anda bisa semakin berkembang.

No tags for this post.