fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Aplikasi

Pengertian Aplikasi Berbasis Web, Kelebihan, Dan Contohnya

Yanti puspita

Pengertian Aplikasi Berbasis Web – Saat ini jumlah pengguna internet kian hari kian mengalami perkembangan yang begitu pesat. Pesatnya perkembangan internet yang terjadi menjadikan hidup kita menjadi lebih mudah oleh karena hadirnya berbagai aplikasi yang menawarkan berbagai fitur menarik juga berguna.

Salah satunya adalah web application atau aplikasi berbasis web. Apa itu aplikasi berbasis web? dan apa saja keutungan yang bisa di peroleh dari sana? Yuk, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Aplikasi Berbasis Web

Aplikasi berbasis web ini adalah aplikasi yang tentunya bisa di buka dan di gunakan melalui web browser saat perangkat terhubung dengan internet. Aplikasi  berbasis web ini merupakan perangkat lunak yang memerlukan bahasa pemrograman seperti halnya HTML ataupun berbagai bahasa pemrograman lain.

Platform Aplikasi berbasis web adalah program yang juga mengandalkan browser web ataupun teknologi web untuk mengerjakan berbagai tugas melalui Internet. Merupakan aplikasi yang tentunya dapat di akses melalui web browser yang terhubung dengan internet, maka dari itu dapat di simpulkan bahwa semua aplikasi yang dapat di akses menggunakan web browser adalah aplikasi berbasis web.

Sebab di masa sekarang tidak semua aplikasi perlu di pasang untuk dapat berfungsi. Dengan kata lain Anda tidaklah perlu menginstal sebuah aplikasi untuk menggunakannya, banyak perusahaan yang saat ini mengandalkan aplikasi web daripada aplikasi seluler. Hal itu di karenakan, tidak semua pelanggan mereka mau memasang aplikasi tersebut di ponsel mereka.

Maka dari itu aplikasi web ini begitu membantu para pelaku bisnis menjangkau khalayak yang lebih luas untuk memperluas pasar mereka. Sesuai dengan namanya, aplikasi berbasis web atau aplikasi web merupakan program yang  tentunya dapat di akses dengan mudah hanya dari web browser saja. Program di simpan di web server lantas kemudian akan di tampilkan dalam bentuk website.

Aplikasi berbasis web ini sebenarnya tidak membutuhkan sumber daya perangkat keras atau perangkat lunak seperti yang di butuhkan aplikasi desktop ataupun seluler. Aplikasi berbasis web ini menjadikan para pengembang juga tidak perlu membuat beberapa versi dari aplikasi yang sama  hanya untuk sistem operasi yang berbeda.

Platform Aplikasi berbasis web ini juga adalah aplikasi yang menjadikan browser web sebagai tempat antarmuka dengan para pengguna. Mereka juga bergantung pada akses internet dan dapat di jalankan di berbagai perangkat apa pun itu, termasuk juga komputer desktop atau bahkan sesederhana browser perangkat seluler di ponsel ataupun tablet.

Aplikasi berbasis web ini dirancang dengan tujuan membuat pekerjaan dalam dunia bisnis menjadi lebih responsif dan semakin terlihat bagus di perangkat apa pun itu. Seperti aplikasi seluler, aplikasi berbasis web ini dibuat agar menjadi lebih interaktif.

Aplikasi berbasis web juga bisa membantu meminimalisir biaya bisnis dan bahkan lebih cepat di siapkan  jika di bandingkan dengan aplikasi seluler. Oleh karena itu Aplikasi web sekarang ini dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan. Aplikasi web sebagian besar digunakan untuk  melakukan pembayaran online, tiket online, toko e-commerce, dan masih banyak lagi lainnya.

Oleh sebab kemudahannya itu, aplikasi web ini tentunya bisa digunakan oleh siapa saja, mulai dari organisasi kecil, perorangan, instansi bahkan hingga perusahaan besar.

Kelebihan Aplikasi Berbasis Web

Sebelum Anda memutuskan untuk membuat aplikasi web anda sendiri, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan lebih dulu. Aplikasi web ataupun aplikasi mobile tentunya mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangannya masing-masing, adapun beberapa kelebihan dari aplikasi berbasis web ini yaitu :

Akses Yang Cepat Dan Bagus

Keuntungan pertama yang bisa di peroleh dari aplikasi web yaitu kemudahan aksesnya. Aplikasi berbasis web ini tentunya memudahkan para pengguna mereka agar bisa mengakses aplikasi dari mana saja. Kemudahan inilah yang juga menyebabkan peningkatan jumlah pengguna. Hal ini di karenakan pengguna tidak perlu menginstal aplikasi di PC atau smartphone lebih dulu.

Platform Kedua Gratis

Aplikasi berbasis web ini tidak hanya mudah untuk diakses, akan tetapi juga merupakan sebuah platform  yang teramat independen. Platform-free di sini memiliki maksud, penggunaan aplikasi web yang tidak terbatas pada satu atau dua sistem operasi saja. Melainkan dapat mengakses aplikasi  menggunakan perangkat apapun dan melalui web browser apapun.

Selain itu, hanya satu versi aplikasi yang harus di buat. Hal ini tentu saja berbeda dengan aplikasi seluler yang biasanya harus di buat setidaknya dalam dua versi, yaitu versi Android dan iOS.

Lebih Cepat Update

Semua perawatan dan pembaruan di aplikasi berbasis web ini dapat di lakukan pada server dan  juga bersifat terpusat. Hal ini tentunya menjadikan proses maintenance atau pemeliharaan bisa bekerja dengan jauh  lebih cepat.

Hemat Ruang Disk

Dari sudut pandang pengguna, salah satu keuntungan penggunaan aplikasi berbasis web yang paling jelas adalah untuk menghemat ruang disk atau disk space. Para pengguna biasanya menyimpan kekhawatiran bahwa aplikasi yang di unduh akan memenuhi memori PC dan smartphone mereka. Nah, aplikasi berbasis web ini membuat mereka tak perlu risau lagi sebab seperti yang sudah di sebutkan tadi bahwa aplikasi berbasis web tidak perlu di instal para pengguna agar bisa mereka gunakan.

Kekurangan Aplikasi Berbasis Web

  1. Selalu membutuhkan koneksi jaringan komputer seperti internet ataupun intranet.
  2. Membutuhkan keamanan yang sangat tinggi pada web server agar aplikasi berbasis web tidak down dan selalu berjalan dengan baik dan normal.

Contoh Aplikasi Berbasis Web

Terdapat begitu banyak contoh aplikasi berbasis web yang sangat ramai di gunakan saat ini, dan hampir setiap pekerjaan kini mengandalkan situs web setiap saatnya. Di bawah inimerupakan beberapa contoh aplikasi berbasis web

Situs Web Pemerintah

Instansi pemerintah saat ini juga memiliki begitu banyak situs web dan halaman web yang di dedikasikan khusus  untuk menghubungkan, mengarahkan,bahkan juga menyampaikan informasi dengan lebih  cepat, tepat, dan akurat. Contohnya antara lain yaitu, website Kemendikbud, Kemenkes, dan banyak lagi lainnya.

Aplikasi Kampus SISFO

Pada masa sekarang hampir setiap perguruan tinggi di wajibkan menggunakan program Sistem Informasi Kampus atau yang biasa di sebut SISFO Kampus. Perguruan tinggi dengan banyak  kegiatan akademik yang begitu  kompleks selalu membutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu administrasi dan mempercepat upaya seluruh warga kampus untuk mengontrolnya.

SISFO kampus juga memungkinkan seluruh pengelolaan informasi akademik di terapkan pada semua aspek kegiatan akademik yang terdapat  di kampus. Antara lain seperti pembuatan jadwal kuliah, pengembangan kurikulum, KRS (pengisian kartu rencana studi), bahkan hingga penerimaan mahasiswa baru (PMB).

Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web

Saat ini perpustakaan dapat di kelola dengan berbagai cara maupun berbagai strategi. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi terkini yaitu software perpustakaan atau perpustakaan online berbasis web. Program berbasis web ini di sertakan dalam perangkat lunak yang mampu  membantu administrasi perpustakaan supaya lebih mudah.

Adanya aplikasi berbasis web ini menjadikan masyarakat dapat mengakses aplikasi berbasis  web ini dengan mudah. Dengan tujuan untuk  mengecek apakah buku yang ingin mereka pinjam masih tersedia atau sudah habis. Salah satu contohnya adalah IPUSNAS milik pemerintah indonesia.

Nah, itulah penjelasan singkat tentang pengertian aplikasi berbasis web. Dengan keuntungan yang di tawarkan, membuat aplikasi berbasis web sendiri mungkin bisa Anda pertimbangkan jika Anda adalah pelaku usaha yang ingin memperluas jangkauan pasar anda. 

Baca Juga