fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Pengaruh Dan Tips Memilih Lokasi Server Hosting

Yodik Prastya

Bagi pemakai jasa hosting tentunya harus memperhatikan jasa mana yang bisa membantu dalam semua kegiatan online. Apalagi berkaitan dengan masa depan website yang sedang Anda rintis, pemilihan jasa honsting harus bisa memenuhi kebutuhan web tersebut.

Ketahui Pengaruh Lokasi Server Hosting

Jika sudah maka pastikan juga jika lokasi server memang mendukung. Saat ini posisi server hosting juga sangat mempengaruhi web Anda. Meski saat ini disejumlah negara sudah menyediakan jasa hosting, perihat performa dari masing-masing server hosting ini pastinya berbeda. Banyak pengaruh berkaitan dengan pemilihan lokasi server hosting, antara lain:

1. Mempercepat Loading

Lokasi server hosting sangat mempengaruhi cepat tidaknya loading dari website pemiliknya. Karena dalam setiap aktifitas, membutuhkan akses yang juga dikaitkan dengan jarak ke server utama. Jika ada di luar negeri tentunya proses loadingnya juga akan semakin lama.

2. Meningkatkan SERP

Pemilihan server hosting juga mempengaruhi rangking SERP. Karena Google selalu memberikan penilaian sebuah web dari sektor kecepatannya. Jika cepat maka rangking dalam mesin pencarian Google pun juga akan semakin meningkat.

3. Persentase Uptime

Dengan menentukan lokasi server yang tepat tentu saja juga akan meningkatkan uptime website. Jika sebuah server berada di area yang sering terkena bencana, bisa mengakibatkan sering gangguan. Hal ini akan mengakibatkan penurunan di persentase uptime.

Supaya pemilihan lokasi server hosting tidak merugikan Anda, berikut ini beberapa tips dalam menentukan dan memilihnya secara tepat.

5 Tips Memilih Lokasi Server Hosting

Agar tidak bingung dalam memilih lokasi server hosting, silahkan perhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Sesuaikan Anggaran

Setiap pemakai jasa hosting tentu harus mengeluarkan biaya. Dan lokasi setiap hosting juga menentukan kisaran harga yang harus dibayarkan oleh pengguna jasanya. Rencanakan dalam memilih dengan membandingkan harga server hosting lokal dan luar negeri. Jika hanya website lokal silahkan gunakan server Indonesia saja.

2. Lihat Internet Exchange

Lokasi server hosting juga mempengaruhi kecepatan internet. Maka dari itu silahkan lebih dulu memperhatikan letak intenet exchange dari semua server yang sudah Anda ketahui. Secara tidak langsung sambungan internet akan langsung mengarah ke server, jika server di dalam negeri tentunya lebih cepat dibanding server yang ada di luar negeri.

3. Kecepatan Akses

Kecepatan akses juga menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih lokasi server hosting. Apalagi saat ini pengunjung website akan lebih nyaman jika akses ke sebuah web tersebut memang mudah dan cepat. Maka dari itu silahkan pastikan kecepatan aksesnya lebih dulu untuk lebih optimalnya dalam memilih server hosting.

4. Menyesuaikan Target Audiens

Selanjutnya adalah menyesuaikan target audiens yang sedang diincar. Bagi Anda yang memakai website bisnis, target akan mempengaruhi masa depan website yang sedang dijalankan. Dengan melaporkan demografis audiens maka semua kebutuhan pemasaran online pun akan semakin maksimal memakai jasa hosting tersebut.

5. Memperhatikan Jenis Website

Jika semua hal diatas sudah bisa ditetapkan maka tinggal bagaimana pemilik website melakukan pengelolaan. Selama ini setiap website memang berbeda mengenai kebutuhan penggunaannya. Jika kebutuhan website sesuai dengan lokais server hosting, sudah pasti kinerja dari jasa pelayanan hosting ini akan maksimal dalam mendukung kebutuhan web milik Anda kedepannya.

Penutup

Itulah beberapa tips terbaik dalam memilih lokasi server hosting untuk website pribadi Anda. Jangan sampai salah menentukan, karena peran server hosting memang sangat penting sekali. Pilih jasa terpercaya maka dijamin performa terbaik dari server akan mendukung perkembangan website milik Anda.

Baca Juga