fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

AplikasiPanduanTips & Trik

Panduan Mendaftarkan Toko Di Google Maps

Yanti puspita

Google Maps ialah sebuah layanan pemetaan yang di kembangkan oleh perusahaan ternama, Google. Layanan ini menyediakan citra satelit, peta jalan, dan panorama 360 derajat bagi para penggunanya.

Google Maps juga menyediakan kondisi lalu lintas untuk merencanakan rute perjalanan dengan mobil, sepeda, angkutan umum, bahkan jalan kaki sekalipun.

Mempertimbangkan kemampuannya yang luas, Google Maps adalah salah satu aplikasi pencarian paling populer yang kini di gunakan oleh hampir semua pengguna smartphone.

Google Maps memudahkan Anda untuk menemukan suatu lokasi tertentu, meskipun Anda hanya mengunjungi lokasi tersebut satu kali.

Namun kini, Google Maps tidak hanya memudahkan Anda untuk menemukan sebuah lokasi, tetapi juga dapat membantu Anda mengembangkan bisnis Anda.

Selain alamat rumah Anda, kini Anda juga dapat menandai lokasi toko Anda di Google Maps. Berikut adalah panduan untuk mendaftarkan toko di Google Maps serta keuntunn yang akan Anda dapatkan saat mendaftarkan bisnis Anda di Google Maps

Panduan Untuk Mendaftarkan Toko Di Google Maps

Banyak orang yang mengandalkan Google Maps sebagai panduan saat menuju suatu tempat. Maka dari itu, sebuah bisnis juga harus mendaftarkan tokonya di Google Maps untuk memudahkan konsumen.

Lalu bagaimana untuk mendaftarkan toko di Google Maps dengan baik dan benar untuk memperluas jangkauan pasar? Untuk lebih jelasnya, baca panduannya berikut ini.

Mendaftarkan Toko Di Google Maps

Google Maps memiliki beberapa rute transportasi yang bisa di pilih dan juga yang akan memudahkan para pelanggan untuk menemukan lokasi toko atau pun bisnis Anda.

Apabila ingin nama toko Anda muncul di Google, maka Anda dapat mengikuti panduan untuk mendaftarkan toko di Google Maps yang akan di jelaskan berikut ini.

  • Telusuri Google Maps melalui Google Penelusuran.
  • Klik titik tiga di pojok kiri atas layar Anda.
  • Pilih dan klik Tambahkan bisnis Anda.
  • Lengkapi nama, dan deskripsi lengkap tentang toko Anda.
  • Ikuti sampai tahap terakhir.
  • Tambahkan gambar dan klik kirim.
  • Periksa Gmail Anda.
  • Data yang di daftarkan akan di kirimkan ke email Anda.
  • Apabila tidak ada email yang masuk, Anda bisa mencoba nya lagi.
  • Jika berhasil, maka Google akan memberi Anda konfirmasi.
  • Google akan memeriksa alamat email Anda yang terdaftar.
  • Tunggu beberapa saat hingga lokasi toko yang terdaftar aktif.

Menghapus Alamat Toko Di Google Maps

Jika Anda tidak ingin lagi mengelola bisnis atau toko yang sudah Anda daftarkan di Goggle Maps, Anda dapat menghapusnya dari Akun Google yang di gunakan untuk mengelola profil bisnis. Berikut langkah-langkahnya,

  • Pada Google Maps, telusuri nama toko yang sudah Anda daftarkan.
  • Pilih menu titik tiga dan kemudian klik profil bisnis.
  • Pilih Hapus Profil Bisnis > Hapus profil dan pengelola konten.
  • Pilih hapus profil bisnis.
  • Pilih hapus konten dan pengelola profil.
  • Kemudian Anda bisa pilih opsi Hapus.

Keuntungan Mendaftarkan Lokasi Toko Di Google Maps

Tidak dapat di pungkiri bahwa peran Google Maps dalam kehidupan sehari-hari penggunanya sangat bermanfaat, termasuk bagi para pebisnis.

Lalu apa saja keuntungan menampilkan ataupun mendaftarkan lokasi toko? Di bawah ini adalah keuntungan yang akan Anda peroleh saat mendaftarkannya.

Gratis Tanpa Biaya

Anda bisa memperoleh marketing gratis tanpa harus mengeluarkan sedikitpun anggaran untuk promosi tokoA Anda. Google Maps ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin meningkatkan penjualan toko Anda secara gratis.

Anda hanya perlu mendaftarkan bisnis Anda ke Google Maps melalui satu akun gmail dan mengikuti proses pendaftaran secara detail. Google akan memeriksa dan memverifikasi dengan mengirimkan PIN Anda ke email Anda.

Tingkatkan Peringkat Lokal Di Google Penelusuran

Dengan mendaftarkan lokasi bisnis Anda di Google Maps, Anda akan mendapat hak istimewa untuk membantu Google menampilkannya di halaman pencarian.

Tentu saja, ini menjadi kabar baik bagi UKM karena mereka bisa mendapatkan lebih banyak peluang untuk mendapatkan lalu lintas melalui aplikasi Google. Semakin tinggi lalu lintas pengunjung, maka semakin tinggi omzet yang akan di dapatkan.

Membantu Calon Pelanggan Menemukan Alamat Toko

Meskipun saat ini sebagian besar aktivitas belanja di lakukan secara online, mengunjungi toko offline tentunya akan lebih lengkap dan dapat meningkatkan kredibilitas Anda. Mencantumkan lokasi bisnis Anda di Google Maps dapat bermanfaat bagi calon pelanggan.

Kemudian calon pelanggan dapat dengan mudah menemukan toko Anda hanya dengan mencari satu jenis kata kunci di Google. Detail informasi alamat dan informasi kontak dapat dengan mudah di dapatkan oleh calon konsumen toko Anda.

Menampilkan Informasi Yang Berguna

Beberapa informasi yang di inginkan calon pelanggan saat mencari toko Anda adalah alamat dan detail kontak yang bisa di hubungi.

Anda dapat menampilkan semua informasi terkait toko atau bisnis Anda yang selalu di butuhkan konsumen saat mendaftarkannya.

Lalu apk ini akan menampilkan detail alamat, nomor telepon, situs website, deskripsi usaha, bahkan hingga review dari konsumen lain yang pernah mengunjungi toko Anda. Data bisnis lain seperti petunjuk arah, acara baru, dan produk yang di jual juga dapat di temukan oleh calon pelanggan Anda.

Dapatkan Tampilan Lebih Baik

Tampilan lokasi bisnis Anda akan terlihat lebih menarik jika Anda memberikan informasi detail saat mendaftar di Google Maps. Biasanya tampilan yang akan muncul akan berupa kotak berisi informasi pentin dan terperinci tentang toko dan bisnis Anda.

Dapatkan Wawasan Baru dari Google Analytics

Basis data yang baik dan benar akan menguntungkan calon pelanggan dan Anda selaku pemilik toko ataupun bisnis yang Anda kelola. Dengan mendaftarkan toko Anda di Google Maps, Anda dapat melihat informasi penting seperti jumlah kunjungan di kedai yang di kelola.

Dengan semua data tersebut akan membantu Anda melihat berapa banyak orang  yang menelusuri toko yang suda Anda daftarkan di Google Maps. Untuk membuat keputusan tentang tindakan promosi lainnya dapat di pertimbangkan dengan baik.

Meningkatkan Penjualan Pemasaran

Marketing atau pemasaran merupakan salah satu langkah penting yang harus di lakukan oleh para pengusaha. Google Maps dapat membantu tim pemasaran mengoptimalkan promosi. Caranya adalah dengan mendaftarkan bisnis dan toko Anda di Google Maps.

Anda dapat menggunakan panduan mendaftarkan toko di Google Maps yang sudah di jelaskan di atas untuk memperluas jangkauan pasar toko Anda.

Dengan mendaftarkan nama bisnis ini, pasti akan meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan calon pelanggan terhadap toko yang tengah Anda kelola.

Baca Juga