fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Panduan Cara Jualan di Blibli, Mudah dan Gak Ribet Cocok untuk Pemula

Dhian rama

Dewabiz – Selain melakukan penjualan melalui car offline, Kamu sebagai pemilik usaha mikro, menengah, atau besar bisa juga mendapatkan tambahan penghasilan dengan cara jualan di blibli. Blibli adalah salah satu situs e-commerce terbaik di Indonesia.

Banyaknya pengguna, menjadi salah satu faktor Blibli merupakan platform yang tepat untuk meningkatkan penjualan Kamu. Namun, sebelum kamu mulai berjualan, pastikan kamu memenuhi syarat, kriteria, dan cara melamar menjadi penjual Blibli. Nah, mau tau bagaimana cara jualan di blibli? Mari simak pembahasannya di bawah ini:

Panduan Cara Jualan di Blibli, Mudah dan Gak Ribet Cocok untuk Pemula.

Cara jualan di blibli

Apakah Kamu sudah tahu cara jualan di blibli?  Nah, jika belum, sekarang mari kita lihat pembahasannya di bawah ini. Ada banyak platform berbeda yang dapat Kamu  gunakan untuk berjualan secara online. Salah satunya adalah Blibli.

Sebagai informasi, Blibli merupakan situs e-commerce buatan Indonesia yang berdiri sejak tahun 2011. Dengan metode bisnis yang berfokus pada B2B, B2C dan B2B2C (Business to Business to Consumer).

Jangkauan pasar yang cukup besar ini menjadikan Blibli sebagai platform yang berpotensi menguntungkan bagi para merchant. Lalu, bagaimana cara jualan di blibli? Berikut cara berjualan di Blibli:

1.      Persiapkan informasi penjual

Cara jualan di blibli yang pertama adalah menyiapkan semua informasi penjual. Informasi ini berupa nama, email aktif, password, nomor smartphone, nama toko online yang akan Kamu  daftarkan.

2.      Masukkan nomor telepon

Cara berjualan di Blibli selanjutnya adalah dengan memasukkan nomor smartphone Kamu , baik itu nomor pribadi maupun bisnis. Untuk penjual perorangan, gunakan nomor smartphone pribadi. Sementara untuk penjual bisnis, gunakan nomor smartphone penanggung jawab.

Ingat, pastikan nomor smartphone aktif dan benar. Oleh karena itu, pendaftaran Kamu  dapat lebih mudah diverifikasi dengan mengirimkan kode ke nomor telepon.

3.      Lengkapi informasi penjualan

Melengkapi informasi penjualan merupakan salah satu cara jualan di blibli selanjutnya yang harus diperhatikan.

Setidaknya ada tiga informasi yang harus dilengkapi. Lengkapi informasi toko atau stok terlebih dahulu. Kedua, masalah informasi pembayaran dan legalitas. Ketiga, unggah produk yang ingin Kamu  jual di toko online.

4.      Menyiapkan dokumen penjual

Cara jualan di Blibli yang harus dipersiapkan juga adalah menyiapkan dokumen dan berkas. Kamu sebagai penjual,  perlu menyiapkan beberapa dokumen berupa nomor rekening yang valid.

Selanjutnya untuk penjual perorangan siapkan KTP dan NPWP. Jika Kamu  tidak memiliki NPWP, isikan sementara kolom nomor KTP dan foto Kamu . Sementara itu, bagi pelaku usaha penjual menyiapkan KTP, NPWP perusahaan, akta pendirian + SK Menteri Kehakiman, akta pendirian, SIUP, TDP dan alamat surat.

Informasi lain yang harus diketahui penjual

Ada beberapa informasi lain yang harus diketahui penjual di platform blibli ini, antara lain:

1.      Ketentuan Penjualan

Sebelum Kamu  mulai berdagang, tampilkan produk yang ada di Blibli, ada beberapa hal yang perlu Kamu  perhatikan seperti peraturan produk yang dilarang untuk dijual karena Blibli menjamin keaslian produk produk yang dibeli pembeli.

2.      Layanan penjualan gratis di Blibli.com

Kamu  bisa menggunakan layanan penjualan di Blibli.com secara gratis. Apa utilitas gratis ini? Dari foto produk gratis, tambahkan pengguna PIC gratis, dan lainnya.

3.      Menambahkan akun pengguna PIC atau administrator toko

Jika akun toko Kamu  dikelola oleh lebih dari satu orang (admin toko), sebaiknya setiap orang memiliki akun tersendiri untuk mengakses People Center jual Blibli. Kamu juga dapat menambahkan PIC toko langsung di Blibli tanpa batas maksimal akun.

4.      Membaca kontrak dan keuntungan/komisi

Kebijakan penjualan Blibli diatur dalam perjanjian kemitraan (PKS) yang dapat Kamu  unduh dari Blibli Seller Center. Selain itu, setiap transaksi di Blibli memiliki komisi yang berbeda untuk setiap jenis produk.

5.      Respon Pemesanan

Respon langsung terhadap pesanan pembeli mengikuti proses yang sesuai dengan jenis pengiriman produk. Perhatikan bahwa pengiriman setiap pesanan di Blibli berbeda-beda sesuai dengan jenis produk yang di jual.

Jenis pengiriman ada 3 yaitu pengiriman reguler, pengiriman merchant dan tanpa pengiriman. Untuk lebih mudah memenuhi pesanan pelanggan, Kamu  bisa mempelajarinya lebih lanjut melalui Training Center di situs resmi Blibli.com.

6.      Jadwal Pembayaran

Setelah melakukan pemesanan kepada pembeli, langkah selanjutnya adalah mengetahui kapan pesanan tersebut sudah lunas bukan? Sesuai ketentuan penjualan di Blibli, pembayaran di lakukan setelah pembeli menerima pesanan dan akan di transfer ke rekening terdaftar dalam jangka waktu yang di tentukan.

Cara Mempercepat Penjualan di Blibli

Bingung bagaimana cara jualan di blibli supaya cepat laris. Kamu lebih baik buy or sell? Jika demikian, berikut adalah beberapa cara untuk mendaftar. Seperti yang kita tahu, persaingan toko online di platform Blibli.com semakin ketat.

Oleh karena itu, Kamu  harus mempersiapkan strategi penjualan online yang tepat agar tetap bertahan dan berhasil meningkatkan penjualan. Nah bagi Kamu  yang berjualan online melalui toko online yang di buat di Blibli. Berikut adalah beberapa cara jualan di blibli agar produk yang Kamu jual bisa laris manis!

1.      Gambar dan deskripsi produk yang jelas

Gambar dan deskripsi produk benar-benar menunjukkan kualitas produk di toko online Kamu . Saat mengunggah produk, pastikan foto produk yang di gunakan memiliki kualitas yang baik. Jangan gunakan foto yang buram dan tidak jelas.

Juga, tuliskan penjelasan rinci dari bahan, harga, ukuran, penggunaan dan pemeliharaan hingga garansi. Pembeli harus selalu melihat foto dan membaca deskripsi produk sebelum membeli. Mereka bahkan mungkin tertarik untuk melakukan pembelian, tergantung dari deskripsi produknya.

2.      Berbagai macam produk

Semakin luas toko online Kamu  menawarkan berbagai macam produk, semakin banyak pilihan pembeli harus membeli produk yang tersedia.

Nah kini ada fitur menarik di Blibli.com di mana Kamu  bisa menemukan produk-produk yang sedang populer di Blibli.com hingga yang banyak di cari pembeli namun masih sedikit tokonya.Toko online di Blibli.com menjualnya. Untuk menggunakan fitur ini, Kamu  harus masuk ke Blibli Seller Center, lalu klik Analytics > Product Opportunities.

3.      Harga produk yang kompetitif

Untuk mencapai daya beli pembeli yang lebih besar, selain menjaga kualitas produk, Kamu  juga dapat menawarkan harga yang kompetitif.

Coba cek analisis harga produk Kamu  di Blibli.com agar Kamu  bisa membandingkan harga yang di tampilkan toko online lain dengan fungsi price competition. Caranya mudah, Kamu  bisa ke Blibli Seller Center, klik Menu Analysis > Price Competitiveness.

4.      Update Ketersediaan Produk

Jangan kecewakan pembeli Kamu  ketika ingin membeli produk Kamu  hanya karena pesan “stok habis/habis”. Jika produk Kamu  memiliki stok yang cukup, maka akan meningkatkan kepercayaan pembeli saat membeli dari toko online Kamu .

Cek secara berkala seluruh inventory produk yang aktif di Blibli Seller Center dengan klik Product Menu > Empty Inventory.

5.      Pemrosesan pesanan instan

Saat Kamu  menerima pesanan baru, segera siapkan produk dan kirim ke pembeli sebelum batas pembatalan otomatis tercapai. Jika respon Kamu  cepat, hal itu juga akan mempengaruhi kinerja penilaian penjual, yang akan membuat pembeli merasa aman dan percaya diri saat membeli dari toko online Kamu.

Untuk melihat data pesanan baru, masuk ke Blibli Seller Center, lalu klik Orders > New Order dan langsung respon kiriman berdasarkan jenis produk yang di pesan pembeli.

6.      Cek kesesuaian pesanan dan gunakan packing yang aman

Cek produk sebelum kirim sesuai dengan pesanan pembeli. Di sini Kamu  akan lebih mudah karena label pengiriman yang tersedia di Blibli Seller Center sudah di cantumkan secara detail bersama dengan pesanan pembeli.

Selain itu, untuk mencegah produk rusak saat di terima oleh pembeli, gunakan packing yang aman dengan lapisan pelindung ekstra seperti bubble wrap.

7.      Promosi yang Menarik

Semua pengguna jasa toko online pasti akan menikmati promosi tersebut dan tertarik untuk berbelanja di toko online dengan promosi yang menarik. Nah di Blibli Seller Center ini ada berbagai jenis promosi yang bisa kamu gunakan untuk menarik pembeli.

Promosi ini meliputi promosi kombo, promosi grosir, promosi diskon dan yang terbaru adalah promosi voucher penjual. Nah, promo ini tidak memerlukan persetujuan Blibli untuk mengaktifkannya karena Kamu  yang menentukan besaran diskon dan durasi promonya.

8.      Aktif di media sosial

Jejaring sosial masih menjadi tempat yang sangat efektif untuk berjualan online. Karena itu, Kamu  harus aktif di jejaring sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, dll. Kamu  dapat membuat akun khusus untuk menjual produk Kamu . Jadi lakukan konten secara teratur dan jangan hanya menjual produk. Tapi ada juga konten menarik yang bermanfaat.

Misalnya, Kamu  memposting tips, informasi menarik, video, dll. Dalam setiap konten yang di terbitkan, jangan lupa sertakan teks atau tautan yang mengarahkannya ke toko online Kamu  di Blibli.com. Pada dasarnya media sosial akan memudahkan Kamu  menjangkau khalayak yang lebih luas. Sehingga Kamu  bisa mendapatkan calon pembeli yang akan membeli produk Kamu .

Keuntungan Berjualan di Blibli.

Setelah mempelajari cara berjualan di Blibli, Kamu  pasti mengetahui beberapa keuntungan berdagang melalui aplikasi ini. Apa pun? Gratis. Untuk bisa memiliki ‘toko’ di Blibli, sepenuhnya gratis. Kamu  hanya perlu melengkapi semua persyaratan sebagai dokumen lengkap untuk mulai menjual.

Tersedia layanan fotografi produk. Untuk memastikan kualitas gambar produk yang di tampilkan di meeting point, Blibli menyediakan merchant dengan utilitas fotografi produk, dan semuanya gratis. Hal ini tentunya akan memudahkan Kamu  sebagai penjual karena tidak perlu memotret setiap barang yang akan dipajang.

Memiliki fasilitas free plan. Untuk melindungi barang yang di pesan agar tetap aman sampai di tangan pembeli, Blibli juga menawarkan sarana sebagai standar packing secara Cuma-Cuma. Layanan ini adalah satu-satunya layanan yang di tawarkan oleh pasar Indonesia

Ada berbagai moda pengiriman. Selain proses pengemasan, transportasi juga menjadi perhatian Blibli. Bekerja sama dengan lebih dari 30 perusahaan pelayaran, pengiriman ke berbagai wilayah Indonesia menjadi lebih mudah

Layanan Penjual Berkualitas. Bagi merchant yang mengalami kendala saat bertransaksi, Blibli menyiapkan layanan seller support untuk mengatasi kendala yang ada. Layanan ini tersedia 24 jam sehari.

Demikian informasi lengkap cara jualan di blibli. Pastikan kamu menjual produk yang asli dan berkualitas agar tidak mengecewakan pelanggan. Plus, lengkapi toko Kamu  dengan layanan pelanggan yang berkualitas untuk membuat barang dagangan Kamu  terjual lebih baik. Siap memulai bisnis bersama Blibli? Selamat mencoba, semoga bermanfaat!.

Baca Juga