fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & Trik

Paling Aman, Ini 5 Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu

Wiliam

Sebelum memutuskan membeli barang secara daring, ada baiknya Bizzie mengetahui tips belanja online agar tidak tertipu. Memang sebelum keberadaan internet, untuk berbelanja barang yang menjadi kebutuhan utama sehari-hari, kebutuhan sekunder sampai tersier biasanya dilakukan secara langsung menuju tempat keberadaan penjual itu sendiri. Ada beberapa hal positif dalam membeli barang secara langsung salah satunya yaitu kondisi barang yang dibeli diketahui pasti.

Selain itu dengan membeli barang secara langsung maka bisa langsung mendapatkan produknya selesai dibayarkan. Akan tetapi salah satu hal negatif jika membeli barang secara langsung adalah waktu dan tenaga yang dikeluarkan relatif lebih besar. Inilah yang setelah itu dapat diatasi dengan keberadaan aktivitas berbelanja online dengan memanfaatkan teknologi berupa internet. Akan tetapi salah satu hal yang menjadi masalahnya adalah potensi terhadap isu keamanan.

Bagaimana Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu?

Jika berbelanja secara online, pembeli tak dapat memastikan barang yang hendak dibeli secara langsung. Sehingga pembeli tak tahu apakah barang itu asli atau bahkan tiruan. Selain itu pembeli juga tidak mengenal pihak penjual dan sebagainya. Kegiatan belanja secara daring juga dapat mengancam keamanan apabila tidak dilakukan dengan hati-hati. Supaya terhindar dari semua hal yang tidak diinginkan Bizzie bisa simak tips belanja online agar tidak tertipu berikut ini.

1.     Mencari Tahu Reputasi Penjual Barang Online

Untuk tips belanja online agar tidak tertipu yang pertama adalah Bizzie harus mencari tahu tentang reputasi penjual barang online itu sendiri. Ini penting sebelum pembeli memutuskan membeli suatu produk atau bang secara online apalagi di marketplace. Dengan demikian calon pembeli perlu melakukan riset terlebih dahulu terhadap toko milik penjual barang yang ingin dibeli dan melakukan transaksi dengan toko tersebut.

Ada banyak hal yang penting untuk dilakukan dalam riset sebuah penjual atau toko online. Hal tersebut meliputi memastikan status toko apakah masih aktif atau tidak, lamanya usia toko berjualan sampai testimoni lebih banyak ulasan positif atau justru negative. Pastikan keadaan toko dalam kondisi baik saat Bizzie melakukan riset tersebut. Dengan demikian kemungkinan terkena penipuan bisa lebih diminimalisir.

2. Mengecek Ulasan Produk

Pada tips belanja online agar tidak tertipu berikutnya adalah mengecek ulasan produk yang ingin dibeli. Tips ini bisa Bizzie lakukan setelah memastikan toko atau pihak penjual dapat dipercaya. Kemudian cek ulasan produk yang akan dibeli dari para pengguna lain. Adapun pengguna lain tersebut biasanya sudah terlebih dahulu membelinya sebelum Bizzie. Sebagai informasi, para pembeli lama umumnya akan meninggalkan ulasan setelah membeli barang.

Biasanya para pembeli memberikan ulasan yang jujur dan berdasarkan pengalaman pribadi mereka. Jika sebuah barang yang dibeli kualitasnya buruk maka mereka tak segan-segan memberikan ulasan kekecewaan dengan penilaian sangat sedikit. Oleh sebab itulah penting untuk Bizzie menyimak ulasan satu demi satu sampai foto yang tersemat untuk membuat semakin yakin terhadap produk yang ingin dibeli.

3. Meriset Harga Masuk Akal atau Tidak

Dalam tips belanja online agar tidak tertipu pastikan juga jika harganya masih cukup masuk akal. Ada baiknya Bizzie jangan sampai tergiur dengan penawaran harga yang murah dan jauh di bawah rata-rata pasar. Pasalnya hal ini bisa saja membuat siapa pun terjebak dan akhirnya membeli barang yang palsu. Oleh sebab itu tak ada salahnya membandingkan harga suatu produk yang sama dengan beberapa toko online sekaligus.

Pastikan bahwa harga yang ditawarkan cukup masuk akal atau tidak. Apabila ada perbedaan harga dengan nominal sedikit antara satu toko dengan penjual lainnya maka masih tergolong wajar. Sebagai informasi, hal yang menjadi masalah adalah jika harga terlalu murah atau tergolong jauh melebihi pasaran. Apabila harganya terlalu murah, bisa saja ada niat untuk melakukan Tindakan penipuan atau barang yang dipasarkan bukanlah produk original.

4. Membaca Deskripsi Produk

Kalau sudah memastikan reputasi toko serta harga toko produk tergolong wajar, maka tips belanja online agar tidak tertipu berikutnya adalah membaca deskripsi dari produk tersebut. Dimana hal ini sering kali dilewatkan oleh calon pembeli karena alasan malas membaca. Pertama-tama Bizzie bisa menyesuaikan judul produk dengan deskripsi yang berada di halaman produk dalam marketplace sama persis dan tidak ada kekurangan atau dilebihkan.

Saat mengecek harap pastikan nama barang, spesifikasi, varian sampai kelengkapan yang penjual tawarkan sudah sesuai. Harap cek secara terperinci dan kalau bisa berulang kali demi terhindari dari aksi penipuan maupun kesalahan dalam membeli produk. Apabila informasi yang ada di kolom deskripsi tergolong kurang, Bizzie bisa saja menanyakan spesifikasi lebih lengkap ke pihak penjual lewat fitur pesan di marketplace.

5. Memahami Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Sebagai informasi, setiap toko mempunyai ketentuan dan persyaratan yang berbeda-beda satu sama lain. Dimana ketentuan itu bisa saja masa garansi, perjanjian waktu untuk pengembalian dan masih banyak lagi. Oleh sebab itulah tips belanja online agar tidak tertipu yang harus Bizzie lakukan adalah mencermati semua persyaratan dan ketentuan di toko online tersebut. 

Biasanya  syarat dan ketentuan ada di kolom informasi produk dan identitas toko. Dengan mencermati syarat serta ketentuan yang diberlakukan oleh masing-masing toko, maka sebagai pembeli sudah siap menerima apa yang dijanjikan penjual.

Itulah beberapa tips belanja online agar tidak tertipu yang perlu Bizzie terapkan dan lakukan saat berbelanja secara daring. Dengan memahami tips tersebut besar kemungkinan pembeli tidak akan tertipu dan bisa berbelanja lebih aman.

Baca Juga