fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Pahami Financial Report Dan Bedanya Dengan Financial Statement

Wiliam

Salah satu cara melihat apakah sebuah bisnis berjalan dengan baik atau tidak adalah dengan melihat keadaan finansialnya. Yang mana kita bisa melihat keadaan finansial tersebut melalui laporan keuangan yang dibuat oleh perusahaan baik secara bulanan maupun tahunan. Tujuan utama dibuatnya laporan keuangan tersebut agar pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan dapat mengetahui kondisi keuangan dengan cepat dan transparan. Pihak-pihak yang dimaksud ini Baik itu manajemen, pihak audit,  maupun investor. 

Dalam akuntansi terdapat dua istilah yang sering digunakan ketika ingin membuat laporan keuangan yaitu financial report dan financial statement. Keduanya sekilas hampir mirip namun jika dipelajari lebih dalam ternyata keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Dalam artikel ini akan dibahas masing-masing dari laporan keuangan tersebut. Simak penjelasannya dengan seksama yah. 

1. Apa itu Financial Report?

Financial report atau disebut juga dengan pelaporan keuangan merupakan output sampingan yang mendukung penggunaan financial statement. Laporan ini memuat tambahan informasi keuangan serta kinerja perusahaan selama periode tertentu misalnya triwulan atau tahunan. Fungsi utama dari sistem pelaporan ini adalah dalam mengontrol keuangan bisnis yang mana bisa dibantu oleh para investor relation officer jika suatu perusahaan dijalankan secara publik. 

Informasi tambahan yang ada dalam financial report juga memuat semua aliran keuangan dari bisnis ke pengguna luar mulai dari data laporan keuangan utama yang terdiri dari laporan laba rugi laporan neraca, laporan arus kas dan laporan laba ditahan.

Selain itu financial report juga memuat informasi keuangan yang perusahaan ingin posting di website secara publik, catatan yang lebih detail terkait topik tertentu,  quickly report dan annual report yang perusahaan terbitkan untuk para pemegang saham dan setiap prospectus issued untuk para calon investor terkait penerbitan sekuritas.

2. Apa itu Financial Statement?

Financial statement adalah laporan keuangan perusahaan yang di dalamnya memuat informasi terkait posisi keuangan, perubahan posisi keuangan serta kinerja dalam perusahaan yang bermanfaat untuk perusahaan dalam pengambilan keputusan. Dalam hal ini financial statement bisa kita katakan sebagai hasil dari akuntansi perusahaan.

Financial statement tersusun dari beberapa komponen keuangan, yaitu: 

  • Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi atau income statement merupakan laporan keuangan yang memuat informasi seluruh pendapatan dan beban perusahaan. Melalui laporan ini Anda bisa melihat apakah perusahaan mengalami keuntungan atau kerugian pada periode tertentu.

  • Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal atau perubahan ekuitas adalah laporan keuangan yang memberikan gambaran perkembangan dari modal perusahaan. Dalam laporan ini Anda bisa melihat bagaimana modal bertambah atau berkurang. 

Tak hanya itu, biasanya laporan perubahan modal ini juga memuat informasi mengenai laba ditahan dan informasi lain dalam periode dibuatnya laporan.

  • Laporan Neraca

Neraca keuangan atau balance sheet merupakan laporan keuangan yang berisi Informasi terkait posisi keuangan secara umum.  Financial statement satu ini memperlihatkan beberapa bagian Keuangan yaitu besarnya harta (baik lancar, tetap, berwujud, dan tidak berwujud), utang (jangka panjang dan pendek), dan ekuitas.

  • Laporan Arus Kas

Laporan arus kas atau cash flow merupakan laporan keuangan yang di dalamnya memperlihatkan detail aktivitas keuangan. Laporan ini memuat informasi terkait kapan dan dari mana kas muncul dan kemana kas itu dikeluarkan.

3. Apa perbedaan financial report dan financial statement?

Financial report dan financial statement secara sekilas memang mirip satu sama lain keduanya sama-sama memuat tentang laporan keuangan. Namun jika melihat masing-masing komponen, keduanya sudah terlihat sangat jelas.

Ada beberapa perbedaan dari financial report dan financial statement, yaitu:

1. Isi

Perbedaan pertama terletak pada isinya masing-masing. Financial report berisi hal-hal seperti profil perusahaan, data perusahaan, ikhtisar saham, laporan keuangan konsolidasi, dan pembahasan hasil kinerja keuangan. Financial reporting ini terdapat di annual report olehnya itu beberapa orang menganggap bahwa financial report adalah annual report.

Sedangkan isi dari financial statement adalah laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan posisi keuangan (neraca), dan laporan arus kas. Financial statement jika dilihat adalah output dari akuntansi perusahaan.

2. Tujuan

Perbedaan kedua terletak pada tujuannya masing-masing. Tujuan dari financial report, yaitu pertama, memberikan informasi terkait sumber daya ekonomi dan klaim atas sumber daya tersebut serta perubahannya. Kedua, menyediakan informasi yang berguna kepada para kreditor, investor dan pengguna potensial lainnya untuk membantu mereka saat proses pengambilan keputusan.  Ketiga, menginterpretasikan arus kas baik yang masuk maupun yang keluar pada perusahaan.

Sedangkan Tujuan dari financial statement adalah pertama, pengambilan keputusan yang mana laporan ini digunakan sebagai pertimbangan semua pihak yang terkait  seperti manajemen, pemilik dan investor. Biasanya proses pengambilan keputusan ini sangat dipengaruhi oleh aktivitas keuangan Yang dilaporkan pada laporan keuangan. 

Kedua, financial statement juga berfungsi sebagai bahan analisis keuangan perusahaan titiek hal-hal yang dianalisis ini merupakan kondisi keuangan laba rugi hingga nilai perusahaan. Hasil analisis ini dijadikan sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan sesuai dengan fungsi pertama. Ketiga, laporan ini dijadikan sebagai data agar mendapatkan pinjaman untuk mengembangkan usaha. 

Financial statement berisi ringkasan kinerja keuangan perusahaan pada satu periode akuntansi yang di dalamnya memuat 4 laporan keuangan, yaitu laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan posisi keuangan atau neraca dan laporan arus kas. 

Adapun financial report juga laporan keuangan namun di dalamnya ditambah oleh berbagai informasi yang mendukung laporan keuangan.  Misalnya profil perusahaan, pembahasan hasil kinerja keuangan, laporan keuangan konsolidasi, ikhtisar saham dan data-data perusahaan lain yang relevan. 

Baca Juga