fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Aplikasi

Cara Meningkatkan Penjualan di Tokopedia

Dhian rama

Dewabiz – Apakah penjualan kamu sepi pelanggan dan belum mencapai target pendapatannya? Jangan menyerah. Ada beberapa solusi dan cara meningkatkan penjualan di Tokopedia tanpa mengeluarkan banyak uang untuk beriklan.

Ya, karena pasar ini menaikkan biaya admin berdasarkan kategori produk, strategi dan metode penjualan berikut ini ada di aplikasi yang bernama Tokopedia.

Jika penjual awalnya memilih untuk memanfaatkan layanan periklanan atau promosi, mereka sekarang tertarik dengan metode organik, yang muncul secara alami. Jika kamu ingin mencobanya, ikuti beberapa tips cara meningkatkan penjualan di Tokopedia di bawah ini!

Cara Meningkatkan Penjualan di Tokopedia Agar Untung Tinggi

Peningkatan penjualan pasti akan meningkatkan keuntungan dan keuntungan yang akan diperoleh penjual. Begitu pula dengan merek toko yang juga semakin populer di kalangan pengguna Tokopedia. Lantas bagaimana cara meningkatkan penjualan di Tokopedia agar pendapatan Kamu juga meningkat?

1. Perjelas Nama Produk

Sebutkan nama barang sesuai dengan jenis barang. Sertakan juga manfaat utama dari artikel tersebut. Misalnya, jika kamu menjual sabun untuk jerawat, kamu dapat mencantumkan judul produk sebagai “Sabun Granddda dengan bahan alami untuk jerawat”.

Dengan penamaan yang jelas dan tepat, pengunjung akan mulai berinteraksi dan menunjuk ke toko Kamu, lalu melihat semua produk yang ada di listingan etalase.

Sebaliknya, jangan menyebutkan nama produk yang samar-samar dan jauh dari gambaran fungsi artikel tersebut. Tujuannya agar penjualan tidak turun. Jadi elemen formula atau nama produk sering menyertakan nama item – brand/merek – fungsi utama dan juga ukuran.

2. Unggah Gambar Produk yang Jelas dan Cantik.

Memaksimalkan tampilan produk atau gambar produk sangatlah penting. Banyak pengunjung lebih memilih toko dengan gambar produk yang menarik daripada foto dangkal yang acak.

Oleh karena itu, pelajari dulu dengan seksama dimensi foto produk di Tokopedia. Biasakan memilih foto beresolusi tinggi dan menyenangkan secara estetika dengan banyak eksposur untuk setiap produk.

3. Buat Nama Toko yang Unik

Sebuah toko dikatakan unik jika memiliki nama yang unik, kontra-intuitif, non-tradisional dan tentunya mudah diingat oleh pelanggan. Jika kamu masih belum bisa memikirkan nama untuk bisnis kamu, coba baca tips dan trik Tokopedia cara membuat nama toko online yang mudah diingat konsumen.

Pastikan jika nama tersebut sudah dikenal banyak pengunjung, jangan sesekali mengganti nama toko di Tokopedia. Memang jika pengunjung kemudian memasukan nama toko lama Kamu di kolom pencarian, maka nama toko online baru tidak akan muncul. Hal yang sama berlaku untuk nama toko lama kamu.

4. Lengkapi Profil Toko Sebaik Mungkin

Cara meningkatkan penjualan di Tokopedia selanjutnya adalah melengkapi atribut toko atau profil tersimpan. Dari gambar profil, deskripsi toko, profil toko, dan daftar produk.

Lebih suka menggunakan foto profil yang menggambarkan jenis bisnis. Misalnya bisnis yang sedang dibangun adalah bisnis fashion wanita, maka uploadlah foto dress atau pakaian wanita.

Kamu juga bisa menggunakan logo yang merepresentasikan hal-hal yang elegan, feminim dan berhubungan dengan dunia wanita. Agar lebih mudah, kamu bisa mempelajari terlebih dahulu cara menggunakan Canva untuk mendesain logo atau foto produk toko online.

Bersamaan dengan foto profil kamu, tambahkan deskripsi toko Kamu di Tokopedia agar pelanggan dapat berkunjung dengan percaya diri dan langsung melihat produk kamu.

5. Deskripsi Produk Harus Detail

Cara meningkatkan penjualan di Tokopedia selanjutnya yang bisa kamu terapkan adalah dengan menambahkan deskripsi produk sedetail, sedetail dan sejelas mungkin.

Semakin jelas spesifikasi produk yang kamu tulis, semakin besar minat pengunjung. Membuat deskripsi produk yang menarik dapat dimulai dengan menulis spesifikasi produk dan memasukkan unsur-unsur berikut:

  • Tinggi atau berat.
  • Keunggulan dan fungsi produk.
  • Status garansi produk (Halal/Sertifikat Pemakaian/Hukum/Klaim Perusahaan, dll.)
  • Kondisi Barang (Baru atau Bekas).
  • Informasi tambahan untuk meyakinkan konsumen.
  • Ingat, kolom deskripsi produk jangan dikosongkan dan diisi sembarangan!.

6. Pilih Semua Jasa Pengiriman

Ketika kamu daftar toko di Tokopedia, pastinya akan ada beberapa opsi dan daftar jasa ekspedisi pengiriman se Indonesia yang bisa ditambahkan pada setiap layanan pengiriman. Nah, selama nama-nama jasa kurir tersebut tersedia di sekitar lokasi alamat tokomu, tambahkan semuanya.

Makin lengkap ekspedisi yang tersedia, pilihan untuk pembeli juga kian bervariasi. Biasanya para pembeli lebih menyukai toko yang menyediakan jasa pengiriman lengkap.

Selain dari Tokopedia, kamu bisa cek resi dan ongkos kirim pengiriman barang kamu di Plugin Ongkos Kirim! Lacak di mana paket JNE, POS, Tiki, JNT, Wahana, Lion Parcel, Sicepat, dll dengan mudah, akurat, dan gratis hanya di Plugin Ongkos Kirim!.

7. Manfaatkan Affiliate Marketing

Affiliate marketing menjadi salah satu tips jitu untuk memperbesar nama toko dan bikin banjir orderan. Omset pun meroket, barang pun sold out terus. Kamu bisa menggunakan akun-akun yang terdaftar dalam program affiliate marketing Tokopedia dan mempromosikan barang daganganmu.

Yaps, cara meningkatkan penjualan di Tokopedia memang paling ampuh lewat program afiliasi. Penjual tidak perlu mengeluarkan biaya iklan dan affiliate marketer pun diuntungkan.

8.Harus Memberikan Merek dengan Baik dan Brand Pada Toko

Brand atau merek adalah segala sesuatu tentang perusahaan, produk atau jasa, baik berwujud maupun tidak berwujud. Untuk mengembangkan dan mempertahankan brand atau merek, serta perlu memiliki identitas merek berupa elemen visual yang membentuk merek tersebut.

9.Perlu Menyiapkan Daftar Produk

Daftar produk adalah bagian dari halaman produk untuk setiap barang yang dijual di Tokopedia. Jika kamu melakukan pekerjaan yang baik dalam mempromosikan produk kamu, semakin besar kemungkinan produk tersebut ditemukan di halaman pencarian pembeli.

Bagian produk yang menarik juga menentukan apakah seorang pembeli akan membeli produk yang dijual atau tidak. Dapat mengunggah produk secara bersamaan

Tidak perlu mengunduh produk satu per satu. Kamu dapat menambahkan beberapa produk sekaligus atau secara massal dengan menggunakan fungsi “Tambah sekaligus” di halaman daftar produk. Kamu tahu, mengunduh produk menjadi lebih cepat dan lebih efisien,

Perlu Mengaktifkan Pengiriman Gratis

Dengan mengaktifkan program gratis ongkos kirim ini, kamu dapat mengoptimalkan pengiriman dan penjualan kamu. Lebih baik lagi, Tokopedia tidak akan mengeluarkan biaya apapun. Pastikan kamu telah mengaktifkan Power Merchant, oke?

10. Percantik Toko Kamu dengan Dekorasi Toko

Di dalam aplikasi Penjual Tokopedia, terdapat fitur penghias toko yang dapat mempercantik tampilan dan nuansa seluruh berkamu toko. Spanduk, promosi, sorotan produk, dan video dapat digunakan untuk mempercantik berkamu toko.

Kamu bisa mengakses fitur ini di halaman merchant Tokopedia di bawah menu “Dekorasi Toko”. Pembeli akan dialihkan ke berkamu toko dan dapat langsung melihat konten terbaru.

11.Bisa Mengelola Toko Melalui Penjual Tokopedia

Halaman Seller Tokopedia dapat diakses melalui link di seller.tokopedia.com/home. Melalui Tampilan Halaman Penjual Tokopedia, Kamu dapat mengelola kinerja harian toko Kamu, mengelola inventaris produk, mencari informasi barang, dan tentu saja kejadian terbaru.

Nah, demikian itulah beberapa tahap atau tips cara meningkatkan penjualan di Tokopedia agar produk kamu makin banyak pengunjung dan pembeli. Selamat mencoba!

Baca Juga