fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Mengoptimalkan Konten Anda untuk Mendapatkan Backlink Alami

Yanti puspita

Banyak perusahaan dan pembuat konten independen berjuang untuk menemukan tempat mereka di dunia digital. Namun, banyak orang tidak menyadari potensi mengoptimalkan konten agar mendapatkan backlink alami di situs web-nya.

Konten yang saling terkait dengan banyak outbound link merupakan tanda bahwa sebuah website mendapatkan backlink alami berkualitas tinggi. Penelitian juga menunjukkan bahwa merek dengan konten blog berkualitas tinggi menerima 97% lebih banyak backlink ke situs web mereka. Anda bisa mendapatkan hal ini dengan mengoptimalkan konten agar mendapatkan backlink alami.

Cara Mengoptimalkan Konten untuk Mendapatkan Backlink Alami

Jika Anda sudah memiliki situs website online, maka salah satu langkah utama yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimalkan konten agar mendapatkan backlink alami di situs web bisnis Anda.

Dengan mengoptimalkan halaman web Anda, peluang situs Anda muncul di halaman pertama Google juga meningkat. Jadi bagaimana Anda mengoptimalkan konten agar mendapatkan backlink alami di situs web untuk bisnis Anda? Simak pembahasannya di bawah ini.

Identifikasi Audiens

Cara termudah untuk mengoptimalkan konten agar mendapatkan backlink alami adalah dengan mengidentifikasi siapa pembaca konten Anda. Konten harus di tulis secara berbeda untuk profesional pemasaran daripada untuk orang tua yang ingin membaca hal-hal aneh dari waktu ke waktu.

Anda dapat menggunakan alat pelacakan lalu lintas untuk mengidentifikasi siapa pengunjung website Anda dan melihat apakah rencana konten Anda saat ini sesuai dengan minat mereka. Karena Anda sedang mencari backlink, Anda tidak perlu khawatir tentang kata kunci dalam topik Anda.

Tapi Anda akan mengandalkan backlink ke konten di website Anda untuk mendorong lalu lintas website yang lebih ramai. Buat profil pengunjung dan lihat apakah Anda dapat menemukan konten percakapan yang tidak bergantung pada kata kunci, tren industri, atau konvensi yang Anda inginkan. Anda akan terkejut betapa banyak orang senang melihat konten orisinal tanpa beban SEO.

Riset Kata Kunci

Saat mengoptimalkan konten agar mendapatkan backlink alami, Anda perlu mendesainnya. Langkah pertama yang sangat penting adalah memahami cara orang mengetik kata kunci di mesin pencari Google untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan.

Bagaimana melakukannya? Untuk hal ini Anda bisa meriset kata kunci menggunakan beberapa tools yang kini sudah banyak tersedia.

Gunakan Kata Kunci Yang Mengandung Domain

Banyak orang mengatakan bahwa kata kunci dalam domain adalah hal yang buruk karena dapat di anggap sebagai spam oleh mesin pencari. Oleh karena itu, domain tidak boleh mengandung kata kunci. Tetapi memasukkan kata kunci dalam domain pasti akan membantu  mengoptimalkan konten agar mendapatkan backlink alami.

Misalnya saat membuat website tentang penyedia jasa SEO atau jasa backlink, Anda bisa menggunakan domain Gudangbacklink.com, Rajaseo.com, dan sebagainya. Lalu untuk contoh domain yang tidak menggunakan kata kunci biasanya berupa website perusahaan.

Kata kunci dasar dalam domain tidak pernah berbahaya bagi situs web Anda, dan hanya berlaku untuk situs spam, dan tentu saja Anda tidak berencana membuat situs spam, bukan? Jadi lebih baik menggunakan kata kunci tertentu di domain situs Anda. Disarankan juga untuk menggunakan ekstensi yang sesuai dengan bisnis inti Anda, misalnya ekstensi .com untuk situs komersial.

Gunakan Platform yang Tepat

Tidak masalah jika Anda ingin  mengoptimalkan konten agar mendapatkan backlink alami menggunakan platform pilihan Anda. Namun, jika Anda ingin menjadikan situs Anda ramah di mesin pencari dan ramah pengguna, platform WordPress adalah pilihan terbaik.

Di platform WordPress, Anda juga bisa memasang berbagai plugin yang bisa membantu aktivitas SEO dan juga membantu tampilan situs menjadi lebih baik.

Gunakan Permalinks Secara Efektif

Pastikan setiap permalink posting berisi judul posting. Permalink sangat membantu untuk mendapatkan backlink alami dan juga membantu aktivitas SEO Anda. Oleh karena itu, di sarankan Anda menggunakan platform WordPress karena akan lebih mudah bagi Anda untuk mengubah pengaturan permalinks di WordPress.

Instal Plugin SEO

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, mengoptimalkan konten agar mendapatkan backlink alami menggunakan platform WordPress bisa mendukung plugin yang dapat membantu SEO situs Anda. Beberapa plugin WordPress yang membantu SEO situs web Anda adalah:

  • Yoast WP SEO atau Paket SEO All In One
  • Peta Situs Google XML
  • Gambar SEO Friendly

Buat Konten Asli

Dalam mengoptimalkan konten agar mendapatkan backlink alami ada beberapa perdebatan tentang seperti apakah konten berkualitas itu. Ada yang mengatakan konten tersebut minimal harus 500 kata,  dan ada yang mengatakan konten tersebut minimal harus 700 kata, namun kenyataannya tidak ada yang lebih baik dari konten yang asli.

Buat konten untuk pembaca Anda, buat cara bagi mereka untuk membaca semua konten Anda berulang kali. Seperti yang dikatakan Google sendiri bahwa konten adalah raja, maka Anda perlu terus mengupdate website Anda dengan konten yang original dan menarik untuk di baca.

Mengimplementasikan Konten Multimedia

Salah satu cara terbaik untuk mengoptimalkan konten agar mendapatkan backlink alami adalah menyajikan konten selain tulisan. Memperkenalkan konten multimedia ke situs web Anda adalah salah satu hal yang bisa Anda lakukan. Video, gambar, animasi, dan podcast adalah cara yang bagus untuk mengintegrasikan rencana konten Anda dari waktu ke waktu.

Orang lebih suka melihat berbagai konten yang dapat mereka lihat dan dengarkan daripada membaca secara eksklusif. Anda juga dapat memasukkan multimedia ke dalam artikel tertulis Anda untuk menegaskan maksud Anda dan memperkuat klaim Anda. Multimedia apa pun yang Anda pilih untuk ditempatkan di situs web harus terlebih dahulu dihosting di layanan pihak ketiga.

Ini di lakukan untuk mencegah waktu muat yang lambat dan memastikan bahwa situs Anda dapat diakses oleh semua orang. Penelitian menunjukkan bahwa 81% pengguna online mengikuti apa pun detail yang mereka baca. Ini dapat di ubah dengan mengizinkan orang untuk menikmati video, mendengarkan wawancara, atau melihat grafik yang dirancang dengan rapi.

Berkomunikasi Dengan Audiens

Berkomunikasi dengan audiens Anda adalah salah satu cara mengoptimalkan konten agar mendapatkan backlink alami. Pastikan untuk membalas setiap komentar yang muncul di situs web Anda dan berinteraksi dengan audiens Anda setiap ada kesempatan. Ini berlaku untuk situs web dan saluran media sosial.

Obrolan langsung juga siap menjadi lebih populer, dengan pertumbuhan diperkirakan mencapai 87% di tahun depan. Semakin Anda terlibat dengan audiens situs web Anda, maka semakin tinggi peringkat Anda di SERP dan menarik pembaca baru. Ini akan membangun komunitas di situs web Anda dan memastikan Anda mendapatkan backlink yang berkualitas.

Jadi, demikianlah beberapa strategi tentang cara mengoptimalkan konten agar mendapatkan backlink alami untuk bisnis Anda. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi Anda dan website yang Anda kelola.

Baca Juga