fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Mengenal Struktur Navigasi Web Penting Untuk Dipahami

Yodik Prastya

Apakah Anda pernah kesulitan mencari informasi di sebuah situs web? Atau mungkin pernah merasa terjebak dalam loop tanpa arah saat mencari konten yang Anda butuhkan?

Masalah seperti itu dapat dihindari jika situs web memiliki struktur navigasi yang baik dan mudah dipahami. Struktur navigasi web adalah salah satu elemen penting dalam desain situs web yang membantu pengguna untuk menavigasi situs dengan mudah dan efisien.

Pada artikel ini, kita akan membahas apa itu struktur navigasi web dan bagaimana struktur yang baik dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna di situs web.

Mengenal Struktur Navigasi Website

Struktur navigasi website adalah salah satu elemen penting dalam desain website yang memungkinkan pengunjung untuk menavigasi dan menemukan konten yang mereka butuhkan dengan mudah. Ada beberapa jenis struktur navigasi website yang umum digunakan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Navigasi Horizontal

Navigasi horizontal adalah tipe navigasi yang paling umum digunakan pada website. Navigasi ini biasanya terletak di bagian atas halaman dan terdiri dari menu horizontal dengan beberapa pilihan. Navigasi horizontal sangat mudah dipahami dan mudah diakses, sehingga banyak digunakan pada website bisnis dan e-commerce.

2. Navigasi Vertikal

Navigasi vertikal adalah tipe navigasi yang umum digunakan pada situs web yang memiliki banyak halaman atau konten. Navigasi ini biasanya terletak di sisi kiri atau kanan halaman dan terdiri dari menu vertikal dengan beberapa pilihan. Navigasi vertikal sangat mudah dipahami dan memberikan tampilan yang bersih pada halaman.

3. Dropdown Menu

Dropdown menu adalah jenis navigasi yang memungkinkan pengunjung untuk memilih dari beberapa pilihan pada menu yang lebih rinci. Ketika pengunjung mengklik menu, daftar pilihan akan muncul dan mereka dapat memilih pilihan yang mereka inginkan.

Dropdown menu sangat efektif untuk mengelompokkan banyak konten dalam kategori yang lebih spesifik dan memudahkan pengunjung dalam menemukan informasi yang mereka butuhkan.

4. Sidebar Menu

Sidebar menu adalah jenis navigasi yang biasanya terletak di sisi kiri atau kanan halaman.

Sidebar menu biasanya terdiri dari beberapa menu yang mudah dipahami, yang memungkinkan pengunjung untuk menavigasi situs web tanpa perlu mengklik ke halaman lain. Sidebar menu sangat berguna pada situs web dengan banyak konten dan kategori.

5. Breadcrumb

Breadcrumb adalah jenis navigasi yang menunjukkan letak pengunjung di situs web dan memberikan navigasi balik ke halaman sebelumnya. Breadcrumb sangat berguna untuk memudahkan pengunjung dalam menavigasi situs web, terutama jika situs web memiliki banyak halaman dan subhalaman.

6. Mega Menu

Mega menu adalah jenis navigasi yang lebih besar dan lebih rinci daripada dropdown menu atau navigasi horizontal biasa.

Mega menu biasanya mencakup beberapa kategori yang lebih spesifik dan menawarkan navigasi yang lebih dalam ke situs web. Mega menu sangat efektif untuk situs web e-commerce dan bisnis besar dengan banyak konten.

Manfaat Struktur Navigasi Website

Struktur navigasi website dapat dibandingkan dengan peta bagi pengunjung yang datang ke situs web Anda. Tanpa adanya struktur navigasi yang jelas, pengunjung akan tersesat dan kesulitan menemukan konten yang mereka cari.

Namun, dengan adanya struktur navigasi yang baik, pengunjung dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Salah satu manfaat unik dari struktur navigasi website adalah memudahkan pengunjung untuk merasa seolah-olah mereka sedang menjelajahi sebuah kota atau dunia yang baru.

Dengan navigasi yang jelas dan intuitif, pengunjung dapat menemukan halaman dan konten baru yang menarik perhatian mereka. Hal ini menciptakan pengalaman yang lebih menarik dan mengundang pengunjung untuk lebih lama menjelajahi situs web Anda.

Penutup

Ketika memilih jenis struktur navigasi website yang tepat, pastikan untuk mempertimbangkan ukuran situs web, jenis konten, dan preferensi pengunjung. Sebuah struktur navigasi yang baik dan efektif akan membantu pengunjung dalam menavigasi situs web dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Baca Juga