fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Mengenal Manfaat Teknologi Drone untuk Kehidupan

Wiliam

Kemajuan teknologi semakin hari memang semakin mencengangkan. Tak hanya soal komunikasi saja, beberapa inovasi canggih turut hadir dan membantu aktivitas manusia. Sebutlah teknologi drone, inovasi satu ini sedang hype  belakangan karena keberadaannya sangat memudahkan aktivitas manusia dalam beberapa hal.

Drone sendiri pakan alat yang berupa pesawat atau mesin terbang tanpa awak yang bisa dikendalikan secara jauh menggunakan remote. Dengan memanfaatkan hukum Aerodinamika, teknologi drone ini bisa terangkat dan membawa muatan tertentu.

Sekilas, alat ini seperti mainan anak-anak. Namun, siapa sangka jika teknologi drone amat bermanfaat untuk kehidupan terutama pada penanggulangan bencana. Bahkan, beberapa kasus yang ada sekarang memanfaatkan teknologi drone  untuk mempermudah proses evakuasi dan identifikasi di tempat kejadian.

Mengenal Teknologi Drone: Pesawat Tanpa Awak

Pada mulanya, Drown dimanfaatkan dalam misi militer saja dengan tujuan meminimalisir gugurnya prajurit di Medan pertempuran. Seiring perjalanan waktu, drone dipakai masyarakat secara luas tapi dengan syarat pemilik bisa mengoperasikan dan sudah mengantongi izin menerbangkan drone. 

Jika dulunya teknologi drone hanya terbatas pada bidang militer saja, sekarang sudah bisa dengan mudah kita jumpai di berbagai kepentingan. Artikel kali ini, kita akan lebih dalam mengulas apa saja manfaat teknologi drone kehidupan manusia. Jadi simak ulasan berikut ini hingga habis.

Manfaat Besar Teknologi Drone untuk Kehidupan

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita jumpai dari penggunaan drone  di kehidupan sehari-hari:

1. Alat Untuk Membantu Penanggulangan Bencana

Manfaat teknologi Drown yang pertama adalah membantu Tim sar menanggulangi bencana. Beberapa kejadian memang secara akses sulit ditempuh, dan kehadiran roman bisa jadi solusi karena kemampuan nya menjangkau daerah yang tidak bisa ditempuh manusia. Itu saja, Drown juga dimanfaatkan dalam mencari jalan terbaik untuk Tim SAR mencapai titik dimana korban berada.

2. Sebagai Alat Membantu Perawatan Infrastruktur

Manfaat teknologi berikutnya sebagai alat untuk membantu perawatan berbagai infrastruktur. Karena kemampuan nya menjangkau area yang sulit, seperti terbang tinggi menjadikan drone Yang dimanfaatkan untuk mengecek area gedung-gedung tinggi

Ini membantu petugas untuk mengidentifikasi infrastruktur yang kemungkinan mengalami kerusakan dan mencari cara untuk memperbaikinya. Andres kak secara tidak langsung bisa membantu proses maintenance menjadi lebih aman. Sebab, petugas tidak harus melakukan pengecekan terlebih dahulu hanya untuk melihat bentuk kerusakan yang ada di atas gedung tinggi atau lain sebagainya.

3. Alat untuk Melakukan Patroli

 Berikutnya digunakan untuk membantu patroli perbatasan. Sebutlah para petugas yang memiliki pekerjaan mengawasi suatu wilayah perbatasan. Pemantauan dengan memanfaatkan drone bisa berjalan lebih cepat dan efisien. Selain itu, ada beberapa hukum yang diberlakukan di daerah perbatasan, dan tentunya  para petugas yang menjaga daerah tersebut bisa dengan mudah memantau dan memberikan tindakan apabila terjadi pelanggaran.

4. Bermanfaat di Bidang Pertanian

Manfaat drone  selanjutnya yakni di bidang pertanian, difungsikan agar pemberian pupuk bisa berlangsung lebih cepat. Para pemilik ladang ataupun perkebunan yang wilayahnya cukup luas, tentu akan merasa terbantu dengan kehadiran teknologi satu ini. Tak hanya pemberian pupuk saja, pembasmian hama seperti burung tikus dan lainnya pun bisa teratasi lebih cepat.

5. Fotografi

Karena drone ini bisa digunakan secara bebas asal  mengantongi izin, banyak anak muda yang memanfaatkan teknologi tersebut untuk kepentingan Fotografi. Mengingat peluang bidang pekerjaan satu ini cukup menjanjikan di era sekarang, drone menjadi salah satu alat yang bisa membuat hasil foto lebih keren.

Beberapa instansi menginginkan foto atau video mereka diambil dari ketinggian, dengan memanfaatkan drone tentu semua itu bisa terealisasi dengan mudah.

6. Membantu Memadamkan Api

Manfaat selanjutnya dari teknologi drone  adalah membantu petugas kebakaran dalam memadamkan api. Drone ini bisa dipasangkan tangki berisi air maupun bahan khusus untuk melakukan pemadaman api yang jangkauannya luas. Kemampuan drone  memasuki area yang sulit tentu menjadikan alat satu ini lebih unggul dibanding alat lainnya.

7. Membantu Pemetaan Wilayah

Berikutnya bermanfaat pula untuk  petugas yang melakukan Pemetaan wilayah. Kegiatan ini sangat dibutuhkan dalam sektor pertambangan, militer, maupun pembukaan lahan baru. Melalui teknologi drone, pemetaan bisa dilakukan secara cepat dan lebih detail.

8. Membantu Jurnalis untuk Meliput

Drone memang bermanfaat untuk semua sektor pekerjaan, termasuk para jurnalis. Keberadaan drone  bisa membantu mereka meliput kejadian di area yang sulit ditempuh. Seperti pada kawasan yang mengalami bencana alam, peperangan, ataupun demonstrasi. Menggunakan teknologi drone, jurnalis bisa meliput secara langsung sehingga penonton memperoleh informasi lebih akurat dan detail.

Alat satu ini juga meminimalisir para jurnalis mengalami insiden karena harus berdesakan dengan anggota pers lain atau beberapa penduduk yang mungkin ada di kejadian tersebut.

9. Digunakan untuk Berbagai Event

Selain itu, drone  dimanfaatkan untuk memaksimalkan sebuah event. Beberapa acara memang dirancang lebih Spektakuler salah satunya dengan memanfaatkan sebuah drone . Fungsinya sangat banyak, tapi sebagai salah satu contoh drone seringkali dimanfaatkan untuk membentuk barisan tertentu dan menghasilkan bayangan sesuai yang telah disetting sebelumnya.

10. Digunakan dalam Berbagai Penelitian

Manfaat drone yang terakhir adalah digunakan berbagai penelitian terkait objek berupa ekosistem, tanah, ataupun wilayah. seorang peneliti pasti akan terbantu karena mencari informasi detail dari jarak jauh tentu lebih efisien dibanding harus mendatangi tempat tersebut satu persatu.

Nah itulah informasi seputar manfaat teknologi drone untuk berbagai sektor pekerjaan dan kehidupan manusia. Siapa pun yang memiliki alat ini, sebisa mungkin menggunakannya secara bijaksana.

Baca Juga