fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Mengenal Google Collab Beserta Manfaatnya

Wiliam

Saah satu produk yang dikeluarkan oleh google yaitu google collab. Dengan adanya produk ini memungkinkan Anda untuk menulis dan mengedit program. Produk ini memang belum diketahui secara umum karena memang hanya biasanya hanya digunakan oleh orang yang membutuhkan coding environment, misalnya para programmer dan developer. 

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui tentang google colab dengan lebih dalam, Anda berada di artikel yang tepat sebab berikut ini akan dijelaskan tentang apa itu google colab dan manfaatnya. 

Apa Itu Google Colab?

Google collaboratory atau dikenal dengan google collab adalah sebuah tools dari google yang memungkinkan Anda untuk bisa menulis, mengedit dan membagikan program baik yang baru dibuat ataupun yang sudah tersimpan digoogle drive. Dengan adanya tools ini, Anda tidak perlu lagi menginstal software tambahan sebab dengan memiliki akun google, Anda sudah bisa menyimpan file python ke drive. 

Bagi Anda yang merupakan programer pemula, tools ini patut untuk Anda coba, utamanya jika ingin belajar python. Apalagi google collab memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dengan tim sehingga mendukung kerjasama tim. Saat Anda menggunakan fitur kolaborasi Anda dan tim bisa mengedit program bersama-sama, sama seperti saat mengedit di google docs. 

Google collab memungkinkan Anda menjalankan program python tanpa harus menginstal software tertentu. Setup sepenuhnya mengAndalkan cloud sehingga lebih lowong penyimpanan pada perangkat yang Anda gunakan. 

Apa Saja Manfaat Google Collab?

Sama seperti tools google lainnya, Keberadaan google collab tentu memiliki manfaat tersendiri, beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Berbasis Cloud

Manfaat google collab yang pertama yaitu berbasis cloud sehingga tidak memakan memori pada perangkat yang digunakan. 

Memang ada beberapa tools yang fungsinya sama dengan google collab, misalnya Jupyter Notebook. Yang mana jika ingin menggunakannya memang tidak perlu menginstal software khusus di komputer, namun saat ingin menyimpannya Anda tetap membutuhkan ruang sebab hasil edit yang dikerjakan tersebut perlu disimpan pada penyimpanan lokal. 

Berbeda dengan google collab yang penyimpanannya bisa lebih mudah yaitu di google drive sehingga tak perlu menggunakan ruang di komputer Anda. Yang mana, Anda bisa membuka kembali file tersebut di perangkat manapun asalkan akun google Anda sudah login. 

Namun, Selain menyimpan di google drive, Anda juga bisa menyimpannya di penyimpanan lokal jika khawatir dengan privasi dan keamanan. 

2. Build And Machine Learning Yang Lengkap

Manfaat google collab selanjutnya adalah built dan machine learning yang lengkap. Fitur build and machine ini merupakan salah satu fitur di google collab yang cukup populer dan memberikan manfaat yang besar bagi penggunanya. 

Dengan fitur tersebut, pengguna bisa mengimpor data gambar, mengklasifikasikan gambar dan mengevaluasi model. 

3. Kolaborasi Tim Yang Mudah

Manfaat selanjutnya dari adanya Google collab yaitu kolaborasi tim yang mudah dilakukan. Hal ini karena memiliki sebuah fitur kolaborasi yang memungkinkan setiap orang yang memiliki link dan diizinkan oleh pembuat link tersebut untuk mengaksesnya. Selain melihat file tersebut, setiap orang bisa yang diizinkan bisa langsung mengedit file tersebut. 

Fitur kolaborasi ini bisa nanti manfaatkan ketika dokumen atau file yang ingin ditulis dan diedit oleh tim di upload ke Google Drive. 

4. Fitur TPU Dan GPU

Selanjutnya, Google collab memberikan manfaat berupa fitur TPU dan GPU secara gratis yang dapat digunakan untuk menyelesaikan membuat dan menyelesaikan proyek nasional learning pribadi anda. Di beberapa proyek, akselerasi GPU dan TPU ini memberikan perbedaan yang cukup signifikan bahkan pada proyek sekecil apapun.

Google collab yang menggunakan research Google membuat operasi neural Network optimization tidak akan membuat processor Anda kacau sehingga kipas pendingin pada perangkat yang Anda gunakan tidak akan kepanasan. 

5. Fleksibel 

Manfaat lainnya dari adanya Google collab yaitu penggunaannya yang fleksibel dalam hal ini Anda tidak perlu membuka komputer atau laptop untuk mengedit file Anda melainkan bisa menjalankan source code menggunakan HP pribadi asalkan HP tersebut terhubung pada akun Google Drive. 

Tak hanya penggunaan perangkat yang fleksibel, akses terhadap file yang ingin diedit tersebut lebih mudah dan dapat diakses oleh banyak orang. 

Bagaimana Cara Menggunakan Google Collab?

Nah, setelah tahu apa itu google collab dan manfaatnya, berikut ini akan dibahas bagaimana cara menggunakan tools tersebut. 

  • Buat folder di google drive

Pertama, untuk menggunakan Google collab Anda harus login pada akun Google dan masuk di menu Google Drive. Setelah itu tambahkan folder pada Google Drive tersebut. Caranya cukup mudah, tekan tombol Tambah di pojok kiri atas setelah itu pilih buat Folder Baru

  • Buat notebook google collab

Setelah Anda berhasil membuat folder di Google Drive, masuk ke folder tersebut kemudian buat Google collab. Caranya sangat mudah, Klik tanda Tambah lalu More lalu google kolaborator. 

  • Tulis kode program

Selanjutnya Anda sudah bisa menuliskan kode program pada halaman editor yang muncul. Di bagian ini Anda bisa menulis kode dengan banyak baris sesuai kebutuhan Anda. 

  • Jalankan kode program

Setelah seluruh kode ditulis, selanjutnya Anda bisa coba menjalankan program tersebut titik caranya sangat mudah, klik menu run time lalu jalankan semua. Jika kode yang anda tuliskan tidak bisa dijalankan atau terjadi error, artinya ada kode yang ditulis dengan keliru. 

Itulah beberapa informasi terkait google collab. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan para pembaca. 

Baca Juga