fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Mengenal Apa Itu WP Super Cache, Optimalkan Caching dengan Mudah

Yodik Prastya

Apa itu WP Super Cache adalah salah satu pertanyaan yang sering muncul di kalangan pemilik website yang ingin lebih mengoptimalkan website mereka.

Ini karena penggunaan tool caching selalu disarankan untuk meningkatkan kinerja website, menekan penggunaan bandwith, memaksimalkan pengalaman pengguna sekaligus menunjang SEO. Nah, apabila Anda juga sedang bertanya-tanya, silakan simak penjelasan di bawah.

Apa Itu WP Super Cache: Pengertian, Fungsi dan Kelebihannya

WP Super Cache adalah plugin untuk WordPress yang digunakan untuk konfigurasi cache. Plugin yang satu ini dikenal lebih sederhana dibanding kompetitornya, namun tetap mampu menjanjikan fungsionalitas yang ideal untuk berbagai jenis website, bahkan untuk menangani traffic tinggi sekalipun. Plugin ini cenderung mengutamakan kemudahan penggunaan, membuatnya ideal bagi para pemula.

WP Super Cache ini dibuat oleh perusahaan yang juga memperkenalkan WordPress, yaitu Automattic. Tak mengherankan jika plugin ini kemudian mendukung sinkronisasi dengan Content Delivery Network (CDN) dengan optimal. Hal ini berkontribusi positif terhadap pilihan pengguna dalam menaikkan kecepatan memuat situs.

Plugin ini berfungsi untuk membuat file statis HTML untuk ditampilkan ke pengunjung situs, menjadikannya sebagai opsi yang lebih efisien dibandingkan proses script PHP yang cenderung lebih lama dan membutuhkan biaya lebih. Menariknya, pengguna bisa memilih metode mana yang digunakan untuk menampilkan file yang sudah di-caching tersebut.  

Metode Yang Ditawarkan

Metode yang ditawarkan pada plugin ini antara lain:

  • Expert: opsi cara yang paling cepat demi kecepatan loading website meskipun traffic sedang mengalami peningkatan signifikan
  • Simple: pilihan yang tak secepat Expert, namun masih memungkinkan file dinamis untuk ditampilkan
  • WP-Cache caching: opsi percepatan yang dilakukan dengan manajemen log in user sehingga kunjungan pengguna lebih optimal  

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk menggunakan WP Super Cache ini setup yang perlu dilakukan oleh pengguna terbilang mudah saja. Hal ini dikarenakan opsi fitur yang sepertinya sudah disederhanakan. Wajar saja, karena plugin ini juga menyasar pengguna yang memiliki server dengan sumber daya yang terbatas. 

Segera setelah plugin diinstall dan diaktifkan, pengguna bisa mengakses plugin ini dari dashboard kemudian buka Settings lalu klik WP Super Cache. Setelah berada di pengaturan plugin WP Super Cache, akan ada 2 opsi untuk mengelola caching. Pengguna hanya perlu memilih opsi Caching On lalu klik pada Update Status.

Kelebihannya

Selain kemudahan dalam hal penggunaannya di atas, masih ada kelebihan lain yang bisa Anda pertimbangkan dari WP Super Cache ini, antara lain:

  • Mendukung opsi untuk menentukan posisi pemuatan plugin di website yang memungkinkan Anda untuk memprioritaskan plugin tertentu
  • Fitur extensive mod_rewrite, untuk caching statis yang jauh lebih cepat dibanding dengan caching melalui script PHP
  • Kompresi halaman secara otomatis
  • Mendukung penjadwalan cache
  • Mendukung penggunaan sistem CDN
  • Mendukung migrasi konfigurasi caching ke situs tambahan (fungsi export)
  • Mendukung tampilan mobile

 Salah satu hal lain yang juga membuat plugin yang satu ini banyak dicoba oleh para pemula adalah biaya yang dikeluarkan. Untuk menggunakan plugin powerful yang ramah pemula ini, pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Gratis untuk memanfaatkan segala fitur, fungsi dan keandalan yang ditawarkan.

Kesimpulan

Sudah lebih memiliki gambaran tentang apa itu WP Super Cache, fungsi dan kelebihannya? Dengan karakteristiknya ini, tak salah jika kemudian plugin caching ini banyak direkomendasikan. Plugin ini dikenal mudah dipelajari dan digunakan, handal dan gratis sehingga layak untuk Anda pertimbangkan.

Baca Juga