fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Mengenal Apa Itu W3 Total Cache, Plugin Handal yang Layak Dipertimbangkan

Yodik Prastya

Sedang mencari apa itu W3 Total Cache? Ya, nama plugin yang satu ini sering direkomendasikan bagi pemilik website yang ingin meningkatkan kinerja websitenya. Tool caching menjadi salah satu alat yang dapat menunjang efisiensi situs hingga kemudian membuatnya lebih cepat dimuat dan lebih efektif menghasilkan konversi

Apa Itu W3 Total Cache

Seperti yang Anda tahu bahwa caching memungkinkan konten statis di website dapat disimpan dan ditampilkan kembali lebih cepat. Hal ini tentu akan meningkatkan pengalaman pengguna karena mereka tidak perlu menunggu lama untuk konten-konten yang sifatnya tetap. Salah satu alat yang wajib dipertimbangkan untuk kemampuan ini adalah plugin caching.

W3 Total Cache adalah plugin cache untuk WordPress yang menawarkan fungsi konfigurasi caching pada website. W3 Total Cache dikembangkan oleh Frederick Townes yang merupakan CTO dan Senior Technical Advisor Mashable. Saat ini, plugin yang juga dikenal sebagai W3TC ini dikelola dan didukung agensi W3 Edge yang juga milik Frederick.

W3TC ini menawarkan fungsi yang terbilang lengkap dan ditunjang berbagai fitur pendukung yang dapat memudahkan developer untuk mengoptimalkan caching. Menariknya lagi, plugin ini diklaim mampu meningkatkan kinerja dan kecepatan website hingga 10 kali lipat. Ini karena W3TC didukung kemampuan untuk melakukan minify (HTTP, CSS, JavaScript) dan kompresi yang menghemat bandwith didukung pengaturan rendering situs.

Beberapa Kelebihan W3 Total Cache

Kinerja W3 Total Cache juga disebut tak terikat dengan provider hosting yang dipakai oleh pengguna sehingga bisa saja digunakan pada server dengan sumber daya terbatas sekalipun. Kelebihan yang ditawarkan W3 Total Cache antara lain:

  • Fitur pre-caching yang mendukung pengaturan interval, lokasi caching (disc maupun memori)
  • Mendukung minification berbagai jenis file dan database
  • Terintegrasi dengan baik ke CDN  
  • Mendukung import attachment post ke CDN maupun pustaka media WordPress secara langsung
  • Mendukung Cache-Control general-header field
  • Mendukung caching Accelerated Mobile Pages (AMP)
  • Menawarkan caching hasil pencarian maupun objek database
  • Mendukung software dari Cloudflare dan New Relic maupun plugin WPML
  • Versi premium W3TC juga mendukung sertifikat Secure Socket Layer (SSL) untuk meningkatkan keamanan data yang di-cache sekaligus menunjang SEO

Setelah melakukan instalasi plugin W3 Total Cache, pengguna kemudian bisa mengakses menu Performance di dashboard WordPress setelah mengaktifkan plugin tersebut. Setup untuk mulai menggunakan plugin ini bisa dilakukan dari bagian Performance kemudian masuk ke General Settings. selanjutnya, pengguna bisa mengubah pengaturan sesuai keinginan lalu klik Save all Settings untuk menyimpan perubahan.

Untuk setelan lanjut, W3 Total Cache mungkin bisa cukup membingungkan, utamanya bagi para pemula. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pengaturan untuk minify JavaScript dan CSS. Belum lagi pengaturan opsi dan fitur untuk caching object, yang kemudian menjadikan plugin ini mungkin lebih ideal bagi pengguna yang memiliki kemampuan dan pengetahuan tingkat lanjut.

Namun bukan berarti plugin ini tidak bisa dipakai oleh pemula. Pengembang plugin ini sudah menyiapkan dokumentasi seperti panduan dengan Frequently Asked Questions (FAQ) yang memungkinkan para pengguna mempelajari berbagai topik sesuai progress belajar mereka. Selain itu, popularitas plugin ini membuatnya memiliki basis pengguna yang melimpah untuk berbagi informasi.

Plugin W3 Total Cache ini tersedia dalam 2 versi, yaitu gratis dan berbayar. Untuk versi gratis, pengguna sudah bisa memanfaatkan seluruh fitur dan framework. Sementara untuk versi berbayar, pengguna harus membayar $99 atau sekitar Rp1.380.000. Selain itu, untuk mendapatkan layanan bantuan premium, performance auditing, troubleshooting dan layanan konfigurasi penuh, pengguna perlu membayar mulai $250 (sekitar Rp3.480.000) hingga $350 (sekitar Rp4.870.0000)

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang apa itu W3 Total Cache dan beberapa kelebihan yang bisa jadi tambahan referensi saat mempertimbangkan plugin caching ini. Bisa dikatakan plugin ini menjanjikan fitur dan fungsionalitas hingga bantuan terbaik untuk meningkatkan kinerja website. Faktor keandalan juga menjadi alasan lain mengapa plugin ini jadi salah satu rekomendasi terpopuler.

Baca Juga