fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Digital MarketingBusinessTips & Trik

Mengenal Apa Itu Promosi, Jenis, dan Contohnya

Yanti puspita

Mengenal Apa Itu Promosi – Setiap hari ada saja promosi yang dilakukan dengan cara awal. Seperti di mulai dari percakapan kecil dengan teman atau keluarga.

Hingga media cetak, billboard atau papan reklame di jalan, radio, televisi, internet, dan lain-lain perlu mendengar kata-kata iklan.

Namun mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui tujuan dari promosi, jenis promosi, dan contohnya agar jualan Anda lebih laris. Pada artikel berikut akan kami jelaskan dengan rinci semua hal tentang promosi.

Apa itu Promosi?

Maari kita mengenal apa itu promosi. Promosi bisa di katakan sebagai pertukaran antara pembeli dan penjual. Tentu peran penjual mencoba membujuk pembeli untuk membeli barang atau jasa mereka melalui promosi.

Hal-hal yang seperti inilah dapat membantu orang atau pelanggan mempelajari lebih lanjut tentang produk, layanan, atau perusahaan.

Hal ini juga membantu untuk meningkatkan citra publik perusahaan. Cara pemasaran ini juga dapat menangkap minat pembeli dan mendapatkan pelanggan setia.

Periklanan adalah salah satu elemen dasar dari bauran pemasaran termasuk harga, produk, promosi dan tempat dan juga merupakan bagian dari paket atau rencana periklanan.

Kampanye tersebut mencakup penjualan pribadi, iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung dan juga dapat mencakup acara, pameran, dan bazar.

Inisiatif promosi penjualan biasanya menggabungkan beberapa bentuk promosi penjualan, misalnya bentuk bisnis (iklan), konsep (diskon), dan barang dagangan (kaos bermerek).

Faktanya, toko sepatu misalnya, akan beriklan di tiktok, menawarkan potongan harga untuk sepatu kelas atas dan berbagi kapan dan di mana mereka menjual.

Ada juga banyak metode dan alat promosi penjualan, dan metode promosi penjualan juga terus berkembang. 

Tujuan Promosi Secara Umum

Apakah Anda sudah paham dan mengenal apa itu promosi? Tak hanya itu saja, satu yang tidak boleh di lupa adalah semua pihak yang terlibat dalam pembiayaan harus mencapai tujuan dalam penjualan dengan cara berpromosi.

Mengacu pada definisi promosi tersebut, berikut adalah beberapa tujuan promosi yang diartikan secara umum:

  • Berikanlan informasi tentang produk (barang/jasa) kepada konsumen dengan detail.
  • Lebarkan cara berpromosi untuk mengait pelanggan baru dan pelihara loyalitas mereka.
  • Membantu meningkatkan penjualan dan meningkatkan keuntungan.
  • Bantu memperluas keunggulan Anda dan membedakannya dari produk pesaing. Tergantung keinginan perusahaan, merek atau menciptakan citra produk konsumen agar membeli.
  • Pengaruhilah dengan cara persepsi dan perilaku konsumen terhadap barang yang dijual.

Karena itulah secara umum tujuan utama promosi penjualan adalah untuk meningkatkan penjualan dan laba usaha. 

Jenis dari Tujuan Promosi

Ada banyak jenis promosi dengan menawarkan produk atau layanan yang berbeda juga di pasarkan dengan cara yang berbeda dan melalui media yang beda pula. Berikut adalah jenis-jenis promosi yang perlu diketahui sebelum berjualan:

Promosi fisik

Promosi yang dimaksud yaitu dapat dilakukan melalui event-event khusus atau special event yang biasanya diselenggarakan di pameran, bazaar, festival, konser dan tempat lainnya. Biasanya penjual membuka menggunakan boot untuk menawarkan produk atau jasanya.

Manfaat promosi fisiki yang dilakukan secara langsung adlaah kemampuan untuk menghubungi calon pelanggan secara langsung.

Melihat langsung produk atau jasa yang ditawarkan, serta segera meminta dan menggunakan informasi apapun tentang produk atau jasa tersebut.

Meyakinkan calon konsumen untuk membeli produk atau jasa yang di tawarkan penjual saat itu. Karena interaksi tatap muka memungkinkan orang untuk membeli secara instan.

Kelemahan penjualan fisik adalah jumlah calon konsumen sangat terbatas, sebab hanya terjadi di lingkungan atau area tertentu (misalkan kantor, kampus, sekolah, dll).

Beriklan dengan media tradisional

Jenis iklan media tradisional ini mengacu pada penggunaan media cetak (seperti koran, majalah, tabloid, dll) dan media elektronik (seperti radio dan televisi), serta media luar ruang (seperti spanduk atau billboard atau baliho). .

Kelebihan dari cara berjualan melalui media tradisional ini adalah dapat menarik lebih banyak calon konsumen daripada dengan penjualan secara fisik karena media memiliki dampak yang sangat luas.

Kekurangan promosi secara tradisional seperti adalah sangat banyak memakan biaya. Sebab melibatkan media besar seperti televisi, penyedia billboard, dll. 

Berpromosi melalui media digital

Bentuk iklan media digital meliputi media online dan media sosial atau jejaring sosial. Ini adalah cara beriklan modern, karena teknologi terbaru (misalnya ponsel atau laptop) memungkinkan orang melihat produk atau layanan apa yang di iklankan.

Banyak pengusaha menggunakan media digital sebagai strategi promosi penjualan karena media digital saat ini merupakan cara yang paling efektif untuk menjangkau konsumen setiap hari.

Lebih dari 2,7 miliar orang di seluruh dunia menggunakan Internet, yaitu sekitar 40 persen dari populasi dunia. 67% pengguna internet di seluruh dunia menggunakan media sosial.

Keuntungan menggunakan media digital dalam periklanan adalah jumlah orang yang sangat banyak dapat di jangkau secara tepat waktu dan hemat biaya. Kelemahan promosi penggunaan media digital terletak pada banyaknya pesaing.

Pemasar menghadapi tugas sulit beriklan di media digital untuk menjadi lebih kreatif dan menarik daripada pesaing mereka.

Karena hemat biaya dan penyebarannya yang luas dan relatif cepat, inisiatif periklanan di atas saat ini di promosikan melalui media digital. 

Beberapa Contoh Promosi yang Efektif

Jika Anda sudah mengenal apa itu promosi? Apakah Anda sudah mengetahui pentingnya kegiatan promosi, tetapi tidak tahu cara mempromosikannya? Jangan khawatir, kami punya contohnya, antara lain sebagai berikut: 

1. Promosi dengan cashback

Contoh pertama dari periklanan yang efektif adalah pengenalan cashback. Cashback ialah pengembalian sejumlah uang tertentu setelah konsumen melakukan pembelian produk dan jumlah tertentu.

Cashback terus menjadi penawaran menarik bagi konsumen. Karena itu, beberapa perusahaan mengadakan berbagai event promosi dengan cashback yang menarik.

2. Promosi menggunakan Flash Sale

Promosi penjualan kilat adalah teknik promosi penjualan yang dapat di gunakan untuk menarik pelanggan dengan cepat

Selain itu ada contoh promosi penjualan yang efektif menggunakan flash sale ialah menjual produk dalam jumlah terbatas yang memberikan harga murah dengan waktu terbatas.

Mungkin Anda sudah tahu Flash Sale dari salah satu marketplace terbesar di Indonesia kan? Banyak calon pelanggan yang tidak mau melewatkan kesempatan langka ini. Produk yang di jual melalui flash sale hampir di pastikan akan segera habis terjual!

Mengingat fakta ini, banyak pedagang mulai rutin menggunakan langkah-langkah flash discount. Mungkin Anda salah satu yang mulai tertarik?

3. Collabs dengan Influencer

Seperti namanya, seorang influencer memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengikutnya, termasuk dalam hal pembelian produk. Nyatanya, 82% konsumen membeli produk yang direkomendasikan oleh influencer yang mereka ikuti!

Dalam keadaan seperti ini, bermitra dengan influencer untuk mempromosikan produk adalah strategi yang patut di coba. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang menjadikan influencer marketing sebagai strategi pemasaran mereka.

Nah, menggunakan influencer adalah salah satu contoh iklan yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk Anda.

4. Promosi menggunakan Buy 1 get 1

Buy 1 get 1 adalah cara yang biasanya dilakukan dengan cara mempromosikan produk melalui direct marketing.

Contoh promosi ini cocok untuk banyak jenis produk, anatara lain adalah produk rumah tangga hingga produk fashion dan kuliner.

Beli 1 dapat 1 adalah metode promosi yang menguntungkan baik bisnis maupun konsumen. Konsumen puas karena mendapat nilai tambah.

Bagi pemilik usaha, tahapan promosi ini cukup efektif untuk meluncurkan produk baru, namun tetap mendatangkan keuntungan yang lumayan.

Kampanye iklan ini memungkinkan Anda menjual lebih banyak produk karena konsumen sebenarnya membeli dua produk sekaligus. 

5. Gratis Free Ongkir

Untuk Anda yag ingin berjulan produk secara online, seringkali mereka menawarkan ongkir gratis. Karena dengan contoh periklanan ini para konsumen akan lebih leluasa untuk dapat menjangkau lokasinya tanpa harus takut akan biaya tambahan.

Bahkan, Anda juga bisa menawarkan pengiriman gratis jika Anda menyelesaikan penawaran melalui situs.

Anda bisa menggunakan WordPress, caranya cukup mudah yaitu dengan menginstal plugin Porto dan mengonfigurasi pengaturannya. Metode Free Ongkir ini dapat lebih meningkatkan penjualan online produk perusahaan Anda. 

Itulah cara mengenal apa itu promosi, jenis, dan contohnya. Pelajari lebih jauh lagi sehingga jualan yang Anda lakukan akan laris manis.

Baca Juga