fbpx

Mengenal Apa Itu GTMetrix Dan Cara Kerjanya

Selama ini masih banyak yang bertanya mengenai apa itu GTMetrix. Singkatnya, GTMetrix ini agar Anda tahu seberapa cepat dan Anda bisa langsung memperbaikinya.

GTMetrix merupakan sebuah platform yang memudahkan Anda dalam menguji keceatan website. Sebab hal paling penting dalam website adalah optimasi SEO. Anda akan merasa sia-sia saja ketika punya yang atraktif, namun tidak ditopang oleh kecepatan dalam memuat .

Jika hal tersebut terjadi pada Anda, akhrinya akan membuat Anda akan turun drastis di mata . Alhasil, situs Anda akan dikalahkan oleh kompetitor.

Apa Itu GTMetrix

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, GTMetrix adalah sebuah tools yang membantu Anda dalam melihat performa website. Tools tersebut didirikan oleh perusahaan asal Kanada yang bertujuan untuk membantu customer web . Bahkan tools ini sering dipakai oleh situs ternama, misalnya adalah Pingdom.

Selain itu, yang dimaksud dengan apa itu GTMetrix adalah tools yang mudah dibandingkan dengan yang lainnya. Bahkan bagi pemula, Anda bisa menggunakan tools ini hanya dengan beberapa kali melihat saja. Sebab di GTMetrix ini menggunakan kombinasi YSlow dan Google PageSpeed Insight dalam menghasilkan nilai situs.

Kemudian, Anda bisa menggunakan tools tersebut dalam 2 versi, berbayar dan gratis. Nah di bawah ini akan diulas mengenai cara menggunakan GTMetrix versi gratisan.

Bagaimana Cara Menggunakan GTMetrix untuk Tes Kecepatan Website?

Jadi selain mengetahui apa itu GTMetrix, Anda juga bisa tahu cara menggunakan tools tersebut. Mulai dari mendaftar akun wesbite hingga mengetahui hasil analisis website, kamu bisa melakukannya dengan mudah. Berikut diantaranya :

Baca Juga :  SEO Instan Versus Alami

1. Daftar Akun GTMetrix

Langkah pertama adalah mendaftarkan akun GTMetrix, Anda bisa mendaftar kapan saja secara gratis. Anda hanya tinggal berkunjung ke situs resmi GTMetrix, lalu klik tombol Sign Up pada pojok kanan atas. Setelah itu, akan muncul sidebar yang berisikan form pendaftaran akun.

Kemudian barulah Anda isi semua kolom tersebut dan klik Create an Account. Setelah itu, pihak GTMetrix akan mengirimkan email validasi pendaftaran. Anda bisa klik saja yang ada di email tersebut dan mulai menggunakan GTMetrix.

2. Tes Kecepatan Website

Anda akan memahami apa itu GTMetrix setelah Anda mencoba tes kecepatan situs. Setelah Anda masuk ke halaman login, maka Anda akan di bawa ke halaman utama dan silahkan Anda tulis website, lalu klik Analyze. Baru kemudian tools tersebut akan menganalisis kecepatan website. Selanjutnya tools tersebut akan memberikan hasil analisis website Anda, seperti GTMetrix Grade, Web Vitals, Top Issues, dan banyak lagi.

  • GTMetrix Grade merupakan sebuah hasil keseluruhan dari performa situs Anda,
  • Web Vitals merupakan sebuah hasil pengukuran beberapa elemen inti pada situs Anda,
  • Tab Speed Visualization adalah sebuah gambaran secara detail rentang waktu loading yang dibutuhkan dari situs Anda,
  • Tab Performance merupakan hasil tampilan secara rinci dan detail dari pengujian waktu loading website Anda. Pada bagian ini terdiri dari dua jenis, yakni Timings dan Performance Metrics,

Cara Kerja dan Lokasi Server GTMetrix

Sebenarnya, Anda bisa menggunakan GTMetrix tanpa akun. Namun direkomendasikan agar menggunakan akun dengan cara mendaftar terlebih dahulu. Sebab dengan demikian, Anda akan mendapatkan beberapa fitur menarik di dalamnya.

Baca Juga : GTMetrix Untuk Menganalisis Kecepatan Website

Baca Juga :  SSD Hosting VS Cloud Hosting, Apa Bedanya?

Setelah Anda mendaftar, Anda harus memilih lokasi tes kecepatan website. Sebab dengan memilih lokasi tersebut adalah salah satu faktor dalam tes di peniliaian . Sehingga, Anda harus memilih lokasi pengecekan kecepatan, sesuai dengan target pengunjung situs Anda. Di bawah ini merupakan lokasi yang tersedia di GTMetrix :

  • Dallas, USA
  • Hong Kong
  • London, UK
  • Mumbai, India
  • Sydney, Australia
  • Sao Paulo, Brazil
  • Vancouver, Canada

Dengan demikian, maka Anda bisa menggunakan semua browser untuk tools GTMetrix. Kemudian pada versi mobile, Anda harus menggunakan GTMatrix Premium dengan berlangganan. Sehingga, Anda lebih paham dengan apa itu GTMetrix secara lengkap.