fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Mengenal Apa Itu Dropbox Serta Manfaatnya

Yanti puspita

Mengenal Apa Itu Dropbox – Mendengar kalimat cloud storage sebagian besar dari kita sudah tidak asing lagi dengan penyimpanan data online atau virtual yang sering dikatakan oleh orang-orang. Nah, Dropbox adalah salah satunya. Singkatnya, Dropbox merupakan platform penyimpanan cloud yang mudah digunakan, murah bahkan gratis.

Saat ini, penyimpanan cloud seperti Dropbox sangat diminati oleh banyak orang. Anda dapat dengan mudah melakukan berbagai fungsi seperti Menyimpan file, mengunggah dan mengunduh file atau dokumen penting hanya dengan menggunakan koneksi internet. Sangat menarik, bukan?

Dalam pembahasan kali ini mari kita lihat lebih dekat mengenal apa itu Dropbox, berapa banyak kapasitas penyimpanan yang dimiliki Dropbox, dan manfaat yang diberikan Dropbox saat anda menggunakannya. Simak artikel pembahasannya di bawah ini sekarang, Sobat!

Apa Itu Dropbox?

Seperti yang telah kita bahas secara singkat di atas, mengenal apa itu Dropbox merupakan penyimpanan cloud yang memudahkan pengguna untuk menyimpan file di server. Selain itu, Dropbox merupakan layanan penyimpanan cloud pribadi atau terkadang disebut layanan backup online yang banyak digunakan untuk berbagi file.

Dropbox juga tersedia untuk sistem operasi desktop Windows, Mac, dan Linux. Dropbox juga sebagai aplikasi untuk iphone, ipad, dan perangkat android.

Apk ini juga dikenal sebagai sistem penyimpanan cloud paling populer di pasaran karena terus meningkatkan fiturnya dan cukup andal dalam penyimpanan cloud.

Informasi dan data yang bisa tersimpan pada dropbox seperti: gambar, video, dokumen, aplikasi, dll. Setelah anda mentransfer data, dropbox membuat dan menyimpan semua file anda di cloud dan mencadangkan datanya. Dengan cara ini file dapat dibuka dan dapat digunakan lagi kapan saja.

Kapasitas Penyimpanan Dropbox

Dropbox memiliki dua versi yaitu gratis dan berbayar. Untuk kapasitas penyimpanan gratis, dropbox menyediakan penyimpanan sebesar 2 GB dan juga penyimpanan hingga 100 GB pada paket berbayar.

Pilihan lainnya juga di sediakan pada dropbox for bussiness. Di mana paket tersebut menyediakan penyimpanan mulai dari 3000 GB hingga pada paket advanced yang menyediakan ruang penyimpanan tidak terbatas. 

Pemilihan paketnya juga dapat di sesuaikan dengan kebutuhan anda. Dropbox juga memudahkan untuk menyimpan data dalam jumlah besar dan meminimalkan ruang disk hanya dengan menggunakan file yang anda perlukan dengan fitur sinkronisasi.

Manfaat Dropbox

Dropbox menyediakan cara untuk menyinkronkan dan menyimpan file antar perangkat, menyediakan data dari mana saja juga berbagi file dan berkolaborasi dengan orang lain. Dropbox memiliki banyak manfaat di antaranya adalah untuk penyimpanan cloud.

Inilah beberapa manfaat terbaik dari dropbox yang telah di rangkum oleh Dewabiz untuk di jadikan referensi untuk anda. Jika Anda ingin mempelajarinya lebih lanjut, inilah manfaat Dropbox yang harus Anda ketahui:

Menyimpan Cadangan File Secara Otomatis

Mencadangkan file yang anda simpan secara otomatis merupakan manfaat utama dari dropbox. Dropbox sudah di kenal sebagai cloud penyimpanan file terkemuka.

Dengan mengaturnya untuk perangkat anda dan pilihlah folder di dropbox anda yang berisi file penting anda. Misalnya, anda dapat menyimpan semua data aktif anda di dropbox. Jika hard drive perangkat utama anda tidak tersedia, anda dapat dengan mudah mengakses file di dropbox.

Memudahkan Akses File Dimana Saja

Mengakses file anda dari mana saja merupakan manfaat terbesar dari dropbox. Jika anda memasang aplikasi dropbox di perangkat iOS atau android, anda dapat mengakses, bekerja, dan berbagi file di ponsel atau tablet anda.

Bahkan jika anda tidak membawa ponsel atau tablet, anda dapat mengakses Dropbox di perangkat apa pun menggunakan browser web. Setelah itu, versi terbaru akan di simpan di cloud. Jadi jika anda sedang berlibur tetapi perlu berbagi dokumen, anda dapat membagikannya di perangkat apa pun. Bukankah itu menarik ?

Berbagi File untuk Siapapun Dengan Mudah

Dropbox juga dapat membantu anda berbagi atau mengirim file dengan mudah. File-file tersebut bisa dalam format apapun mulai dari dokumen, foto, video bahkan program aplikasi.

Anda dapat membaginya dengan teman, kolega, atau sebanyak mungkin orang yang anda inginkan. Yang harus anda lakukan adalah mengunduh file dan membaginya dengan mereka. Anda juga dapat membaginya dengan banyak orang atau hanya beberapa orang. Anda hanya perlu menyesuaikannya sesuai dengan konsumsi dan kebutuhan Anda.

Keamanan Akun Terjaga

Manfaat lain dari dropbox adalah memastikan akun dan file anda tetap aman. Dropbox mengenkripsi file anda saat di transfer dari perangkat anda ke penyimpanan cloud kemudian di simpan.

File yang di simpan di dropbox dienkripsi menggunakan teknologi yang di namakan secure socket layer (SSL) untuk mencegah pencurian data. Selain itu, anda juga dapat mengaktifkan sistem autentikasi dua faktor untuk menjaga keamanan login anda.

Anda juga dapat melakukannya dengan mengintegrasi dropbox dengan layanan autentikasi favorit anda seperti google authenticator.

Anda juga dapat memilih file mana yang ingin anda bagikan secara publik. Jika tidak, file anda hanya dapat di lihat oleh orang yang telah anda berikan izin atau yang hanya anda berikan akses.

Terdapat Fitur Memulihkan File yang Terhapus

Yang umum terjadi biasanya adalah file yang terhapus secara tidak sengaja dari hard drive anda, terutama ketika anda menghapus file yang tidak lagi anda perlukan. Salah satu manfaat dropbox adalah anda dapat memulihkan file yang terhapus dalam 30 hari terakhir (versi gratis) atau 180 hari (versi berbayar).

Misalnya, Anda mungkin menghapus beberapa folder dan seminggu kemudian menemukan bahwa beberapa folder juga telah di hapus. Jangan khawatir, Dropbox menyediakan fitur pemulihan file yang bisa membantu anda mengembalikan file yang telah terhapus sebelumya. Sangat berguna, bukan?

Memudahkan Pekerjaan Bersama atau Berkolaborasi

Menggunakan dropbox untuk menyimpan berbagai data bisnis semakin memudahkan anda untuk bekerja dengan teman-teman anda pada saat yang sama tanpa adanya benturan data.

Dropbox membuatnya sangat mudah selama teman anda memiliki akun dropbox tersebut, mereka dapat mengunggah file dan berkolaborasi dengan anda.

Anda juga dapat melindungi file dengan kata sandi sehingga hanya mereka yang memiliki akses ke file tersebut dan dapat mengerjakannya.

Tidak hanya itu fitur yang ada di dropbox juga bisa digunakan sebagai perangkat penyimpanan data atau file. Anda juga bisa menghubungkan data tersebut ke rekan kerja anda.

Dapat Mengakses Secara Offline

Manfaat lain dari Dropbox adalah kemampuannya untuk menyimpan materi online dan meninjaunya secara offline. Ini termasuk situs web dan lainnya.

Kemampuan untuk melihat file secara offline sangat berguna ketika anda kehabisan data internet atau kuota di ponsel anda, ataupun ketika anda ingin melakukan sesuatu bahkan ketika sedang dalam mode pesawat.

Kesimpulan

Dropbox juga memiliki fitur yang lebih luas dari sekedar backup atau berbagi file sebagai layanan dasar yang sudah di kenal kebanyakan orang tentunya. Manfaat dropbox di atas hanyalah cuplikan dari apa yang dapat anda nikmati dengan dropbox.

Itu tergantung pada apakah anda menggunakan paket gratis atau berbayar. Meskipun banyak pesaing yang menawarkan layanan penyimpanan online yang sama dalam hal performa dan keunggulannya.

Banyak pengguna yang memilih dropbox karena lebih unggul dengan fitur dan pilihan yang menarik. Jadi bagaimana menurut Anda? apakah anda sudah Mengenal Apa Itu Dropbox?

Baca Juga