fbpx

Mengatasi Lonjakan Trafik Website

Dikunjungi banyak pengunjung tentu menjadi harapan setiap pemilik . Tentu hal tersebut menjadi salah satu penanda jika yang Bizzie kelola terpercaya, berkredibilitas, dan teroptimasi dengan baik. Pertanyaannya, sesuatu yang berlebihan tentu saja kurang baik bukan? Hal ini juga berlaku pada website.

Ada beberapa kondisi dimana situs yang banyak dikunjungi menjadi down. Hal ini diakibatkan banyaknya orang yang mengakses di saat bersamaan sehingga membuat bekerja lebih keras. Jika sudah begini, website bisa-bisa menjadi lambat saat diakses atau bahkan mengalami down.

Resiko Lonjakan Trafik yang Terlalu Besar

Sebelum membahas lebih lengkap, bagi Anda yang masih awam tentang istilah trafik, maka sangat penting untuk mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Secara sederhana, trafik ini  merupakan indikator yang menjadi tanda keberhasilan optimasi yang Anda lakukan (optimasi internet dan ).

Meskipun saat ini banyak sekali orang yang berusaha mengoptimasi website nya agar mendapatkan pengunjung yang banyak, namun mereka tetap mengontrolnya. Mengapa? Sebab, lonjakan pengunjung tadi bisa membuat situs lebih beresiko dan mengakibatkan kerugian kepada pemiliknya.

Salah satu resiko yang sangat mungkin terjadi adalah, website dihack oleh penjahat siber. Lalu bagaimana mengatasi lonjakan trafik dengan ? Semua akan dibahas lebih lengkap pada ulasan di bawah ini.

Penyebab Trafik Melonjak

Pertanyaannya, sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab dari lonjakan trafik ini? Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Sebenarnya jawabannya sederhana, trafik website yang secara tiba-tiba melonjak bisa jadi diakibatkan oleh konten yang mendadak viral dan banyak diakses.

Naiknya jumlah pengunjung ini bisa membuat website Anda down karena hosting bekerja lebih keras dan membuat kinerjanya tidak optimal.artinya, proses kinerja dari website melebih disk space yang ada.

Baca Juga :  Cara Memilih Lokasi Server Terbaik untuk Hasil Maksimal

Biasanya, jika hal ini terjadi, para pemilik website akan langsung menghubungi provider tempat menyewa hosting. Itulah mengapa, sangat penting memilih penyedia layanan agar bisa berkonsultasi seputar permasalahan yang tengah dihadapi.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Siapa yang tidak mau situsnya dikunjungi banyak orang? Mungkin tidak ada. Sebab itu menjadi salah satu goals dari setiap pemilik website.  Namun, jika yang terjadi malah berlebihan, tentu bisa merugikan Anda sebagai pemilik.

Untuknya, berikut ini cara mengatasi lonjakan traffic agar bisa terkontrol dan tidak merugikan Anda:

1.  Menggunakan Content Delivery Network

Content Delivery Network (CDN) merupakan layanan yang berfungsi untuk menghindarkan Anda dari kemungkinan lonjakan trafik.  CDN mampu mengatasi masalah lonjakan pengunjung, di mana server tidak perlu bekerja lebih keras lagi. Konten statis dalam sebuah website mampu menjadi enymbang 80% cache di server.

Jika banyak cache pada situs Anda, maka akan memberi beban berat pada server. Content Delivery Network sendiri merupakan sekumpulan server global yang terletak di berbagai negara (pusat ). Berfungsi sebagai perantara untuk mengirimkan konten dari server ke website anda.

Adapun proses kerjanya yaitu menghantarkan data secara cepat melalui server kepada setiap pengunjung dari lokasi terdekat dimana pengunjung tersebut berada.

2.  Mengupgrade ke Cloud Server

Situasi lonjakan trafik merupakan kondisi yang tidak bisa dihindari. Itulah mengapa, saat memilih hosting, pilihlah yang mampu menampung trafik pengunjung dalam jumlah yang besar. Salah satu caranya yakni mengupgrade hosting yang Anda Miliki ke cloud server.

Layanan ini merujuk pada beberapa server yang telah terhubung ke layanan internet serta dapat disewa (menjadi bagian dari aplikasi atau perangkat lunak). Basic cloud server sendiri telah mencakup hosting data, hosting website, hingga penggunaan aplikasi atau perangkat lunak.

Beda halnya dengan shared hosting, layanan ini terdiri dari berbagai hosting dimana dalam satu server bisa menampung beberapa akun hosting di dalamnya. Tentu ini bisa membuat kinerja server tidak optimal.

Baca Juga :  Mengatur Halaman Depan dan Memasang WhatsApp Pada Website

Layanan cloud server menjadi pilihan paling tepat untuk website dengan kinerja prima. Kehandalan server yang dimilikinya mampu menjawab lonjakan trafik yang mungkin saja terjadi di situs Anda.

3.  Memastikan Situs Tidak Client Error

Berikutnya cara mengatasi lonjakan trafik adalah memastikan website Anda tidak mengalami client error. Itulah mengapa, sangat penting untuk melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan tidak terjadi client error.

Istilah ini sendiri merupakan keadaan yang menunjukkan pengunjung website tengah berkunjung ke website Anda. Lalu, pengunjung ini ternyata mengklik halaman yang sudah tidak tersedia lagi, dan secara otomatis mereka akan diarahkan pada “404 not found”.

Jika ini terjadi, maka engunung tentu akan merasa kecewa dan kesan mereka terhadap website Anda menjadi buruk. Akibatnya, beberapa dari pengunjung yang mengalami client error ini tidak lagi ingin berkunjung.

4.  Pilihlah Layanan Hosting Terbaik

Banyaka provider yang bisa memfasiltasi Anda dalam hal mebangun website tentu sangat menguntungkan. Namun, dari sekian banyak pilihan, masih banyak orang yang bingung dalam memilih. Cermatlah dalam memilih provider dan teliti dengan segala pelayanan yang mereka tawarkan.

Cobalah untuk membaca review dari pelanggan lain. Ini bisa menjadi insight Anda dalam memilih provider terbaik untuk mengembangan situs menajdi lebih baik lagi. Adapun faktor yan g bisa masuk pertimbangan dalam pemilihan provider yakni:

  •    Harga yang ditawarkan
  • Spesifikasi layanan hosting yang ditawarkan penyedia
  • Pastikan provider yang dipilih memiliki layanan support
  • Pilihlah yang memiliki fitur terbaik dan dibutuhkan oleh website Anda
  • Sesuaikan dengan hardware yang digunakan

Itulah tadi beberapa informasi tentang cara mengatasi lonjakan trafik dengan cloud server dan beberapa solusi lain. Rajinlah mengecek situs secara berkala agar ketika terjadi masalah bisa langsung ditindaklanjuti.