fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

6 Alasan Mengapa Perusahaan Besar Menggunakan WordPress

Muhammad Rizqy

Tidak peduli ada di mana level Anda sekarang, mulailah dengan WordPress. Bahkan, perusahaan besar juga menggunakan WordPress untuk website mereka. Seperti misalnya TechCrunch, Variety, Sony Music, Beyonce, The Rolling Stones, dan masih banyak lagi lainnya. Mengapa perusahaan besar menggunakan WordPress?

WordPress menawarkan berbagai manfaat jangka panjang. Tak hanya sistem dan fiturnya saja yang aman dan mudah digunakan, tetapi ada banyak hal yang mungkin tampak sederhana justru akan membantu Anda. Memulai website dengan WordPress, itu berarti Anda telah berinvestasi kemudahan untuk website Anda. 

Alasan Perusahaan Besar Menggunakan WordPress

Alasan mengapa perusahaan besar menggunakan WordPress blog terletak pada kelebihan dan banyaknya manfaat yang ditawarkan. Beberapa kelebihan dan manfaat tersebut, yaitu:

1. Hemat Biaya

Banyak perusahaan besar memilih CMS terbaik ini karena gratis, sehingga lebih hemat biaya. Mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa programmer. WordPress tetap bisa digunakan dengan mudah, meskipun karyawan dari perusahaan terbilang awam.

Modifikasi WordPress baik dari segi fungsi dan tampilannya juga tidak membutuhkan biaya. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk nama domain dan layanan web hosting.

Namun, biaya untuk keduanya juga terbilang terjangkau. Bahkan, ada yang menjual jasa layanannya mulai dari Rp10.000 saja.

2. Kaya Variasi Plugin & Desain Template

Mengapa perusahaan besar menggunakan WordPress

Saat ini, repository WordPress telah memiliki 50.000 lebih plugin gratis. Dengan banyaknya plugin yang tersedia, perusahaan bisa dengan mudah memodifikasi WordPress sesuai kebutuhan dan keinginan.

Selain itu, WordPress juga menyediakan banyak desain template yang keren dan gratis. Menariknya lagi, Anda akan tetap memperoleh update terbaru meski sudah menggunakan desain template dan plugin yang populer. Hal ini dapat mengurangi terjadinya resiko buruk.

3. Keamanan Terjamin

Mengapa perusahaan besar menggunakan WordPress

Pembuatan WordPress menggunakan bahasa program PHP, sehingga bersifat open source yang mana relatif lebih aman. Sebab, program ini dikembangkan oleh seluruh penggunanya.

Saat ini, pengguna WordPress saja sudah mencapai 300.000 lebih. Saat salah satu website pengguna dihack oleh orang lain, maka programmer dari pengguna lain akan siap berkontribusi untuk memperbaiki celah keamanan. Jika seperti ini, bukanlah masalah akan lebih cepat selesai dan keamanan pun akan lebih terjamin?

Tak hanya itu saja, CMS terbaik ini juga menyediakan beberapa plugin peningkat keamanan, seperti Sucuri Security dan WordFrence. Pengguna juga akan memperoleh informasi update terkait isu-isu keamanan terkini dari WordPress.

4. Mudah untuk Optimalisasi SEO

Mengapa perusahaan besar menggunakan WordPress

Optimalisasi SEO (Search Engine Optimization) harus Anda lakukan jika website Anda ingin di-index oleh mesin pencari seperti Google. Tujuannya agar bisa bersaing di halaman pertama. 

Kabar baiknya, WordPress memberi Anda kemudahan untuk melakukan pengoptimalan SEO. Bahkan, tanpa perlu menambahkan plugin, Anda sudah bisa melakukan optimalisasi SEO pada permalink dan gambar melalui Alt text.

5. Bisa Terintegrasi dengan Berbagai Layanan

Mengapa perusahaan besar menggunakan WordPress

Kegunaan WordPress sangat banyak karena dapat terintegrasi dengan berbagai layanan, salah satunya yaitu Google Analytic. 

Dengan layanan ini, Anda bisa melakukan audit pada performa website Anda dengan lebih mudah. Anda juga bisa mengetahui bagaimana pengunjung bisa menemukan website Anda dan konten mana yang paling disukai mereka.

Tak hanya itu saja, WordPress juga bisa terintegrasi dengan layanan MailChimp dan beberapa layanannya. Layanan MailChimp sendiri bisa membantu Anda untuk membuat dan mengirimkan email newsletter secara otomatis.

6. Mendukung Berbagai Jenis Media

Mengapa perusahaan besar menggunakan WordPress

Dengan WordPress, Anda bisa mengunggah file dengan format apa pun hanya melalui pengunggah media bawaan. Mulai dari format .doc, .pdf, .png, .jpg, .gif, mp4, mp3, dan masih banyak lagi. 

WordPress juga akan mendukung sematan file oEmbed seperti YouTube. Selain itu, dengan hadirnya editor Gutenberg dan fitur drag and drop pada WordPress, memposting konten-konten dengan banyak media sekaligus menjadi lebih mudah.

Kesimpulan

Ternyata tidak hanya pemula atau bisnis kecil-kecilan saja yang menggunakan WordPress. Perusahaan besar juga banyak yang menggunakannya. 

Mengapa perusahaan besar menggunakan WordPress? Alasannya karena lebih hemat biaya, aman, banyak plugin dan desain template gratis, dan SEO friendly. Selain itu, bisa terintegrasi dengan berbagai layanan dan mendukung berbagai jenis media.

Baca Juga