fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

BusinessWebsite

Menarik, Ini Sejumlah Keuntungan Menampilkan Video di Website Bisnis Anda!

Wiliam

Perkembangan teknologi kian mempermudah banyak orang dalam menjalankan aktivitasnya, termasuk bidang industri. Jika dulunya promosi dilakukan secara konvensional melalui media kertas, saat ini sudah hadir website dan berbagai platform lain yang lebih efektif untuk meningkatkan penjualan.

Membahas tentang website, tidak semua situs bisa digunakan untuk berjualan. Ada yang namanya website bisnis, yang memang bertujuan menjadi toko online yang bisa digunakan oleh para pelanggan melakukan pembelian.

Apakah pemasaran melalui website ini selalu efektif? Jawabannya tidak, seperti yang kita ketahui bahwa minat baca di Indonesia masih sangat untuk itu penting sekali menyiasati website bisnis Anda agar pelanggan betah dan melakukan transaksi.

Lalu bagaimana caranya memikat pelanggan agar mau membaca konten yang ada di website anda, apakah semua harus tulisan? Tentu tidak, anda bisa menyisipkan video menarik yang mendukung konten Anda semakin maksimal.

Pentingnya Menyisipkan Konten Video di Website Bisnis

Menurut beberapa para survei, pembaca biasanya lebih interaktif  menonton video dibanding membaca informasi atau instruksi yang disajikan dalam bentuk teks. Kenapa? Ya karena itu tadi, minat baca di Indonesia masih tergolong rendah. Bahkan, kebanyakan masyarakat mungkin lebih menyukai membaca informasi melalui video.

Selain karena desain grafis dan lebih interaktif, konten video juga biasanya dibuat menarik dengan visual yang colorful sehingga menarik perhatian pembaca. Informasi yang disajikan bisa dibaca sekaligus didengar sehingga lebih mudah dicerna.

Iya dengan konten website bisnis yang disajikan melalui teks, biasanya pembaca membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna kalimat per kalimatnya.

Hal ini bukan berarti website bisnis yang berisikan konten teks tidak efektif untuk mempromosikan bisnis, ya! Tapi akan lebih optimal jika anda menyisipkan video menarik agar pengunjung betah untuk mengakses situs Anda.

Manfaat Menyisipkan Video di Konten Website Bisnis

Memasang video di website bisnis membantu Anda menggaet pelanggan lebih banyak. Beberapa manfaat lainnya sebagai berikut:

1. Mengoptimalkan User Engagement

Manfaat pertama yang akan Anda dapatkan ketika menyisipkan video di konten website bisnis yakni mampu mengoptimalkan user engagement. pelanggan yang berlama lama di website Anda karena menonton video, akan mengurangi bounce rate website.

Karakteristik orang Indonesia lebih senang menonton video daripada membaca dengan alasan informasi yang disajikan melalui video lebih mudah dicerna. Oleh sebab itu, alih-alih menyajikan informasi dengan teks secara keseluruhan, selipkan video yang bisa membuat pelanggan meluangkan waktu untuk tinggal di situs Anda.

2. Informasi lebih mudah dicerna

Menyajikan informasi dalam bentuk video memang lebih banyak diminati oleh pembaca karena dinilai interaktif. Ditambah visual dan audio mendukung informasi lebih mudah dicerna.

Saat mempromosikan produk melalui konten video tentu, anda bisa sekaligus memperkenalkan produk kepada khalayak banyak.  Dengan menyertakan konten video pada website bisnis Anda,  baca akan tahu secara lebih gamblang kelebihan produk atau brand yang ditawarkan. 

3. Peluang Masuk Ranking Website di Google  serp Lebih Besar

Keuntungan selanjutnya menampilkan konten video di website bisnis adalah peluang masuk page one atau rangking do google semakin besar.  Ternyata,  bukan cuman pembaca yang menyukao informasi dalam bentuk video,  bamun google pun menyukainya. 

Pernahkah Anda mencari sebuah informasi terkait konten tutorial di google? Pasti yang pertama muncul adalah video tutorial bulan?  Ini adalah bukti bahwa kongen video mampu menaikkan trafik dan menempati halaman pertama Google.

4. Meningkatkan Interaksi Pengunjung Terhadap Brand

Manfaat selanjutnya dari penggunaan konten video pada website bisnis adalah meningkatkan interaksi pelanggan dengan brand Anda. Mengapa begitu?  Karena ketika pengunjung website melihat video yang ditampilkan dan didalamnya ada produk Anda,  mereka secara tidak langsung seperti melihat dan bisa menilai plus minus produk Anda. 

Secara tidak langsung,  mereka pun lebih mudah berinteraksi agar saat melakukan transaksi lebih mudah menentukan keputusan membeli ataupun tidak. 

Bagaimana Menampilkan Video secara Menarik di Website Bisnis?

Setelah mengetahui beberapa kelebihan menyematkan video di konten website bisnis, tentu anda penasaran terkait bagaimana tips menarik menampilkan video di website bisnis ini bukan? Karena memang dalam pembuatannya tidak boleh sembarangan agar tujuan bisnis yang diinginkan bisa didapatkan.

Lalu bagaimana caranya? Simak sejumlah tips berikut ini:

  • Tampilkan video dengan kualitas terbaik, serta pastikan konten tersebut tidak buram agar informasi yang disampaikan nantinya bisa dicerna dengan baik oleh pembaca
  • Dalam membuat tujuan pembuatan konten video, jangan memasukkan secara paksa dan terkesan tidak natural meskipun itu untuk promosi
  • Buatlah informasi secara singkat, padat, dan jelas sehingga tidak bertele-tele dan membuat pengunjung website Anda merasa bosan
  • Pastikan video yang anda upload nantinya mobile friendly sehingga memudahkan para pengguna smartphone untuk mengakses konten Anda
  • Sebaiknya upload video dari embed YouTube agar video tidak terlalu berat
  • Rutin mengukur hasil video menggunakan Google Tag Manager, untuk mengukur hasil jangkauannya atau Google analytics konten video

Konten video di website bisnis memang bukan satu-satunya alternatif untuk meningkatkan ranking situs Anda di Google, namun bisa menjadi salah satu trik Marketing untuk meningkatkan penjualan. Apalagi sering mengoptimasi web agar semakin berkualitas dan menjangkau banyak pelanggan di seluruh Indonesia.

Bagaimana dengan website bisnis anda? Sudahkah menerapkan strategi konten video sebagai salah satu wadah untuk mempromosikan brand secara maksimal? Jika belum, jangan lewatkan kesempatan ini untuk meningkatkan grafik web Anda.

Demikianlah beberapa kelebihan menyematkan konten video di website bisnis Anda. Ayo maksimalkan sekarang juga untuk mendapatkan manfaatnya!

Baca Juga