fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

GeneralDigital MarketingHostingPengetahuanSEO

5+ Kesalahan Saat Memilih Provider Hosting

Yanti puspita

Hosting menjadi salah satu faktor penentu untuk kinerja blog Anda kedepannya, artinya memilih provider hosting tidak boleh sembarangan. Banyak pertimbangan yang harus dilakukan sebelum menentukan pilihan, seperti reputasi provider hosting yang akan Anda pilih, ruang yang Anda butuhkan, dll.

Web hosting merupakan rumah di mana pengguna meletakkan semua konten mereka secara online, sambil memastikan bahwa pengunjung dapat mengakses konten dengan cepat dan efisien melalui internet. Tetapi, tidak semua provider hosting memiliki kualitas yang sama. Ada beberapa hal yang jika tidak Anda perhatikan akan membuat Anda salah memilih provider hosting.

Berikut kesalahan memilih provider hosting yang perlu Anda ketahui untuk menghindari kerugian di kemudian hari.

Kesalahan Saat Memilih Provider Hosting

Hosting memainkan peran penting dalam situs web perusahaan dan kehadiran online. Sayangnya, hosting tidak dapat memenuhi kebutuhan situs web karena beberapa alasan. Tidak jarang orang melakukan kesalahan saat memilih hosting yang bisa berakibat fatal.

Berikut kesalahan dalam memilih  provider hosting yang harus Anda hindari untuk memastikan hosting yang Anda pilih memenuhi kebutuhan penyimpanan situs Anda.

1.      Memilih provider hosting gratis

Tidak ada salahnya memilih provider hosting gratis, namun yang perlu diperhatikan adalah provider hosting gratis penuh dengan keterbatasan. Selain itu, performanya juga cenderung tidak stabil. Jika Anda ingin menjadi blogger profesional, tidak ada satupun yang menggunakan layanan hosting gratis.

2.      Tidak memperhatikan spesifikasi perangkat keras

Kualitas server ditentukan oleh spesifikasi perangkat keras dari provider hosting yang bersangkutan, sehingga Anda perlu melihat perangkat keras yang digunakan oleh provider hosting tersebut sebelum menentukan pilihan.

3.      Tergiur dengan harga murah

Jangan tergiur dengan harga murah saja. Harga sesuai dengan mutu atau kualitasnya. Jika Anda menemukan bahwa ada provider  hosting yang menawarkan harga di luar batas wajar, Anda harus berhati-hati.

4.      Memilih provider hosting yang tidak memberikan jaminan uang kembali

Ada banyak penyedia hosting, jadi bagaimana Anda bisa memastikan bahwa Anda akan memilih perusahaan tepercaya? Memilih hosting yang tidak memberikan jaminan uang kembali juga merupakan kesalahan yang harus Anda hindari.

Ajukan beberapa pertanyaan dan tanyakan apakah uang Anda akan dikembalikan jika layanan tidak sesuai dengan yang dijanjikan penyedia hosting di awal. Luangkan waktu untuk membaca syarat dan ketentuan garansi uang kembali.

5.      Salah menentukan kebutuhan hosting

Sebelum mendapatkan paket hosting tertentu, ukur dulu berapa space dan bandwidth yang Anda butuhkan agar tidak perlu mengupgrade ke jenis paket hosting lain.

6.      Tidak memperhatikan layanan pelanggan

Anda memerlukan dukungan layanan pelanggan yang baik untuk menyelesaikan masalah Anda dengan cepat jika ada masalah dengan hosting Anda kapan saja. Setiap provider hosting terkemuka menyediakan layanan dukungan pelanggan 24/7.

7.      Server berbeda dengan audiens target

Pilih server berdasarkan audiens target blog Anda. Misalkan kita memiliki blog berbahasa Indonesia yang tujuan pengunjungnya berasal dari Indonesia, maka pilihlah server yang berbahasa Indonesia. Jika pengunjung tujuan Anda berasal dari luar negeri, pilih server di Amerika Serikat.

8.      Tidak menyadari batas

Selain memiliki kelebihan, penyedia hosting juga memiliki kekurangan dan keterbatasan layanan. Dalam beberapa kasus, batasan ini dapat membahayakan bisnis Anda. Jika Anda tidak menyadarinya, Anda bisa melakukan kesalahan dalam memilih provider hosting Anda.

Temukan penyedia hosting yang dapat menyesuaikan paket hosting Anda seiring pertumbuhan bisnis Anda. Bukan tidak mungkin suatu saat Anda akan menginginkan layanan yang lebih banyak tanpa mengurangi kecepatan website.

9.      Tidak membaca review pelanggan

Saat mencari jasa atau memilih barang, membaca review pelanggan merupakan cara mudah untuk mengetahui kualitas jasa atau barang yang di tawarkan. Tidak terkecuali saat mencari provider hosting, membaca ulasan dapat membantu Anda membuat pilihan dengan cepat.

Beberapa poin review yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Layanan Pelanggan yang Buruk: Jika banyak orang mengeluh tentang hal ini, kemungkinan Anda memiliki masalah yang sama.
  • Kecepatan pemuatan lambat dan situs sering mogok: Jika banyak yang mengalami hal ini, kemungkinan besar situs Anda juga akan terpengaruh.
  • Masalah Keamanan: Anda harus yakin bahwa situs tersebut aman, jadi jika Anda tidak yakin, carilah alternatif.

Nah, itulah beberapa kesalahan saat memilih provider hosting, untuk itu perlu bagi Anda untuk berhati-hati dalam memilih sesuatu. Semoga bermanfaat.

Baca Juga