fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Media Sosial vs Website: Manakah yang Terbaik untuk Bisnis Rumahan?

Yodik Prastya

Dengan dukungan kecepatan internet dan banyaknya koneksi di sekitar kita, bisnis online memang semain mudah. Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah, berbisnis memakai media sosial atau memiliki website sendiri. Keduanya memang memiliki manfaat masing-masing. Namun Anda harus bisa menemukan apa saja tujuan dan sasaran bisnis kedepannya.

Untuk memberikan gambaran soal kedua jenis bisnis ini, tentu Anda harus bisa melihatnya dari beberapa aspeknya. Dengan memahami apa saja kelebihan dan kelemahan dari keduanya, Anda akan semakin yakin dalam memilih jenis mana yang kini harus di optimalkan demi finansial nantinya.

Perbandingan Media Sosial vs Website untuk Bisnis Rumahan

Baik Media Sosial ataupun Website, keduanya memang kini menjadi media yang bagus dalam mengembangkan bisnis rumahan. Untuk memilih salah satunya, berikut ini beberapa pertimbangan dan perbandingannya.

Media Sosial

Adapun beberapa kelebihan-kelebihan menggunakan media sosial ada di bawah ini:

  • Jangkauan Luas dengan Biaya Rendah

Media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter memiliki jutaan pengguna aktif setiap hari. Mempromosikan bisnis Anda di sini dapat mencapai khalayak yang lebih luas tanpa biaya besar, terutama pada tahap awal bisnis.

  • Interaksi Langsung dengan Pelanggan

Media sosial memungkinkan Anda berinteraksi langsung dengan pelanggan Anda. Anda dapat menjawab pertanyaan, merespons umpan balik, dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan audiens Anda.

  • Cepat dan Fleksibel

Anda dapat dengan cepat memposting konten baru, promosi, atau pembaruan produk di media sosial. Ini cocok untuk mengikuti tren terbaru atau peristiwa penting yang dapat memengaruhi bisnis Anda.

Sedangkan beberapa kelemahannya adalah:

  • Keterbatasan Kontrol

Anda terbatas oleh aturan dan tampilan platform media sosial tertentu. Ini dapat membuat sulit untuk sepenuhnya mengekspresikan identitas merek Anda.

  • Rentan Terhadap Perubahan

Algoritma media sosial sering berubah, yang dapat mempengaruhi seberapa banyak orang yang melihat konten Anda. Ketergantungan penuh pada platform ini bisa menjadi risiko jika algoritma berubah tiba-tiba.

  • Keterbatasan Informasi

Media sosial biasanya cocok untuk konten pendek dan visual. Jika Anda memiliki banyak informasi kompleks untuk disampaikan, media sosial mungkin tidak cukup.

Website

Menggunakan website tentunya banyak beberapa keuntungannya, di antaranya adalah:

  • Kontrol Penuh Brand

Dengan memiliki website, Anda memiliki kendali penuh atas tampilan dan pesan yang ingin Anda sampaikan kepada pelanggan. Ini adalah ruang di mana Anda dapat benar-benar menampilkan identitas merek Anda.

  • Informasi lebih Mendalam

Jika bisnis Anda melibatkan informasi rinci tentang produk atau layanan, memiliki website memberi Anda platform yang lebih baik untuk menyajikan informasi tersebut secara terperinci.

  • Kepercayaan lebih Kuat

Website yang profesional dan rapi cenderung memberikan kesan yang lebih kuat kepada calon pelanggan. Ini bisa meningkatkan tingkat kepercayaan dan merangsang prestise bisnis Anda.

Namun juga ada kelemahannya seperti:

  • Biaya Pengembangan dan Pemeliharaan

Membangun dan menjaga website dapat menjadi investasi besar, terutama jika Anda mempekerjakan profesional untuk desain dan pengembangan.

  • Perlu Upaya SEO

Untuk memastikan website Anda muncul di hasil pencarian, Anda perlu memahami konsep optimisasi mesin pencari (SEO) atau mempekerjakan seseorang yang mengerti hal tersebut.

  • Tidak Segera Terlihat

Membangun lalu lintas organik ke website membutuhkan waktu dan usaha. Tidak seperti media sosial yang dapat langsung menjangkau audiens, website memerlukan waktu untuk dikenal oleh orang-orang.

Penting untuk mempertimbangkan sasaran bisnis Anda, anggaran, dan sumber daya yang tersedia sebelum membuat keputusan. Dalam dunia yang semakin terhubung ini, pemanfaatan media sosial dan website dengan bijak dapat menjadi kunci keberhasilan bisnis rumahan Anda.

Baca Juga