fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Markdown: Apa itu, Cara dan Kenapa Menggunakannya

Taufik Nurhidayat

Semakin berkembangnya teknologi, alat untuk menulis semakin banyak dan canggih tapi pernahkah kamu mendengar Markdown? Mungkin ada yang pernah dan belum pernah mendengarnya sama sekali, tapi secara tidak sadar mungkin kamu pernah menggunakannya di sosial media seperti facebook dan aplikasi pesan whatsapp.

Apa itu Markdown?

Markdown adalah bahasa markup sederhana yang ringan menggunakan sintaks pemformatan teks biasa, dengan tujuan untuk dikonversi menjadi format html terstruktur.

Dibuat oleh John Gruber pada tahun 2004, dirancang untuk mempermudah menulis dan membaca dokumen berbasis web. Sekarang markdown merupakan salah satu bahasa markup populer yang paling banyak digunakan.

Cara Menggunakan Markdown

Berbeda dengan sintaks HTML, bahasa markup satu ini dimaksudkan supaya mudah dibaca. Alih alih menggunakan sintaks <b>text tebal</b> yang mungkin sulit dibaca, markdown mengakali hal tersebut dengan menggunakan sintaks **text tebal** yang lebih mudah dipahami oleh kebanyakan orang.

Meskipun kamu bisa menulis format html langsung, tapi hal ini merupakan opsi lain yang bisa kamu gunakan. Untuk menyimpan file markdown juga mungkin dalam ekstensi .txt, tetapi disarankan untuk menyimpanya dengan ekstensi .md.

Berikut merupakan beberapa contoh sintaks dasar yang sering digunakan.

Heading

Utuk memformat heading kamu bisa menggunakan karakter tagar # banyaknya tagar menunjukkan level dari heading tersebut, seperti berikut:

# Heading 1
## Heading 2
### Heading 3
#### Heading 4
##### Heading 5
###### Heading 6

Yang akan menghasilkan sintaks html sebagai berikut:

<h1>Heading 1</h1>
<h2>Heading 2</h2>
<h3>Heading 3</h3>
<h4>Heading 4</h4>
<h5>Heading 5</h5>
<h6>Heading 6</h6>

Italic (Emphasis)

Untuk membuat teks miring kamu bisa menggunakan karakter bintang (*) atau underscores (_), seperti berikut:

*Text Miring*
_Text Miring_

Bold

Kamu bisa menggunakan dua bintang atau dua underscores untuk memformat teks secara tebal atau strong, seperti berikut:

**Teks Tebal**
__Teks Tebal__

List

Kamu bisa menggunakan bintang (*) atau strip (-) untuk membuat list dengan poin bulat, seperti berikut:

- Kuning
- Biru
- Hijau

Dan dengan angka kamu bisa membuat ordered list, seperti berikut:

1. List Pertama
2. List Kedua
3. List Ketiga

Jika kamu ingin membuat link atau dalam tag html <a> gunakan sintaks berikut:

[Text Link](https://tujuan.com)

Dan untuk menampilkan gambar kamu bisa menggunakan sintaks berikut:

![Alternatif Text](https://domain.com/img/gambar.jpg)

Menggunakan Markdown di WordPress

WordPress juga mendukung markdown, tetapi saya rasa itu kurang efektif jika kamu mengedit langsung menggunakan WordPress Editor. Lain hal jika kamu mengeditnya di editor teks biasa lalu menempelnya di WordPress.

Cara menggunakannya di WordPress adalah dengan menambahkan blok, lalu ubah blok tersebut ke jenis Markdown, silahkan kamu edit bagian blok yang sudah dirubah tersebut.

Atau jika kamu mengcopy teks dengan format markdown lalu tempel langsung pada editor WordPress, maka secara otomatis akan dikonversi menjadi tag html yang sudah support editor WordPress.

Kenapa Harus Menggunakan Markdown?

Mudah Dipelajari dan Cepat Digunakan

Yap, ini mudah dipelajari bagi siapapun. Mungkin jika kamu mempelajari semu sintaks akan memerlukan waktu untuk terbiasa, tapi hampir semua yang kamu butuhkan dalam mengetik seperti **teks tebal** dan *teks miring* mudah diingat.

Untuk sintaks heading kamu hanya perlu menggunakan karakter tagar (#) dan spasi lalu diikuti teks, berapa banyak tagar sama dengan level dari heading yang muncul.

Bahkan untuk list kamu hanya perlu membuatnya diawali dengan bintang atau angka dan titik. Lebih jelasnya baca kembali pada bagian cara menggunakan.

Konversi Menjadi HTML dengan Mudah

Seperti yang saya sebutkan di awal, fungsi sebenarnya dari markdown adalah mengkonversi teks menjadi sintaks html.

Jika kamu ingin menulis email atau file readme, maka menggunakan bahasa markup satu ini sangatlah cocok. Kamu tidak perlu tag pembuka atau penutup yang cukup repot jika menggunakan sinstaks html.

Markdown Futureproof

Futureproof yang kami maksud ialah teknologi ini akan tersedia untuk dimasa mendatang. Bahasa markup satu ini menggunakan format file teks biasa seperti .txt yang menjadi standar teks dan akan tersedia untuk jangka waktu yang sangat lama.

Digunakan Dimana-mana

GitHub sebagai platform dengan komunitas pengembang yang besar menggunakan markdown sebagai standar teks mereka. Kamu juga bisa menemukanya di platform lain seperti StackOverflow, Slack dan Facebook. Bahkan wikipedia menggunakan markdown dengan variasi mereka sendiri yang disebut wikitext.

Tidak Perlu Editor Khusus

Inilah salah satu kelebihan markdown, meski memiliki ekstensi sendiri yaitu .md namun file tersebut hanya bersifat teks biasa seperti ekstensi .txt jadi kamu bisa menulisnya bahkan dengan editor Notepad.

Tetapi jika kamu ingin menulisnya dengan lebih mudah maka gunakanlah teks editor khusus atau yang biasa digunakan pengembang seperti VS Code.

Ramah Pengembang

Jika kamu pengembang maka kamu mungkin akan menggunakan markdown, entah itu untuk sebuah dokumentasi atau blog pribadi. Tetapi bahasa markup ini sangat mudah dipahami bagi pengembang, hal ini karena sintaks yang digunakan sangat sederhana sehingga pengembang yang terbiasa dengan sintaks rumit akan memahaminya lebih mudah dan cepat.

Akhir Kata

Jika kamu telah menguasai markdown, maka kamu akan merasakan kecepatan metode menulis jauh lebih cepat dibanding metode lainya. Meski kurva pembelajaran akan terlibat untuk menguasainya. Markdown merupakan alat yang efektif dan akan tetap relevan di masa depan.

Baca Juga