fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Manfaat Linktree untuk Kepentingan Bisnis

Wiliam

Dalam menjalankan bisnis, platform media sosial perlu dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan omset perusahaan. Bukan hanya pada satu platform saja, namun semua platform potensial perlu digunakan sebaik-baiknya. Terlebih lagi, untuk menautkan link penting di profil media sosial yang dimiliki saat ini bukanlah hal mustahil dengan kehadiran Linktree. Hal ini tentu memudahkan setiap akun Anda bisa terhubung satu sama lain. 

Linktree adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk membuat laman khusus yang di dalamnya berisi tautan penting yang ingin Anda bagikan kepada khalayak umum. Yang mana, ketika Audiens mengklik salah satu link tersebut maka mereka akan diarahkan ke website, media sosial, e-commerce atau laman lain yang Anda inginkan. 

Untuk memahami apa itu Linktree dan apa manfaatnya bagi keuntungan bisnis, maka simak artikel ini hingga selesai. 

Apa Itu Linktree? 

Jika Anda sering memperhatikan profil pada akun media sosial penjual, Anda mungkin tak akan asing dengan link yang bertuliskan ‘linktr.ee’ yang tersemat pada profilnya tersebut. 

Linktree adalah sebuah situs yang di dalam situ tersebut Anda bisa membuat link yang memuat berbagai link. Kehadiran Linktree ini memecahkan permasalahan yang ada di media sosial, yang mana hanya mendukung untuk mencantumkan satu link saja padahal Anda memiliki beberapa link yang sama pentingnya. 

Dengan kata lain, pengunjung atau calon pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan akses ke semua konten yang dimiliki hanya dengan sebuah link utama. 

Manfaat Linktree Untuk Kepentingan Bisnis

Sejak maraknya penjualan melalui online shop, Linktree menjadi salah satu platform yang menjadi cukup populer. Linktree dianggap bisa memberikan banyak kemudahan bagi para pelaku bisnis online, terkhusus bagi mereka yang menggunakan beberapa platform sebagai tempat menjalankan bisnisnya. 

Informasi terkait platform-platform yang digunakan tersebut dapat dengan mudah tersampaikan kepada calon pelanggan. 

Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan oleh oleh pelaku bisnis saat menggunakan Linktree. Berikut beberapa diantaranya:

1. Promosi

Manfaat Linktree untuk kepentingan bisnis yang pertama yaitu menjadi media promosi. Dengan menggunakan Linktree, orang-orang yang mengunjungi nya akan mengetahui bahwa toko Anda tidak hanya berada dalam satu platform saja tetapi dapat didapatkan melalui berbagai platform. Secara tidak langsung, selain mempromosikan produk yang ingin dijual, Anda juga mempromosikan toko Anda yang ada di berbagai platform.

2. Menjangkau lebih banyak orang

Manfaat menggunakan Linktree untuk kepentingan bisnis selanjutnya yaitu dapat menjangkau lebih banyak orang. Seperti yang telah kita ketahui, Linktree adalah sebuah laman yang di dalamnya Anda bisa mencantumkan beberapa link yang dapat diklik oleh pengunjung dan secara otomatis akan diarahkan pada platform atau situs yang diinginkan. 

Link Linktree dapat Anda cantumkan pada profil sosial media, story maupun postingan sehingga bisa ditemukan oleh lebih banyak audience. 

3. Meningkatkan penjualan 

Manfaat Linktree selanjutnya yaitu dapat meningkatkan penjualan. Terkadang, calon pembeli mengurungkan niatnya untuk membeli sebab platform yang digunakan penjual untuk berjualan tidak digunakan oleh mereka. Alhasil, calon pembeli tersebut beralih ke toko lain yang sesuai dengan yang mereka gunakan. 

Atau dalam satu kasus, meskipun penjual ternyata menggunakan platform yang calon pembeli gunakan namun ternyata calon pembeli tersebut tidak menemukan akun atau link yang mengarah ke platform tersebut. 

Dengan adanya Linktree, masalah-masalah tersebut dapat dengan mudah teratasi sebab Anda bisa mengarahkan calon pembeli ke akun Linktree Anda sehingga mereka bisa menemukan akun atau link sesuai dengan keinginan mereka. 

4. Hemat biaya 

Walaupun manfaat yang diberikan Linktree begitu besar bagi para pelaku bisnis, sampai saat ini tautan tersebut masih bisa diakses secara gratis. Hal ini tentu akan membantu Anda untuk menghemat biaya iklan. Namun jika Anda ingin memaksimalkan setiap fitur yang ada, Anda juga bisa memilih Linktree pro yang berbayar. 

5. Peluang untuk affiliate

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah affiliate. Yap, affiliate adalah sebuah program promosi yang mana orang-orang akan mendaftar sebagai mitra yang bertugas untuk memasarkan produk tertentu menggunakan link produk. Ketika orang lain membeli produk yang ditawarkan melalui link yang dicantumkan, maka mitra akan mendapatkan komisi sesuai dengan kesepakatan di awal. 

Menggunakan Linktree akan memudahkan para affiliate untuk memasarkan produk yang ingin dipromosikan. Dalam satu link saja, Anda bisa mengaitkan berbagai link lain sehingga calon pembeli dapat lebih mudah menemukan produk yang diinginkan dan transaksi jual beli dapat dilakukan lebih mudah. 

6. Meningkatkan Click Through Rate / CTR

Click Through Rate / CTR adalah rasio jumlah klik pada  tautan tertentu dengan total pengguna yang melihat halaman tersebut. CTR ini mengacu pada berapa banyak yang mengklik link yang ditampilkan setelah melihatnya. Makin tinggi CTR artinya potensi untuk meningkatkan penjualan juga semakin tinggi. 

7. Membangun personal branding

Manfaat selanjutnya dari penggunaan Linktree yaitu dapat dijadikan media untuk membangun personal branding. Saat menggunakan Linktree dan mencantumkan link tersebut pada profil media sosial yang Anda miliki maka akun Anda akan terlihat lebih profesional. 

Penggunaan Linktree membuktikan bahwa Anda tidak hanya ada dalam satu platform tertentu saja namun menggunakan berbagai platform yang tentunya dapat menyesuaikan dengan platform yang digunakan calon pelanggan. 

Tak hanya  itu, saat menggunakan Linktree, Anda bisa menggunakan sebuah fitur yang disediakan untuk menyisipkan logo pada halaman Linktree sehingga bisa meningkatkan kredibilitas toko. 

Itulah manfaat Linktree untuk kepentingan bisnis yang bisa Anda rasakan. Bagaimana dengan Anda, apakah sudah menggunakannya? 

Baca Juga