fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Business

Manfaat Customer Journey Pada Bisnis

Yanti puspita

Peran Customer Journey bagi sebuah bisnis sangatlah penting. Sebab, memahami proses-proses tersebut dapat meningkatkan pengalaman konsumen dan menciptakan strategi pemasaran yang lebih efektif.

Customer Journey merupakan salah satu cara untuk menyelaraskan sisi konsumen dan layanan bisnis yang di lakukan. Perlu kamu ketahui bahwa pada artikel kali ini kami akan menjelaskan kepada kamu manfaat customer journey pada bisnis dan tips menggunakannya.

Manfaat Customer Journey Pada Bisnis

Customer Journey adalah berbagai situasi dan keadaan yang terkait dengan perjalanan konsumen ketika mereka menghadapi suatu bisnis. Customer Journey dalam hal ini di mulai dari saat mereka mengetahui produk atau jasa bisnismu.

Hingga mereka memutuskan untuk membeli dan mendapatkan produk dan/atau jasa tersebut. Terlepas dari hal itu, berikut ini manfaat customer journey pada bisnis yaitu:

·         Customer Journey Lebih Mudah untuk Memenuhi Kebutuhan Konsumen

Dengan menempatkan Customer Journey pada posisi konsumen, maka kamu akan melihat kebutuhan konsumen. Dari sini akan lebih mudah bagi para pebisnis untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Apalagi jika bisnis tersebut memiliki tipe konsumen lain dengan kebutuhan berbeda. Nah, dengan Customer Journey yang menjadi konsumen, bisnis akan melihat apa yang di inginkan konsumen dari segi produk dan pola bisnis.

·         Sebagai Bentuk Evaluasi Pelayanan

Selain kebutuhan dari segi kualitas produk, tetapi juga dapat melihat kualitas pelayanan terhadap konsumen. Jika terjadi kesalahan, bisnis dapat segera memperbaikinya. Evaluasi awal ini bisa di lakukan tanpa harus menunggu hasil survei konsumen. Bahkan pelaku bisnis dapat mencegah keluhan terkait perjalanan konsumen sebelum mereka sendiri yang menyampaikannya.

·         Sebagai Bahan Inovasi Produk

Mirip dengan poin pertama, Customer Journey juga dapat membantu bisnis melakukan inovasi produk. Namun inovasi produk lebih fokus pada penyempurnaan produk yang sebelumnya tidak di pertimbangkan oleh konsumen.

Dengan memantau tren pasar saat ini, bisnis dapat beradaptasi. Dan mengubah peta perjalanan konsumen dengan lebih cepat.

·         Mempermudah Penciptaan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran di buat berdasarkan banyak faktor. Salah satunya dari hasil analisa konsumen yang telah kami lakukan sebelumnya. Dari sini, dapat di lihat bahwa Customer Journey dapat membantu bisnis memahami konsumen mereka.

Kemudian memasukkan mereka ke dalam strategi pemasaran yang paling tepat. Jadi membuat konten pemasaran tidak akan menggunakan konsep yang terlalu luas atau tidak fokus.

·         Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Hampir seluruh manfaat yang tertera di atas akan meningkatkan kepuasan konsumen. Karena bagaimanapun kepuasan konsumen adalah kunci kesuksesan bisnis. Tidak hanya dapat memperoleh keuntungan, perusahaan juga dapat menjalin hubungan baik dengan konsumennya.

·         Mempertahankan Konsumen Lama

Dalam jangka panjang, Customer Journey akan mampu mempertahankan konsumen lamanya. Ini karena bisnis mengenal konsumennya dengan sangat baik. Bukan tidak mungkin jumlah konsumen baru yang menjadi konsumen lama akan terus meningkat.

Tips Membuat Costumer Journey       

Kamu harus memahami bahwa Costumer Journey tidak selalu akurat, jadi kamu memerlukan beberapa tips agar efektif untuk strategi pemasaranmu. Berikut beberapa tipsnya:

  1. Penting bagi kamu untuk membuat peta visualisasi. Yang dapat menggambarkan kenyataan secara akurat
  2. Kamu juga sebaiknya membuat Costumer Journey yang mudah di pahami dan memiliki visualisasi yang menarik. Pastikan konsumen menjadi tokoh utama dalam menggambarkan Costumer Journey agar selalu ada di benak setiap orang yang menggunakannya.
  3. Costumer Journey yang di buat harus dapat menampilkan berbagai data statistik dan bukti anekdot. Keduanya harus mampu menunjukkan dengan jelas kebutuhan konsumen dan berbagai interaksi antara perusahaan dan konsumen.

Proses Customer Journey

Secara umum, ada beberapa tahapan proses Customer Journey yang di lalui calon konsumen. Untuk memberi kamu gambaran mengenai prosesnya, perhatikan urutan Customer Journey berikut yang dikutip dari Dewabiz yaitu:

·         Awareness

Awareness merupakan tahap awal di mana konsumen baru menyadari keberadaan produk atau brandmu. Biasanya hal ini karena kamu melakukan pemasaran secara offline dan online. Jadi, mereka juga melihat produk atau layananmu dari iklan di media sosial.

Atau bahkan dari rekomendasi dari mulut ke mulut. Oleh karena itu, penerapan kampanye pemasaran akan membantu bisnis dalam melakukan Customer Journey. Disini konsumen akan memahami dan mengetahui tentang produk atau jasa yang di tawarkan. Oleh karena itu, tahap awareness sangat penting dalam proses pengembangan bisnis.

·         Interest/ Consideration

Jika produk atau jasa bisnismu di butuhkan oleh konsumen maka mereka akan mulai tertarik. Dengan begitu, konsumen akan mencari informasi tentang produk tersebut. Bahkan, konsumen juga akan bertanya mengenai produk atau jasa yang mereka butuhkan.

Oleh karena itu, testimoni, alamat, deskripsi produk, kontak. Dan dukungan lainnya sangat penting untuk di tampilkan oleh bisnis.

·         Decision

Setelah di rasa cocok, konsumen akan memutuskan apakah akan membeli produk atau mengundang kamu untuk bekerja sama dengan mereka. Di sini konsumen akan membandingkan harga, kemasan, dan faktor lainnya untuk menemukan opsi terbaik.

Oleh karena itu, bisnis harus menawarkan penawaran terbaik, seperti diskon harga, pengiriman gratis, atau hadiah. Bagi sebagian pemilik bisnis, ini adalah tahap terakhir, namun bisnis yang hebat tidak berhenti sampai di sini, masih ada tahap lain yang harus di lalui, yaitu retensi dan advokasi.

·         Retention

Jika konsumen merasa puas, biasanya mereka akan kembali lagi untuk melakukan transaksi selanjutnya yang di sebut dengan Customer Retention. Di sini kamu dapat menanyakan bagaimana penilaian produk atau layananmu. Oleh karena itu, sebuah merek harus menawarkan lebih banyak, baik dari segi pelayanan, kualitas, harga dan sebagainya.

·         Advocacy

Jika merek dapat mempertahankan retensi, konsumen yang sangat loyal akan muncul. Karena konsumen akan tergila-gila dengan produkmu, sehingga tidak segan-segan mempromosikannya kepada orang lain secara gratis dari mulut ke mulut atau media sosial.

Jenis Customer Journey

Berikut adalah beberapa jenis Customer Journey yang umum di gunakan. Yaitu:

·         Kondisi Sekarang (Current State)

Tipe ini umumnya di gunakan oleh perusahaan untuk menggambarkan tindakan, pikiran. Dan perasaan konsumen ketika berinteraksi dengan produk atau jasa yang mereka tawarkan.

·         Kondisi Harian (Day in the Life)

Sedangkan kondisi harian di gunakan untuk menunjukkan pikiran, tindakan, dan perasaan konsumen selama sehari penuh. Tidak hanya saat berinteraksi dengan produk yang di tawarkan.

·         Kondisi Masa Depan (Future State)

Kondisi masa depan biasanya mengacu pada keyakinan mengenai pemikiran, tindakan, dan perasaan konsumen di masa depan. Ketika konsumen berinteraksi dengan produk.

·         Kerangka Layanan Jasa (Service Blueprint)

Terakhir, tipe ini merupakan gabungan dari tiga tipe Customer Journey lainnya yang menjelaskan faktor-faktor yang mendasari Customer Journey. Mulai dari jenis, kebijakan, teknologi hingga proses yang harus di lalui.

Penutup

Dari penjelasan di atas tentang manfaat customer journey pada bisnis dan tips menggunakannya dapat di simpulkan bahwa mengetahui dengan baik akan membantu kamu mempromosikan merek perusahaan. Jadi, jika ingin bisnismu berkembang, maka pahamilah artikel yang kita buat ini.

Baca Juga