fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & Trik

Inilah 5 Manfaat Control Panel Hosting yang Wajib Diketahui

Rianda

Ada beragam fitur hosting, yang mana jika tanpa suatu alat tertentu akan sulit mengelola seluruh fitur tersebut. Oleh karena itu, dibuatlah sebuah alat yang bernama control panel hosting. Namun, manfaat control panel hosting tentu tidak hanya untuk satu keperluan saja.

Artikel ini akan memaparkan bermacam manfaat yang diperoleh dari control panel hosting supaya bisa memahami lebih jauh tentang alat tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat dari control panel hosting, yakni:

1. Menyediakan Banyak Fitur yang Sesuai dengan Kebutuhan

Saat ini beredar bermacam jenis control panel. Jenis yang berbeda-beda tersebut dibuat untuk menyesuaikan kebutuhan atau keperluan dari siapapun yang menggunakannya. Lazimnya, ada tiga macam user control panel, yakni admin, reseller hosting, serta user biasa.

Fitur yang tersedia pada control panel di antaranya fitur yang menjadikan tampilan sederhana, fitur dengan tampilan yang memuat banyak pengaturan. Bukan hanya itu, setiap control panel juga dibedakan untuk sistem operasi yang beredar, seperti Linux, Windows, Solaris, dan lainnya.

2. Mudah dalam Penggunaan

Manfaat kedua di dalam rangkaian manfaat control panel hosting adalah mudah dalam penggunaannya. Hal ini karena control panel didesain dengan tampilan yang jelas serta intuitif. Contohnya, segala hal yang menyangkut pengelolaan file akan diarahkan pada kategori Files.

Sementara itu, segala hal yang berkaitan dengan data akan diarahkan ke Databases. Kemudahan lainnya yaitu adanya search bar atau kotak pencarian yang menjadikan siapapun mudah dan cepat dalam mencari fitur yang diinginkan. Dengan begitu, fitur akan ditemukan dalam waktu cepat.

3. Pengelolaan Fitur Hosting Menjadi Terpusat

Di urutan ketiga terkait manfaat control panel hosting adalah menjadikan pengelolaan seluruh fitur lebih terpusat. Fitur-fitur semacam database, pengelolaan domain, file, email dan lainnya dapat dijangkau dalam satu halaman saja. Alhasil, hal-hal teknis yang berhubungan dengan website lebih mudah dikelola.

Informasi lain seperti IP Hosting dan indikator resource juga akan ditampilkan di halaman utama. Dengan begini, siapapun pengelola website tidak perlu membuka berbagai kategori untuk melakukan pengelolaan fitur. Cukup tampilkan satu halaman saja, maka seluruh pengaturan bisa dilakukan dengan leluasa.

4. Penginstalan Aplikasi Lebih Praktis

Selain memudahkan pengelolaan fitur, control panel juga bermanfaat dalam hal penginstalan aplikasi yang menjadi lebih praktis. Cukup klik beberapa kali dan jalankan konfigurasi sederhana. Misalnya pada penginstalan CMS WordPress, yang hanya perlu dilakukan dengan beberapa kali klik.

Lantas, jalankan konfigurasi username dan kata sandi. Maka, CMS WordPress pun bisa digunakan. Sedangkan, jika tidak menggunakan control panel, proses install akan sangat panjang. Perlu mendownload file WordPress terlebih dahulu, membuat database manual, dan memindahkan semua file ke hosting.

5. Mudah dalam Pengelolaan Banyak Website

Di urutan terakhir terkait manfaat control panel hosting yakni memudahkan pengelolaan website dalam jumlah banyak. Keberadaan control panel memungkinkan proses pengecekan database, email, file, serta kategori lainnya lebih mudah dan cepat. Hal ini otomatis mengefisienkan waktu pengelolaan.

Berbeda keadaannya jika pengelolaan banyak website dilakukan tanpa bantuan control panel. Perlu menggunakan terminal antarmuka yang memuat perintah menjalankan hosting. Tak hanya itu, sebelum mengelola hosting harus menginstall fitur-fitur hosting dahulu, semisal aplikasi email, sistem manajemen database, dan web server.

Demikian ulasan tentang manfaat control panel hosting yang wajib diketahui dan dipahami. Begitu banyaknya manfaat dari penggunaan control panel, sehingga menjadikan control panel semakin eksis. Gunakan control panel sesuai masing-masing keperluan, karena tersedia berbagai macam yang dibedakan menurut kebutuhan user.

Baca Juga