fbpx

Mail Server Adalah : Komponen, Protokol, dan Kelebihannya

Pernahkah Anda penasaran bagaimana sebuah bisa terkirim ke penerima? Itu adalah berkat peran dari mail . adalah sebuah program berbasis dan computing yang bertugas untuk mendistribusikan email dengan server mail yang sama.

Secara sekilas, cara kerja mail server ini terlihat sederhana. Namun, sebenarnya proses dalam pengiriman surel sangatlah kompleks. Di mail server, surel tersebut akan melewati berbagai proses yang rumit sebelum sampai ke penerima.

Jika kita ibaratkan, mail server ini seperti kantor yang mana akan menyimpan surat masuk dari berbagai penjuru. Kemudian, mengirimkannya ke alamat yang tertera di surat tersebut.

Komponen-komponen Mail Server

Mail server adalah

Setiap mail server umumnya akan terdiri atas tiga komponen, yaitu MDA, MUA, dan MTA. Masing-masing komponen mail server akan memiliki peran khusus dalam proses pengelolaan email.

1. Mail User Agent (MUA)

MUA merupakan aplikasi email itu sendiri, seperti , Yahoo, Outlook, dan lainnya. Aplikasi ini nantinya menjadi wadah untuk menerima, menyusun, lalu mengirim sebuah surel.

2. Mail Delivery Agent (MDA)

Software yang bertugas untuk mengantarkan surel dari MTA server inilah yang disebut MDA. Nama lain dari MDA adalah LDA (Local Delivery Agent).

3. Mail Transport Agent (MTA)

Adapun komponen yang memiliki tugas untuk mengirim dan menerima surel dari satu ke komputer lain adalah MTA. 

Baca Juga :  Apa itu Blogspot (Blogger)? Pengertian dan Fungsinya

Selain menerima email, MTA juga bertugas untuk mengirim pesan otomatis saat surel gagal terkirim, memilih mail server untuk mentransfer surel, dan meminta catatan perihal mail exchange.

Protokol Mail Server

​​

Fungsi mail server

Protokol untuk mail server memiliki dua tipe, yaitu protokol surat masuk (POP3 dan IMAP) dan protokol untuk surat keluar (SMTP). 

1. Post Office Protocol (POP3)

POP3 merupakan jenis protokol dari server di mana sebuah surel akan dikirim dari email server ke email lokal. Sebagai versi ketiga dalam penerimaan surel, POP3 bertugas untuk menyimpan surel sampai ada orang mengambil surel tersebut.

Dalam menjalankan tugasnya, POP3 akan menghubungi email server milik Anda. Kemudian, seluruh pesan baru dari email lokal akan diunduh. Setelah itu, pesan tersebut akan menghilang dari server. 

Jadi, jika Anda masuk ke email dengan gadget yang berbeda, maka Anda akan kehilangan pesan yang sebelumnya sudah terunduh.

2. Internet Message Access Protocol (IMAP)

Berbeda dengan POP3, protokol IMAP akan menyimpan seluruh pesan yang baru meski sudah terunduh. Jadi, jika Anda mengakses email dengan gadget yang berbeda, Anda tidak perlu takut akan kehilangan pesan sebelumnya.

Dengan IMAP, pesan yang Anda baca tidak akan terunduh dan tersimpan dalam komputer atau gadget. Melainkan akan terbaca melalui server.

3. Simple Mail Transfer Protocol (SMTP)

Sebagai protokol standar pengiriman surel, SMTP memiliki tugas untuk berkomunikasi dengan server. Tujuannya adalah untuk mengirim surel ke email server dari lokal email. Tugasnya akan dikontrol oleh MTA pada server email.

Kelebihan Mail Server

cara kerja mail server

Mail server ini bisa membuat aktivitas bertukar informasi menjadi lebih mudah. Inilah mengapa mail server banyak digunakan belakangan ini.

Baca Juga :  3 Cara Kompres Video Online Cepat dan Mudah

Fungsi mail server salah satunya juga untuk membuat citra perusahaan semakin baik. Sebab, alamat email yang digunakan kerap kali mengandung nama domain yang menjadi ciri dari perusahaan.

Tak hanya itu, setidaknya ada 7 keuntungan yang dapat Anda rasakan dengan memiliki mail server sendiri. Apa saja?

  1. Memperoleh kepercayaan dari ;
  2. Kualitas dari privasi data semakin meningkat;
  3. Memiliki email yang lebih secure dari malware dan virus;
  4. Semua anggota tim bisa memiliki email bisnis;
  5. Saat terjadi kerusakan akan lebih mudah Anda tangani;
  6. Lebih efisien dan cepat;
  7. Proses pengaturan akun menjadi lebih mudah.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk memiliki mail server sendiri? Jika iya, Anda bisa memanfaatkan layanan DewaBiz, layanan mail hosting untuk segala kebutuhan email profesional Anda.

Sekali lagi, mail server adalah sebuah program yang bertugas untuk menerima dan mengirim email. Kehadiran mail server akan memberi banyak keuntungan bagi perusahaan dan juga pemilik bisnis.