fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Langkah Cepat Menjadi Programmer Handal, Berikut Cara Coding di Laptop untuk Pemula

Wiliam

Salah satu profesi yang sangat dibutuhkan di era digital ini adalah seorang programmer. Pasalnya banyak aplikasi baru yang perlu dibuat dan terus dikembangkan untuk menunjang kehidupan manusia. Untuk bisa menjadi programmer yang bizzie, tentu Bizzie harus mengetahui cara coding di laptop, khususnya untuk pemula.

Mempelajari cara coding di laptop tidak bisa menghasilkan sesuatu yang instan. Pemula membutuhkan waktu dan juga kemauan agar kemampuan semakin meningkat. Hal ini dikarenakan terdapat banyak yang perlu diperhatikan sebelum maupun saat membuat kode perintah tersebut. Meskipun cukup rumit, tetapi manfaat coding sangatlah banyak.

Manfaat Mengetahui Cara Coding di Laptop

Menggunakan ponsel pintar, tablet, komputer atau laptop tentu sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat, Tanpa keberadaan perangkat elektronik tersebut, pekerjaan akan terhambat. Hal tersebut menjadi tanda bahwa mengetahui cara coding di laptop memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat yang bisa dirasakan:

1. Otak Terasah dan Terbiasa Berpikir Logis

Memahami cara coding di laptop dan membuat skrip tentunya tidak mudah. Sudah menjadi rahasia umum bahwa proses coding terlihat cukup rumit. Tidak hanya caranya tetapi juga tampilan berupa tulisan kecil yang memenuhi layar menjadikan tingkat fokus pengguna dipertaruhkan.

Semakin paham dengan cara coding di laptop, maka otak akan terbiasa untuk selalu berpikir logis. Tidak hanya itu, menciptakan skrip akan menjadikan otak terasah. Dengan ketelitian tinggi, maka kemampuan programmer akan semakin terasah dan semakin hebat. Jadi tunggu apa lagi, teruslah belajar untuk melakukan coding.

2. Memiliki Banyak Kesempatan untuk Berkarir

Mengetahui dan berkecimpung dengan cara coding di laptop akan melatih seseorang untuk menjadi profesional. Pada era digital yang menggantungkan hidup pada komputer, maka sosok programmer akan terus dibutuhkan. Hal ini menjadi angin segar karena lapangan pekerjaan semakin luas.

Tidak hanya berpengaruh pada jenjang karier, mengetahui cara coding di laptop memiliki manfaat yang lebih luas. Dengan kemampuan tersebut maka pengguna dapat membuat website menarik. Website tersebut dapat dijual, dijadikan ajang promosi dagangan, bahkan menyewakan jasa dengan membuka kelas coding.

Simak Cara Coding di Laptop yang Mudah, Dijamin Berhasil!

Memahami cara coding di laptop tidak bisa dibilang mudah. Hal ini dikarenakan kode yang dibuat cukup rumit dan membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Sebelum memulai coding, Bizzie harus memastikan bahwa laptop berada dalam performa terbaik. Hal ini tentu saja dilakukan untuk menghindari hal yang dapat menghambat proses coding.

1. Memastikan Perangkat Sudah Siap untuk Coding

Hal mendasar untuk melakukan praktik dari cara coding di laptop adalah memastikan perangkat siap. Tidak hanya performa, tetapi juga aplikasi yang akan digunakan untuk menulis skrip. Khusus pemula, Bizzie dapat menggunakan Notepad yang sangat simpel. Selain tampilan minimalis dan tidak membosankan, juga aplikasi sudah terinstal di laptop.

Namun jika ingin menggunakan aplikasi khusus coding, maka pastikan untuk mengunduh dan memasangnya terlebih dahulu. Koneksi internet harus cepat sehingga proses coding tidak akan terhambat. Setelah seluruh perangkat siap, maka coding sudah bisa dilakukan.

2. Menentukan Bahasa Pemrograman yang Ingin Digunakan

Berbicara mengenai coding, tentu tidak bisa lepas dari bahasa pemrograman. Bahasa inilah yang digunakan untuk menulis skrip atau kode. Terdapat begitu banyak jenis bahasa program. Bahasa tersebut terbagi menjadi beberapa tingkatan seperti tingkat tinggi, menengah, dan rendah.

Tingkatan ini biasa digunakan untuk menentukan level seorang programmer. Bagi para pemula, cara coding di laptop bisa dilakukan dengan bahasa pemrograman yang mudah. Beberapa di antaranya adalah Python, Julia, Ruby, Javascript, HTML, dan C++. Jika sudah terbiasa maka bisa mencoba bahasa pemrograman lainnya.

3. Menulis Kode dengan Ketelitian Tinggi

Setelah menentukan bahasa pemrograman yang ingin digunakan, maka cara coding di laptop selanjutnya adalah menulis skrip. Menulis skrip atau kode ini harus dilakukan per baris. Jika sudah berganti kode, maka Bizzie bisa klik ‘Enter’ untuk berpindah ke baris selanjutnya. Cara coding di laptop ini memiliki beberapa tips khusus.

Selain pengaturan tentang baris, menulis kode pun tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Pada setiap skrip perlu dibuka dengan tanda kurung seperti [ dan juga {. Kemudian pada saat skrip sudah selesai maka perlu ditutup dengan kurung sesuai pasangannya ( ] dan } ). Jika tidak menggunakan kurung maka skrip tidak akan dapat terbaca.

4. Menjalankan Program dari Kode yang Telah Dibuat

Jika proses menulis skrip sudah selesai, maka hal yang bisa dilakukan selanjutnya adalah mencoba menjalankan skrip yang telah dibuat. Catatan penting bagi programmer yang menggunakan Notepad maka harus memastikan agar file tersimpan dengan benar. Contohnya untuk bahasa pemrograman python harus disimpan dengan ekstensi .py.

Cara coding di laptop tidak sesulit yang dibayangkan. Jika bingung dengan kode maka Bizzie dapat mencari tutorialnya di internet. Setelah disimpan maka file coding sudah bisa dijalankan dan dicari mana yang kurang sempurna atau salah. Setelah itu maka coding dapat dibenahi atau mungkin dikembangkan.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara coding di laptop yang bisa diikuti. Bizzie dapat mencoba berbagai macam skrip secara otodidak. Lalu sebaiknya Bizzie bergabung ke dalam komunitas coding atau komunitas programmer. Hal tersebut akan membantu meningkatkan skill Bizzie.

Baca Juga