fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Kumpulan Cara Mengatasi Website Tidak Aman

Wiliam

Permasalahan website kini sudah banyak dialami oleh kalangan masyarakat, khususnya pengguna komputer. Untuk penyebab dari website tidak aman ini sangat bervariasi. Sama hal nya, cara mengatasi website tidak aman juga sangat beragam.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai cara mengatasi website tidak aman. Bagi, bizzie yang penasaran mengenai website tidak aman bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Kumpulan Cara Mengatasi Website Tidak Aman

Website tidak aman adalah salah satu jenis peringatan, bahwa halaman tersebut tidak bisa dibuka. Sebenarnya, untuk pesan yang satu ini mempunyai peran secara positif bagi para penggunanya.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, untuk masalah website tidak aman ini bisa disebabkan karena beberapa hal. Sedangkan, beberapa cara mengatasi website tidak aman adalah:

1. Mengecek Pengaturan Tanggal dan Waktu

Cara mengatasi website tidak aman yang pertama adalah mengecek pada bagian menu pengaturan dan waktu. Besar kemungkinan, untuk pengaturan pada perangkat komputer mempunyai perbedaan waktu dengan yang sebenarnya.

Dengan hal tersebut bisa membuat browser atau mesin pencarian mengira, ketika sertifikat keamanan pada sebuah halaman website telah kadaluarsa atau expired. Maka dari itu, bizzie bisa langsung melakukan update bagian tanggal dan waktu aktual pada perangkat yang digunakan.

Ketika, bizzie menggunakan fitur mengatur waktu secara otomatis, tidak ada salahnya untuk mematikan sejenak. Setelah itu, atur juga tanggal dan waktu pada perangkat secara manual. Sesudahnya, bizzie juga bisa melakukan refresh pada mesin pencarian atau browser.

2. Menghapus Data Browsing

Menghapus data browsing adalah cara mengatasi website tidak aman. Satu hal yang perlu bizzie ketahui adalah di saat proses pencarian atau browsing sedang berlangsung, maka semua data bisa tersimpan di dalam perangkat tersebut.

Untuk jenis penyimpanan kali ini sering disebut dengan cache. Cache kali ini mempunyai tujuan supaya para penggunanya bandwith bisa berkurang. Selain itu, cache juga bisa membantu dalam proses yang lebih cepat lagi.

Ketika bizzie menggunakan kembali halaman browser yang sama, maka untuk data sementara yang tersimpan masih bisa dimuat kembali. Pada kondisi yang satu ini bisa memicu terjadinya website tidak aman. Dengan begitu, bizzie bisa menghapus data browser dan cache.

3. Mematikan Fitur Scan SSL pada Aplikasi Antivirus

Apabila, bizzie sudah menggunakan cara mengatasi website tidak aman di atas dan masih sama aja. Maka, untuk penyebabnya adalah software antivirus yang mempunyai tingkat kesensitifan sangat tinggi.

Proteksi yang sangat ketat kali ini bisa membuat aplikasi antivirus memblokir pada beberapa jenis situs. Termasuk website yang sudah aman juga tetap terjaga secara aman.

Permasalahan tersebut masih bisa diatasi dengan cara mengatasi website tidak aman secara alternatif yaitu mematikan sementara fitur scan SSL. Untuk cara yang satu ini bertujuan dalam menguji apakah benar penyebab antivirus ini dari data enkripsi.

Apabila sudah mematikan fitur scan SSL, maka bizzie bisa kembali lagi mengakses website tersebut. Namun, seandainya, bizzie tidak menemukan pilihan untuk mematikan fitur tersebut ada cara lain yang digunakan yaitu mematikan aplikasi antivirus.

4. Bisa Mengakses Website dengan Private Mode

Cara mengatasi website tidak aman yang selanjutnya adalah mengakses website dengan mode private. Sesuai namanya, untuk private mode bisa memberikan akses kepada para pengunjung untuk bisa mengunjungi situs atau website secara rahasia.

Selain itu, untuk fitur yang satu ini juga bisa dilakukan secara otomatis dalam berbagai data pribadi. Akan tetapi, untuk fitur yang satu ini tetap masih sama saja bisa menyimpan data bookmarks.

Untuk cara menggunakan private mode di saat browsing sangat mudah dan simple. Tools yang yang bisa digunakan adalah CTRL+Shift+N pada papan keyboard komputer.

5. Menghapus Semua Pesan Error di Kolom URL Browser Chrome

Sebenarnya, untuk cara mengatasi website tidak aman kali ini pilihan alternatif. Pada langkah atau cara yang satu ini menjadi pilihan paling tepat, ketika semua langkah sebelumnya tidak berhasil. Beberapa langkah untuk melakukan cara yang satu ini adalah:

●      Ketikan Google Chrome pada addres bar dan tekan enter.

●      Setelah itu, bizzie akan dibawa pada halaman experiments . Ketikkan juga kalimat marc non-secure origins pada kolom pencarian.

●      Klik lagi pada menu default dan memilih menu atau kolom disabled untuk mengaktifkan semua pesan website tidak aman.

●  Sisanya, bizzie bisa melakukan refresh pada aplikasi atau mesin pencarian browser tersebut.

6. Scan Perangkat Guna Mendeteksi Malware

Untuk cara mengatasi website tidak aman yang paling akhir adalah melakukan scan pada perangkat komputer. Tujuan dari cara yang satu ini adalah untuk mendeteksi malware atau virus.

Seperti yang diketahui, untuk munculnya virus atau malware ini menjadi salah satu penyebab terjadinya website error. Maka dari itu, langkah yang diambil adalah melakukan dengan menggunakan aplikasi antivirus.

Aplikasi antivirus yang dapat bizzie gunakan sangat beragam. Akan tetapi, bizzie juga sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi yang mempunyai rating terbaik dan banyak pengguna.

Website tidak aman memang menjadi salah satu hal yang sangat mengganggu di saat melakukan operasional komputer. Akan tetapi, untuk permasalahan yang satu ini masih bisa diatasi secara mudah dan simple. Pilih saja salah satu cara yang menurut bizzie paling mudah dan cocok pada perangkat komputer.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai cara mengatasi website tidak aman. Besar harapan, dengan adanya informasi diatas bisa membantu bizzie yang sedang mengalami permasalahan website tidak aman.

Baca Juga