fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Kriteria Website User Friendly yang Sesuai

Wiliam

Meningkatnya tren bisnis di kalangan masyarakat global, membuat persaingan semakin ketat. Anda harus beradaptasi, dan berkreativitas dengan memperhatikan banyak hal. Tujuannya untuk membuat bisnis tetap berjalan di tengah banyaknya kompetitor.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan website yang user friendly. Tujuannya agar para pengunjung bisa mengakses website dimanapun dan ramah. Website user friendly mampu membantu pengunjung lebih mudah menemukan barang yang dimaksud. Sehingga hal ini akan menaikkan penjualan.

Pengertian Website User Friendly

User friendly merupakan website ramah pengunjung. Maksudnya website tersebut mudah digunakan oleh semua pengguna dimanapun dan kapanpun. Secara umum user friendly merupakan keadaan dimana Anda dapat melakukan semua hal dengan mudah dan nyaman. 

Tujuan user friendly adalah mempermudah semua orang untuk memperoleh sesuatu atau barang sesuai dengan yang diinginkan. Zaman modern sekarang, semua hal harus serba user friendly. Termasuk menggunakan website. Website harus mampu memudahkan orang menemukan informasi yang dicari.

 Mengapa User Friendly Sangat Penting?

User friendly sangat penting bagi website. Pasalnya website yang user friendly cenderung disukai oleh pengguna. Karena tujuan dibuatnya website friendly memang memudahkan pengguna untuk mencari tahu apa yang diinginkan.

Dengan cara ini orang akan merasa betah untuk berada di website. Tidak khayal, produk yang Anda jual juga akan dilirik pengunjung. Alhasil ini akan mempengaruhi pada traffic penjualan yang Anda inginkan. Lebih lanjut, berikut ini adalah pentingya website user friendly:

1. Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Adanya website yang ramah akan meningkatkan pengalaman bagi pengunjung selama ada di website tersebut. Pastinya hal ini akan menjadi pengalaman yang menarik bagi pengguna. Karena dapat menjelajahi website yang cepat dan tanggap memberikan informasi.

Ketika pengguna sudah memiliki ketertarikan, secara otomatis mereka juga akan mengunjungi website Anda lebih sering. Alhasil website dapat menarik pelanggan lebih banyak lagi dan mampu muncul di kategori pencarian diatas.

2. Mampu Meningkatkan Kenyamanan Pengguna

Jika Anda mengubah website menjadi user friendly, maka Anda akan membuat pengunjung nyaman dan betah di website Anda. Para pengunjung akan menikmati sensasi berselancar di website dengan fitur yang menarik.

3. Ranking Website Dapat Naik

Semakin website Anda sering dikunjungi, maka akan semakin tinggi pula ranking yang diterima. Website friendly akan memudahkan pengunjung menemukan nama website. Pengunjung juga akan betah menjelajahi situs website.

Sehingga pengunjung akan mencari website Anda setiap membutuhkan sesuatu. Adanya website yang sering dicari, akan menjadikan website mengalami peningkatan ranking. Website Anda mampu menjadi first ranking di mesin pencarian.

Kriteria Website User Friendly

Tidak semua website dapat dikatakan sebagai website yang user friendly. Ada beberapa kriteria yang bisa dikatakan kategori website user friendly:

Kriteria pertama sebagai kategori website user friendly adalah link. Ciri khas nya link mudah dikenali sehingga mudah untuk dicari di google. Link harus terstruktur sesuai dengan sistem navigasi. Jadi bukan hanya sekedar link asal-asalan.

Link yang ada harus mengarahkan pengunjung ke tujuan yang dimaksud. Seperti masuk ke dalam halaman website dan konten yang disediakan di dalam website.

2. Website Mudah Diakses

Website user friendly adalah website yang mudah diakses oleh siapa saja. Website ini memiliki hosting serta memiliki jaminan uptime yang baik.

Selain itu, website yang user friendly juga memiliki nama domain yang mudah terbaca. Anda tidak perlu mengetik nama  dengan lengkap. Cukup mengetikkan nama depan, domain sudah mampu dibaca oleh google.

3. Cepat Diakses

Website yang user friendly tidak akan lambat jika diakses. Website tidak memerlukan loading yang lama. Hal ini karena website terhubung dengan hosting yang berkualitas. Website lambat akan merugikan Anda, dikarenakan membuat pengguna tidak betah.

Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk website agar cepat loading seperti melakukan pengaktifan coaching. Melakukan kompres gambar pada website, menggunakan tema yang ringan, dan membatasi jumlah konten.

4. Struktur Website Jelas

Kategori website user friendly memiliki struktur website yang jelas. Struktur ini akan membantu pengunjung untuk menjelajahi halaman website dengan cepat dan mudah. Terlebih lagi jika website Anda memiliki banyak informasi.

5. Memiliki Menu Navigasi

Website user friendly sangat terkait dengan navigasi website. Semisal pengunjung ingin melihat konten yang ada di website Anda. Maka mereka dapat membuka konten sesuai dengan kategori yang tersedia. Sehingga produk dapat mudah dicari.

6. Memiliki Tampilan

Satu hal lagi yang tidak bisa dilupakan dari website user friendly adalah tampilan yang sama. Website akan memiliki visualisasi halaman yang sama, meskipun diakses dengan browser yang berbeda.

Jadi untuk membuat website user friendly, Anda harus menyamakan semua tampilan. Baik itu dari google, Mozilla, safari, chrome atau lainnya. hal ini sangat penting, karena pengunjung dapat menikmati kepuasan yang sama menjelajah website.

7. Memiliki Konten yang Runtut

Website user friendly identic dengan konten yang runtut dan mudah dibaca. Suatu konten bisa dinyatakan berkualitas apabila penyusunannya rapi dan mudah ditemukan pengguna. Informasi yang tersedia dapat membantu pengguna agar lebih paham mengenai isi konten.

Inilah mengapa banyak website yang menggunakan piramida terbalik dalam penyusunan kontennya. Jadi informasi paling penting akan diletakkan di bagian paling bawah. Kemudia disusul dengan informasi pendukung lainnya.

Itulah beberapa ciri kategori website yang user friendly. Dengan mengecek semua ciri-ciri diatas. Apakah website Anda sudah termasuk user friendly? 

Baca Juga