fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & TrikWebsiteWordpress

Memahami Kriteria Backlink Berkualitas Untuk Optimasi SEO

Yanti puspita

Kriteria backlink berkualitas – Banyaknya perubahan pada algoritma Google memaksa pemilik situs untuk terus belajar mengupdate optimasinya. Tujuannya tentu saja agar posisi website terus merangkak ke posisi yang lebih baik di halaman pencarian. Mengingat hal ini, pernahkah Anda mencoba menggunakan tools untuk menghasilkan backlink secara massal?

Jika iya, maka Anda harus tahu bahawa cara ini sudah harus Anda tinggalkan karena meski bisa dengan cepat menaikkan peringkat situs backlink di halaman pencarian, namun juga sangat rentan terdeteksi oleh algoritma Google.

Jika sudah demikian, maka akibatnya bisa fatal. Backlink massal yang di hasilkan tools-tools ini menyebabkan penurunan peringkat mesin pencari yang biasanya terjadi pada hampir semua kata kunci.

Untuk menghindari pinalti massal oleh Google ini, banyak blogger beralih dari model backlink massal dengan backlink berkualitas rendah ke backlink manual yang memiliki kriteria backlink berkualitas yang lebih tinggi.

Kriteria Backlink Berkualitas untuk Optimasi SEO website Anda

Yang sering menjadi kendala sebenarnya bukan cara mencari backlink berkualitas, tapi tentang kriteria backlink berkualitas itu sendiri. Sudahkah Anda mendapatkan backlink berkualitas tersebut dengan benar?

Bahkan tidak sedikit webmaster yang masih bingung bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas di mata Google dan di mana mencari sumber backlink gratis yang berkualitas tinggi. Dalam artikel yang di himpun dari beberapa sumber ini, ada beberapa kriteria backlink berkualitas yang bisa di jadikan panduan dalam optimasi SEO website Anda.

Relevan & Tepercaya

Kriteria backlink berkualitas yang pertama adalah relevan. Backlink yang relevan sangat penting bagi Google, yang selalu terobsesi dengan relevansi. Relevansi berarti berasal dari website yang memiliki niche yang sama atau serupa.

Selain relevan, backlink juga harus berasal dari website terpercaya, bukan website mencurigakan seperti website spam atau blog dummy yang tidak karuan. Situs web otoritas tinggi terbaik di ikuti oleh situs web dengan domain TLD yang memiliki parameter bagus untuk pengindeksan, konten, peringkat Alexa, lalu lintas, otoritas domain, dan lainnya.

Ada juga faktor lain yang juga menentukan nilai backlink yaitu  jumlah outbound link yang di sediakan. Semakin besar angkanya, semakin kecil nilainya. Faktor ini di sebut skor OBL (outbound link), jika sebuah website memiliki terlalu banyak link keluar yang tidak sesuai dengan link masuk dari website lain, maka nilai link juicenya akan kecil.

Non-Reciprocal

Kata reciprocal artinya bolak-balik, sedangkan reciprocal link berarti  jenis link di mana suatu website memberikan link ke website lain yang memberikan backlink juga. Biasanya link seperti ini di dapatkan melalui forum-forum yang menyediakan forum link exchange atau tukar link yang cukup ramai di ikuti oleh para pemilik website.

Sayangnya, mnedapatkan backlink dengan cara ini adalah aib bagi Google dan pada prinsipnya tidak akan ada manfaat yang signifikan. Bukti bahwa Google tidak menyukai backlink ini adalah karena dapat menenggelamkan situs direktori blog yang pernah populer dan menjadi salah satu rekomendasi SEO offpoge wajib.

Diversifikasi

Entitas tidak dapat di tempatkan dalam kategori luar biasa sebelum mendapat pengakuan dari banyak pihak. Hal yang sama berlaku dengan situs web.

Untuk meningkatkan backlink dalam SEO off page di perlukan diversifikasi, caranya bisa berbeda-beda, mulai dari diversifikasi TLD (com, net, org dil, hosting (ip dan lokasi), anchor text, hingga platform. hanya berasal dari situs web dengan platform blogging, tetapi juga jenis lain seperti forum, toko online, web 2.0 age, media sosial, dll.

Situs Web Lalu Lintas Tinggi

Menurut sebaian ahli, “google following people”, atau google mengikuti orang. Penafsiran yang berbeda ini membingungkan para blogger.

Meski begitu, mayoritas pemilik blog percaya bahwa ini berarti backlink dari situs web dengan lalu lintas tinggi lebih baik daripada backlink situs web dengan lalu lintas rendah. Selain itu, di situs web dengan lalu lintas tinggi, ini akan meningkatkan kemungkinan klik dari pengunjung web ke situs Anda.

Usia Domain

Salah satu kriteria backlink berkualitas yang membuat web authority tinggi adalah berasal dari domain yang sudah berumur. Salah satu keuntungan mendapatkan backlink dari website berumur adalah pengindeksan di mesin pencari cenderung lebih cepat.

 Bahkan dari segi SEO, meskipun website lama belum tentu memiliki otoritas yang besar. Namun jenis backlink dari situs ini relatif lebih aman dan lebih baik daripada mendapatkan backlink dari website baru dengan indeks yang tidak stabil.

Di kalangan blogger, akhir-akhir ini banyak yang memanfaatkan kualitas domain lama untuk membangun PBN. Namun, Anda harus berhati-hati saat membeli domain lama karena Anda perlu melacak riwayat domain tersebut sebelum menggunakannya.

Unik

Apabila Anda mendapatkan backlink dari website dengan IP dan hosting yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, maka ini bisa mempengaruhi peringkat website Anda di mesin pencari layaknya Google. Logikanya, jika backlink yang Anda dapatkan berasal dari IP yang berbeda, maka backlink yang Anda dapatkan bukan dari manipulasi.

Walaupun pada prakteknya, backlink IP yang berbeda bisa di dapatkan dari proses manipulasi (misalnya dengan PBN). Sederhananya, mendapatkan backlink dari puluhan situs dengan IP berbeda lebih baik daripada ratusan backlink dari website dengan IP yang sama.

Tautan Satu Arah

Kriteria backlink berkualitas selanjutnya adalah tautan yang satu arah. Beberapa tahun yang lalu, rekan-rekan blogger sering bertukar link dalam optimasi SEO. Kegiatan ini dulunya cukup efektif dalam meningkatkan PageRank dan memperkuat website. Sayangnya dengan algoritma Google saat ini, tukar link semacam ini sudah kehilangan nilainya karena di anggap banyak manipulasi.

Cara yang lebih baik untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah mendapatkan link secara natural dengan link satu arah (non timbal balik). Alasannya sederhana, Anda mendapatkan backlink (+) tanpa harus menghilangkan atau memberikan backlink (-).

Atribut Dofollow

Secara teori, tautan dofollow di anggap sebagai suara untuk situs web Anda, sedangkan ‘nofollow’ berarti tidak ada atau netral. Jika Anda memiliki backlink berkualitas yang memenuhi kriteria backlink berkualitas di atas tetapi tidak di ikuti, Anda akan kehilangan banyak waktu.

Ada sebagian blogger yang beranggapan bahwa nofollow tetap dianggap sebagai backlink, namun ada juga yang mengatakan tidak. Tapi kalaupun backlink nofollow ini masih dihitung, persentasenya sangat rendah dibandingkan link dofollow. Agar terlihat natural, blogger disarankan untuk membangun backlink dengan persentase nofollow dofollow dengan perbandingan 80:20.

Penutup

Selain dengan menerapkan beberapa kriteria backlink berkualitas di atas, jangan lupa bahwa ada faktor lain yang bisa digunakan untuk optimasi SEO website Anda. Salah satunya adalah backlink dari media sosial.

Meskipun backlink yang dibuat dari media sosial biasanya berupa backlink nofollow. Namun, kriteria backlink berkualitas ini juga cukup bagus karena membawa lalu lintas langsung dan menimbulkan efek viral.

Baca Juga