fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & TrikGeneralPanduanPengetahuanUmumWebsiteWordpressWordpress

Cara Membuat Konten Evergreen Terbaik

Yanti puspita

Salah satu cara atau kunci sukses bagi sebuah website atau blog untuk meningkatkan organic traffic adalah konten evergreen. Meningkatkan lalu lintas situs web bukanlah hal yang mudah. Di perlukan strategi yang tepat agar situs bisa masuk halaman pertama di mesin pencari.

Salah satu strategi content marketing yang bisa di terapkan untuk meningkatkan traffic adalah dengan menampilkan konten yang selalu hijau. Jadi, apa sebenarnya konten yang selalu hijau itu? Mengapa jenis konten ini dapat meningkatkan lalu lintas situs web? Jangan khawatir, di sini kita telah menyiapkan penjelasan lengkapnya hanya untuk Anda.

Cara Membuat Konten Evergreen

Konten Evergreen ialah jenis konten yang tidak mempunyai batasan waktu dan akan tetap bisa di akses sampai kapanpun. Jadi, pembuatannya pun tidak bisa sembarangan dan membutuhkan beberapa trik khusus. Berikut cara membuat konten tersebut, yang dapat Anda ketahui yaitu:

·         Buat Artikel Yang Di Perlukan Oleh Pembaca Saja

Pemilihan topik artikel juga harus di pertimbangkan dengan cermat adalah salah satu cara membuat konten evergreen. Cobalah untuk mencari tahu apa yang ingin di ketahui dan di butuhkan pembaca.

Sekalipun Anda memiliki banyak pengetahuan tentang fisika, jika pembaca tidak menginginkan cara ini, maka jangan menulisnya terlebih dahulu.

Anda tentu tidak ingin artikel yang telah Anda kerjakan dengan susah payah sia-sia, bukan? Karena itu, pertama-tama Anda perlu mencari tahu topik apa yang ingin di ketahui dan di butuhkan pembaca.

·         Pilihlah Kata Kunci Yang Benar

Memilih kata kunci yang tepat sangat penting untuk membuat konten Anda selalu hijau. Jika Anda ingin membuat konten yang selalu hijau, Anda perlu menggunakan kata kunci longtail. Saat mencari kata kunci, lebih baik mencari kata kunci dengan volume pencarian besar karena selalu lebih mudah di temukan oleh pembaca.

·         Jangan Gunakan Bahasa Yang Terlalu Sulit

Artikel yang di muat oleh website atau blog akan selalu memiliki gaya yang berbeda dengan tulisan ilmiah. Jadi, sebaiknya jangan menggunakan bahasa yang susah di mengerti dan harus tahu siapa audiens target Anda.

Jika website Anda di tujukan untuk orang-orang yang sudah profesional di bidangnya, Anda bisa menggunakan bahasa teknis. Namun, jika audiens Anda adalah orang biasa yang hanya ingin mengetahui beberapa informasi, sebaiknya hindari penggunaan bahasa yang sangat teknis.

Konten evergreen merupakan jenis konten yang bisa membantu Anda mendatangkan traffic ke website Anda pada waktu tertentu karena kontennya selalu fresh dan menghibur. Oleh karena itu, konten itu sangat penting untuk di gunakan sebagai bagian dari strategi pemasaran konten yang Anda miliki.

Jika Anda tertarik dengan pemasaran konten atau pemasaran digital secara umum, Anda harus mencoba Glints ExpertClass. Di sana, Anda bisa mendapatkan banyak ilmu baru seputar digital marketing langsung dari para ahli yang sudah profesional di bidangnya.

·         Optimasi Seo

Selain memilih kata kunci yang paling sesuai, ada langkah lain yang harus di perhatikan untuk membuat tersebut, yaitu optimasi SEO. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan SEO Anda adalah dengan memasukkan kata kunci Anda di judul, URL lalu sebarkan di setiap bagian artikel.

Kemudian, Anda juga harus memberikan teks alternatif pada gambar dan menyertakan hyperlink dari artikel lain.

Beberapa Konten Evergreen Yang Dapat Mendatangkan Traffic Organic

Konten evergreen yang baik adalah konten yang bermanfaat dengan kemasan yang menarik dan tetap relevan meskipun adanya perubahan zaman. Anda dapat mempelajari cara membuat konten yang menarik untuk meningkatkan lalu lintas situs web.

Salah satunya, belajar tentang copywriting. Penjelasan lebih detail tentang copywriting bisa Anda temukan di kursus online gratis berupa microlearning yang sudah tersedia di bawah ini, antara lain:

·         Konten Tutorial

Berbagi tutorial dalam bentuk konten adalah suatu hal yang sangat bagus. Anda dapat membantu orang lain yang sedang mencari informasi untuk melakukan sesuatu. Misalnya:

  • Ada tutorial memasak
  • Tutorial make up

Dan tutorial membuat mainan dari botol bekas.

Konten tutorial atau konten how-to berisi langkah demi langkah apa yang harus di lakukan untuk membuat atau melakukan sesuatu. Untuk memberikan penjelasan yang lebih jelas, sebaiknya konten tutorial di sertai dengan gambar atau video yang jelas.

·         Konten Review

Konten review bisa menjadi konten evergreen jika produk atau jasa yang di kenalkan juga memiliki sifat yang tidak mudah hilang oleh waktu. Ada banyak ide yang dapat Anda gunakan untuk membuat konten jenis ulasan. Anda dapat membuat konten yang mengulas sesuatu contohnya:

  • Aplikasi marketplace
  • Produk perawatan kulit
  • Layanan penyedia kursus online dan lainnya.

Ingatlah bahwa yang terbaik adalah memberikan ulasan yang jujur ​​dan membuat konten alami agar terlihat menarik dan tidak membosankan.

·         Konten Resources

Konten resources ini sangat berguna sebagai referensi bagi pembaca saat mencari sesuatu yang mereka inginkan. Contoh konten resource antara lain:

  • Daftar website yang menyediakan gambar gratis
  • Daftar nomor telepon
  • Dan jadwal dokter di rumah sakit daerah tertentu, dll.

·         Konten Studi Kasus

Jenis konten evergreen yang dapat mendatangkan lalu lintas organik adalah konten studi kasus. Umumnya jenis konten ini di sajikan secara ilmiah di salah satu situs web resmi di universitas. Tetapi Anda juga dapat membuat situs web pribadi dengan studi kasus yang terkait dengan kehidupan sehari-hari Anda.

·         Konten Pengalaman

Konten yang berisi pengalaman pribadi lebih di sukai oleh pembaca karena dapat menciptakan gambaran yang jelas. Misalnya:

  • Pengalaman membuat paspor 
  • Pengalaman jalan-jalan ke berbagai negara.

Ada juga banyak konten tentang pengalaman menjalani prosedur medis tertentu, seperti:

  • Pencabutan gigi bungsu
  • Dan operasi usus buntu.

Anda dapat mengambil pelajaran dari pengalaman di atas.

·         Konten Evergreen Yang Biasanya Di Buat

Secara umum, konten evergreen berisi atau membahas masalah-masalah umum dan bisa menjadi solusi atas masalah yang di hadapi orang lain, seperti:

  • Daftar referensi
  • Konten tutorial
  • Atau panduan
  • Motivasi
  • Tips dan trik
  • Informasi statis
  • Parenting
  • Pengembangan diri
  • Dan pengetahuan.

Kesimpulan

Konten Evergreen terbukti membawa lalu lintas situs web yang stabil dalam jangka panjang. Konten ini juga bisa menjadi sumber backlink organik karena di sukai oleh banyak orang dan di jadikan sebagai sumber referensi website lain.

Cara membuat konten yang menarik dan informatif membutuhkan usaha lebih tetapi hasil yang Anda dapatkan sangat memuaskan. Untuk variasi konten, Anda dapat membuat berbagai jenis konten yang dapat memberi Anda lalu lintas organik seperti yang terlihat di artikel ini.

Konten yang menarik dapat meningkatkan kunjungan website dan membangun pembaca setia ataupun yang baru. Secara tidak langsung, peringkat website Anda akan meningkat di mesin pencari dan akan lebih berpotensi untuk di lihat oleh banyak orang dan pengiklan.

Baca Juga