fbpx

Komputer Server Adalah: Definisi, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

Jika ditanya apakah komputer server itu? Komputer server adalah suatu perangkat yang punya peran sangat penting agar sebuah atau sistem komputer bisa berjalan dengan baik.

Ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu komputer server, fungsi, dan jenisnya. Baca singkat ini selengkapnya.  

Apa Itu Komputer Server?

komputer server adalah

Bisa diibaratkan, komputer server merupakan sebuah perangkat induk jaringan yang punya peran penting dalam mengatur dan mengelola akses suatu jaringan.

Peran yang lain, komputer server juga menjadi supplier sumber daya serta menyimpan informasi tertentu. Begitu pentingnya perangkat ini, Anda yang bergelut dengan server wajib memperhatikannya.

Untuk mewujudkan perannya itu, komputer server dilengkapi dengan satu sistem yang menghubungkan ke jaringan komputer client.

Melalui , tugas komputer client kemudian meminta dan informasi dari komputer server. Informasi itu bisa berupa gambar, text file, video, dll.

Dalam hal ini, komputer server lebih difungsikan untuk melayani sekaligus menjawab permintaan dari komputer client.

Fungsi Komputer Server

fungsi komputer server

Selanjutnya, apa saja fungsi dari komputer server dalam mengelola akses jaringan? Berikut ini beberapa fungsi komputer server.

1. Menyediakan Sumber Daya untuk Client

Komputer client sangat membutuhkan dukungan sumber daya (resources) dari Komputer server untuk mengoperasikan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak ().

Baca Juga :  Memahami Tentang Seo dan Manfaatnya

2. Menyimpan File dari Client

Fungsi yang lain adalah sebagai penyimpan file dari client. Dengan menggunakan file sharing, Anda dapat mengakses file-file tersebut secara bersamaan.

Anda tidak perlu khawatir dengan serangan virus dan malware. Sebab, data dan informasi yang tersimpan di file sharing sudah punya pengaturan backup file dan antimalware.

3. Melayani Permintaan Komputer Client

Sebagai pengguna, Anda akan mendapatkan layanan dari komputer server. Di sini, komputer server harus siap melayani permintaan komputer client.

Untuk itu, komputer server harus didukung oleh fitur dan sumber daya yang memadai agar kebutuhan pelanggan bisa terpenuhi.

4. Mengamankan Data dan Informasi

Fungsi penting lainnya dari komputer server adalah sebagai penyimpan data dan informasi penting yang Anda miliki.

Sistem keamanan yang sangat baik dari komputer server memastikan semua data dan informasi tetap aman dari serangan hacker atau cracker yang ingin melakukan pencurian data atau menggunakan data secara ilegal.  

5. Mengatur Hak Akses

Terakhir, komputer server bisa Anda fungsikan untuk mengatur hak akses level pada jaringan. Dengan kata lain, Anda sebagai client mendapatkan hak akses terhadap data/sistem tertentu.

Pastinya, keberadaan komputer client akan semakin memudahkan Anda dalam mengolah data dan informasi penting di kantor Anda.

Jenis-jenis Komputer Server

jenis-jenis komputer server

Bagaimana dengan jenis-jenis komputer server? Berikut beberapa jenis komputer server yang sering digunakan pengguna.

1. Application Server

Para pengguna berbasis web menggunakan komputer server umumnya untuk menyimpan file data dan informasi penting.

Beberapa bidang pekerjaan yang menggunakan jenis komputer server ini, misalnya IT, app development, dsb.  

2. FTP Server

Dengan berbasis file transfer protocol (FTP), aplikasi ini berfungsi mengatur lalu lintas transfer file atau dokumen. Fungsi yang lain, FTP server bisa mengakses file secara real time (online).

Baca Juga :  Apa Itu Backlink dan Jenis-Jenisnya?

3. Mail Server

Sesuai namanya, jenis komputer server yang satu ini sering dimanfaatkan untuk memperlancar proses pengiriman dan penerimaan melalui email. Syaratnya, Anda harus harus punya klien email di .

4. Web Server

Pengguna umumnya memanfaatkan komputer server ini sebagai penunjuk halaman. Ada pula user yang menggunakannya untuk menjalankan aplikasi dalam web . Sebut saja seperti di Chrome, Mozilla, dll.

Terbaca dengan jelas bahwa komputer server adalah perangkat induk yang cukup mempengaruhi kinerja jaringan. Untuk itu, Anda tidak bisa sembarangan menanganinya. Serahkan pada ahlinya, DewaBiz untuk hasil terbaik.