fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Jenis Keyword serta Fungsinya

Yanti puspita

Sebagai seorang blogger, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan keyword. Dalam dunia blogging, keyword sangat penting dan berguna, terutama untuk memenangkan dan meningkatkan SEO blog. Apa itu keyword?dan Apa saja macam jenis keyword? Mari kita jelajahi di artikel ini.

Mampu memilih keyword yang tepat setiap kali Anda menulis artikel dapat memberikan efek yang luar biasa, terutama dalam mengarahkan trafikdari mesin pencari. Itulah mengapa begitu banyak istilah-istilah kunci yang sering didengar, salah satunya adalah “riset keyword”.

Secara umum hal ini bertujuan untuk mencari kata kunci yang tepat, dengan harapan artikel yang dipublikasikan bisa berada pada posisi teratas yaitu pada halaman utama hasil pencarian.

Definisi

Apa itu keyword? Beberapa dari Anda pasti sangat terbiasa mendengar kata ini dan bahkan menggunakannya sebagai istilah umum sehari-hari. Tapi apa itu keyword? Apakah itu hanya kata kunci? Atau apakah itu memiliki arti lain?

Keyword adalah susunan kata yang sering diketik oleh seseorang ketika mencari data atau informasi yang mereka butuhkan di internet. kata ini disimpan dan digunakan mesin pencari untuk menganalisis kebutuhan pengguna Internet. Oleh karena itu, kata kunci juga merupakan kata-kata umum yang di pikirkan orang ketika mereka membutuhkan sesuatu.

Dari pengertian tersebut, kini kita bisa menarik kesimpulan bahwa tidak sembarangan dalam menentukan kata kunci atau keyword. Karena kata kunci tidak serta merta menentukan kata atau urutan kata yang mungkin masuk dalam pencarian paling populer, lebih dari itu adalah membuat rangkaian sehingga kata yang kita pilih benar-benar tepat sasaran.

Jenis-jenis keyword

Keyword memiliki berbagai jenis berdasarkan strategi atau peruntukannya. Secara umum, ketika seorang blogger atau penulis konten memahami pentingnya menggunakan kata kunci, mereka akan memilih penggunaan yang paling tepat berdasarkan jenis kata kunci yang cocok dengan strategi pengoptimalan konten mereka.

Kata kunci berdasarkan kata

Kata kunci berdasarkan jumlah kata di bedakan menjadi dua jenis, yaitu:

Short Tail Keyword

keyword jenis ini sangat pendek karena hanya memiliki jumlah kata maksimal dua. Contohnya seperti : Rumah Murah, Tips Kesehatan, Cara Belanja, Spesifikasi HP, dan lain-lain.

Kelebihan: Jumlah pencarian sangat besar.

Kelemahan: Persaingan sangat ketat. Kemungkinan muncul di halaman pertama berkurang. Hasil yang diberikan kurang relevan.

Long Tail Keyword

Jenis keyword ini Merupakan penyempurnaan dari shor tail yaitu dengan menambahkan beberapa kata kunci yang terkait namun tetap mudah dibaca. Khusus untuk blogger pemula, kata kunci jenis ini sangat bagus dan direkomendasikan oleh para web master.

Contohnya seperti: jenis produk Google yang paling populer dan fungsinya, fitur-fitur hebat dari Android Kitkat 5.0, cara mudah mendaftar adsense dengan Youtube dan lain sebagainya.

Kelebihan: Anda dapat menargetkan beberapa kata kunci sekaligus, sehingga peluang artikel Anda muncul dengan kata kunci yang berbeda akan lebih besar. Peluang untuk memenangkan persaingan dengan blogger lain semakin besar bahkan hanya dengan menggunakan kata kunci jenis ini, blog yang baru dibuat juga bisa berpeluang mengalahkan blog populer dengan kata kunci yang sama. Lebih bermanfaat bagi pembaca. Lebih mudah di temukan oleh mesin pencari.

Kelemahan: Tipe ini sering terlihat aneh, ketika di praktekkan oleh blogger yang belum berpengalaman.

Kata kunci bedasarkan waktu

Kata kunci berdasarkan waktu yang di maksud adalah kata kunci yang mempengaruhi lalu lintas blog berdasarkan batas waktu tertentu. Apa saja jenis kata kunci dan penjelasan berdasarkan waktu, sebagai berikut:

Kata kunci abadi

Ini adalah jenis kata kunci yang tidak habis dan dimakan waktu (berubah zaman), jenis ini mungkin masih ada dari waktu ke waktu dan masih dapat menarik pengunjung meskipun telah di terbitkan selama beberapa dekade. Misalnya: obat jerawat alami, cara diet alami, cara menumbuhkan rambut rontok.

Keyword musiman

Jenis ini Anda bisa mendapatkan ledakan pengunjung tapi efek yang di berikan singkat. Jika Anda adalah orang yang sangat up-to-date dengan berbagai acara yang sedang hangat, populer, baru dan trending topik sepanjang waktu, sangat di sarankan agar Anda menggunakan kata kunci musiman ini.

Contoh : Hasil pertandingan Arsenal dengan buyern munchen 2018, juara liga italia 2018, pemain terbaik liga italia 2018 dan lain-lain.

Kata kunci berdasarkan audiens

Kata kunci jenis ini di kelompokkan berdasarkan manfaat dan tingkat kebutuhan pengguna.

Keyword umum

ini adalah jenis yang dapat menjangkau semua orang. Artikel yang di tulis dapat mendatangkan pengunjung dari berbagai kalangan. Misalnya: cara sederhana meningkatkan kecepatan internet, cara cepat mengobati sakit kepala, dan lainnya.

Keyword khusus

jenis ini memiliki target tertentu (pengunjung). Informasi yang di berikan hanya di butuhkan oleh pengguna tertentu. Misalnya: cara meningkatkan pendapatan adsense, cara merakit komputer dan lain-lain.

Fungsi Keyword

keyword atau kata kunci memiliki fungsi yang sangat penting ketika membangun sebuah website atau blog. Selain itu, dalam dunia informasi yang sekarang serba tentang optimasi SEO, sangat penting bagi seorang penulis artikel untuk memahami kata kunci dalam artikelnya.

Mungkin sebagian orang akan mengatakan yang terpenting adalah konten yang berkualitas, bukan strategi SEO, ada benarnya. Tetapi jika Anda bisa menggabungkan konten yang berkualitas dan strategi SEO yang tepat, konten tersebut akan jauh lebih menarik dan bermanfaat.

Bagaimana bisa? Karena akan lebih mudah untuk mencari dan mendapatkan pembaca. Lebih jelasnya, mari kita lihat fungsi keyword berikut ini.

  • Untuk mesin: Dengan keywordi, mesin pencari akan lebih mudah mencari dan melihat informasi yang sangat relevan dengan kebutuhan pengguna internet.
  • Untuk blogger: dengan keyword yang tepat pada sasaran akan memungkinkan artikel yang di buat berada di halaman pertama hasil pencarian. Hal ini juga akan membangun semangat para blogger untuk lebih bersemangat lagi. Bagaimana bisa ? Jika sebuah artikel yang telah di terbitkan berhasil memenangkan persaingan antar blogger dalam hasil pencarian dan masuk halaman depan, merupakan sebuah pencapaian besar yang dapat memberikan kepuasan terhadap kinerjanya dan dapat meningkatkan semangat blogging.
  • Untuk Blog: Jika blog di jalankan oleh blogger yang berpengalaman, kemungkinan besar blog tersebut akan mendapatkan peringkat yang bagus. Selain itu, blog yang berisi artikel berkualitas dengan kata kunci yang di targetkan dapat tetap berada di posisi teratas halaman hasil pencarian.

Blog seperti ini nantinya akan menjadi terkenal. Meski blog mampu berada di halaman depan untuk setiap kata kunci yang di incar oleh penulisnya, bukan tidak mungkin blog tersebut bisa mendapat rating tinggi, sehingga bisa menghasilkan banyak uang. Pada akhirnya peringkat situs web atau blog Anda akan meningkat.

Kesimpulan

Keyword penting dalam memenangkan persaingan konten artikel di sebuah website, apalagi saat ini kemampuan mengolah kata kunci juga menjadi kunci untuk memenangkan berbagai kontes konten di berbagai platform. Jadi bukan hanya untuk website atau blog saja.

Ketika Anda telah berhasil melakukan optimasi SEO, optimasi kata kunci, melakukan riset mendalam sebelum membuat konten, apa yang harus Anda optimalkan untuk website kita selanjutnya? Jawabannya jangan lupa untuk mengoptimalkan kinerja website atau blog Anda! Karena ini adalah poin penting apakah pembaca akan betah atau tidak dengan situs web Anda.

Baca Juga