fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Keuntungan Menggunakan Tanda Tangan Digital PNG untuk Departemen Legal

Wiliam

Tanda tangan digital png adalah salah satu metode yang banyak digunakan untuk mengesahkan dokumen elektronik secara sah. Selain itu, metode tanda tangan ini juga menjadi pengganti dari tanda tangan fisik tradisional.

Banyak juga penyedia layanan tanda tangan digital png yang aman digunakan, sehingga untuk masalah identitas penggunanya menjadi terhamin. Fungsi dari tanda tangan digital png adalah sebagai alat pernyataan atau bukti bahwa pemilik sudah setuju dengan isis dokumen miliknya.

Akan tetapi, untuk satu hal yang membedakan adalah cara membuatnya secara digital. Mudahnya cara membuat tanda tangan digital png ini juga membuatnya banyak digunakan san salah satunya adalah departemen legal di suatu perusahaan.

Apa Itu Tanda Tangan Digital PNG?

Tanda tangan digital png merupakan tanda tangan baik berbentuk goresan tangan maupun simbol. Dengan begitu, maka penggunaan metode tanda tangan yang satu ini dikhususkan pada beberapa dokumen elektronik dan virtual.

Berdasarkan salah satu halaman di internet, untuk tanda tangan digital png ini banyak digunakan untuk mendapatkan suatu persetujuan. Sama halnya dengan tanda tangan biasa atau fisik.

Hanya saja, metode tanda tangan satu ini dilakukan secara virtual. Sehingga, bisa menggantikan posisi dari tanda tangan tertulis. Jadi, dengan tanda tangan elektronik bizzie tidak perlu mencetak dokumen lagi.

Bahkan, untuk tanda tangan manual juga tidak perlu lagi dilakukan. Hanya cukup tanda tangan di dalam file tersebut, maka persetujuan yang dilakukan oleh bizzie sudah dianggap sah.

Keuntungan Menggunakan Tanda Tangan Digital PNG

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa untuk saat ini banyak sekali kalangan masyarakat memilih dan menggunakan tanda tangan digital png. Ada beberapa keuntungan menggunakan tanda tangan digital png, yaitu :

1. Kecepatan dan Efisiensi

Keuntungan pertama di saat menggunakan tanda tangan digital png adalah kecepatan dan efisiensi para proses hukum Dengan menggunakan tanda tangan jenis yang satu ini, bizzie bisa mengirimkan dokumen di dalam hitungan menit dan detik. Proses ini juga bisa mempercepat transaksi hukum dan meningkatkan efisiensi departemen legal.

2. Keabsahan Hukum

Tanda tangan digital png secara hukum sudah sah dan diakui oleh banyak yurisdiksi di seluruh dunia. Pada beberapa negara, untuk metode tanda tangan yang satu ini mempunyai status dengan tanda tangan fisik Maka dari itu, penggunaan tanda tangan digital png di dalam departemen legal ini memastikan bahwa dokumen elektronik tersebut sudah mempunyai keabsahan hukum yang sama dengan fisik.

3. Keamanan dan Kerahasiaan

Metode tanda tangan digital png ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan keamanan dan keabsahan dokumen secara hukum. Proses tanda tangan kali ini juga akan melibatkan pengguna teknologi enkripsi yang kuat guna memberikan perlindungan integritas dan kerahasiaan dokumen.

Selain itu, tanda tangan digital juga sudah dilengkapi dengan fitur otentikasi. Misalnya, kata sandi, kode verifikasi maupun sidik jari. Perihal tersebut digunakan untuk meningkatkan keamanan dan mencegah pemalsuan dokumen.

4. Penyiapan dan Akses yang Mudah

Cara membuat tanda tangan digital png ini bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Sehingga, kemudahan ini membuat proses tanda tangan tersebut bisa mempermudah departemen legal di dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Dokumen yang sudah ditandatangani secara digital ini bisa dengan mudah untuk disimpan secara elektronik. Bahkan, untuk bizzie juga bisa mengakses tanda tangan digital png dimana saja menggunakan sistem penyimpanan elektronik maupun cloud.

Hal ini dapat mempermudah departemen legal di dalam mengelola dan mengakses dokumen hukum tanpa harus menghadapi tantangan fisik, seperti penyimpanan dan persiapan dokumen fisik tradisional. Dengan akses yang mudah ini mempermudah departemen legal di dalam memberikan respon kebutuhan bisnis secara cepat dan efisien.

5. Hemat Biaya

Menggunakan tanda tangan digital png ini bisa membantu departemen legal di dalam menghemat biaya. Dibandingkan dengan tanda tangan fisik tradisional yang membutuhkan percetakan, pengiriman dan arsip dokumen fisik. Selain itu, menggunakan metode tanda tangan ini juga bisa mengurangi biaya yang berhubungan dengan kesalahan manusia. Misalnya, penulisan atau pengelolaan dokumen fisik.

6. Meningkatkan Produktivitas

Cara membuat tanda tangan digital png ini sangat mudah dan praktis, sehingga bisa meningkatkan produktivitas. Di dalam divisi legal, ada banyak dokumen yang membutuhkan tanda tangan. Misalnya, kontrak, perjanjian maupun beberapa dokumen hukum lainnya.

Menggunakan tanda tangan digital, maka dokumen tersebut bisa ditandatangani secara mudah dan cepat tanpa harus mencetak. Proses yang cepat dan efisien ini bisa meningkatkan produktivitas tim legal. Bahkan, bizzie juga bisa lebih fokus di beberapa tugas lain yang membutuhkan perhatian lebih lanjut.

Legalitas Tanda Tangan Digital PNG

Berdasarkan dari salah satu halaman tanda tangan digital png ini sudah diatur di dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (UU ITE). Di dalam pasal tersebut menyatakan, bahwa tanda tangan jenis ini mempunyai kekuatan hukum dan akibat hukum yang sah. Ada beberapa syarat yang harus diperhatikan, ketika bizzie ingin membuat metode tanda tangan digital png, yaitu :

● Data pembuatan tanda tangan digital hanya terkait dengan penanda tangan saja.

● Data pembuatan tanda tangan digital hanya berada di dalam kuasa penanda tangan di saat proses dilakukan.

● Terdapat cara untuk menunjukkan, bahwa penanda tangan setuju terhadap informasi elektronik yang tersedia.

Itulah dia keuntungan menggunakan tanda tangan digital png. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa menambah informasi bagi bizzie yang masih menggunakan tanda tangan fisik agar lebih menghemat banyak waktu.

Baca Juga