fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Keunggulan Mesin Pencari Google

Wiliam

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, mesin pencari Google termasuk salah satu layanan yang banyak dimanfaatkan masyarakat. Terlebih, aktivitas masyarakat kini mewajibkan untuk memanfaatkan internet dalam bekerja serta mencari berbagai informasi yang akurat. 

Lantas, apa saja keunggulan mesin pencari google sehingga bisa menjadi bagian terpenting? Layanan ini memang mempunyai banyak kelebihan dibandingkan mesin pencari lainnya sehingga dijuluki sebagai The King of Search Engine. 

Sebab, kehadiran mesin pencari Google ini, pengguna internet dapat terbantu saat tengah berusaha menyelesaikan berbagai pekerjaan. Tentu saja, karena telah didukung dengan berbagai fitur terbaik.

Nah, bagi Anda yang penasaran mengenai  keunggulan search engine ini, berikut ini informasi lengkapnya. 

Keunggulan Mesin Pencari Google

Mengingat, internet kini banyak dimanfaatkan masyarakat untuk membantu pekerjaannya. Maka, berbagai jenis search engine mulai bermunculan di dunia maya. Namun, yang paling banyak diakses masyarakat masa kini adalah Google. 

Tentu saja, karena mesin pencarian ini menawarkan banyak keunggulan. Adapun keunggulan yang ditawarkan layanan ini, sebagai berikut:

1.Hasil Sangat Relevan

Salah satu keunggulan yang ditawarkan mesin pencari Google adalah hasil sangat relevan. Seperti yang sudah diketahui, Google memang termasuk layanan pencarian yang bisa menghasilkan informasi relevan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Karena Google mempunyai algoritma yang lebih baik sehingga mampu memunculkan website berkualitas tinggi di halaman pencarian. 

Tak heran jika layanan ini, sangat populer dan banyak diakses para pengguna internet. Tentu saja, informasi yang ditawarkan juga sangat lengkap, mulai dari berita artikel, hiburan hingga materi pembelajaran. 

2. Proses Pencarian Sangat Cepat

Selain hasil sangat relevan, mesin pencari Google juga mampu mencari informasi yang dibutuhkan penggunanya secara cepat. Terutama saat Anda melakukan pencarian dengan memakai kata kunci yang relevan, layanan ini hanya membutuhkan waktu 0,5 detik untuk menampilkan jutaan hasil dalam pencarian Anda.

Melakukan pencarian di web browser tentu saja hal yang paling utama dicari masyarakat adalah proses pencarian cepat. Mengingat, masyarakat masa kini lebih menyukai sesuatu yang bersifat instan. 

Maka segala sesuatu yang dikerjakan selalu mengandalkan Internet untuk membantunya. Untuk itu, pengguna sudah pasti mencari mesin pencarian yang bisa melakukan pencarian secara cepat. Agar, pekerjaan yang sedang dikerjakan bisa terselesaikan dengan cepat. 

3. Tampilan Simple dan Sederhana

Keunggulan selanjutnya yang ditawarkan mesin pencari Google adalah memiliki tampilan simple dan sederhana. Meskipun tampilannya memang terlihat simple dan sederhana, namun tetap menyenangkan untuk digunakan. Tidak kalah pentingnya, layanan ini juga terbebas dari iklan yang bisa mengganggu proses pencarian. 

Memiliki tampilan yang sederhana, tentu saja dapat memudahkan para pengguna untuk menggunakanya. Sebab, pengguna tidak perlu menekan beberapa tombol untuk menjalankannya. Tetapi, cukup dengan memasukkan istilah pencarian. Kemudian, Google akan melakukan proses pencarian dan Anda bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan. 

4. Berbagai File Terindeks di Google

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa Google termasuk salah satu search engine yang banyak digunakan para pengguna internet. Sebab, memiliki banyak keunggulan, seperti mampu mengindeks berbagai jenis file seperti PDF, Doc, Power Point dan lainnya. Tentu saja, hal ini sangat dibutuhkan para penulis konten. 

Sebab, fitur ini bisa membantu penulis untuk melestarikan materi dalam berbagai format file tanpa harus khawatir format file yang digunakan tidak muncul di situs pencarian. 

Berkat, kemampuan yang dimiliki Google yang mana mampu mengindeks berbagai jenis file. Maka, akan dapat memenuhi tuntutan informasi dari para penggunanya yang menginginkan format file tertentu. 

5. Dinamis

Salah satu yang membedakan Google dengan mesin pencari lainnya seperti Yahoo, Bing dan lainnya adalah mempunyai algoritma yang sangat dinamis. Seperti yang diketahui, algoritma merupakan pemrograman yang mesti dijalankan untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer. 

Untuk itu, mesin pencarian mesti memiliki algoritma yang dinamis agar informasi yang dihasilkan relevan. Mengingat, banyaknya kekhawatiran dari para penggunanya terkait dengan hasil yang akan didapatkan. Untuk itu, mesin pencari Google terus memperbarui algoritmanya agar tetap menjadi sangat ideal di kelasnya. 

6. Dukungan Teknologi Teranyar

Perkembangan teknologi yang kian hari semakin canggih, membuat Google merancang strategi yang tepat untuk mesin pencariannya. Di mana layanan ini telah memanfaatkan teknologi terbaru dengan server yang bisa digunakan untuk menyajikan layanan secara cepat tanpa down. 

Tidak kalah pentingnya, layanan ini juga telah memanfaatkan berbagai infrastruktur seperti satelit dengan teknologi baru. Tak heran, jika Google termasuk mesin pencarian yang sulit ditandingi oleh kompetitor lainnya. 

Menariknya lagi, dilengkapi juga dengan komponen spatial yang mana memungkinkan pencarian berbasis alamat IP pengguna untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. 

7. Membasmi Spamming

Tidak kalah pentingnya, mesin pencarian Google juga mampu membasmi spamming. Mengingat, kini banyak beredar situs web spam, maka mesin pencarian Google menghadirkan sebuah fitur yang mampu menghilangkan situs web spam dari mesin pencariannya.

 Web spam sendiri merupakan website yang berisikan artikel bajakan atau penjiplakan dari website lainnya. Dengan adanya fitur ini, maka jumlah web spam yang muncul di mesin pencarian Google menjadi berkurang meskipun dalam jangka pendek. Terlebih, bisa menjaga keamanan data pengguna akun dalam dunia internet. 

Itulah tadi beberapa keunggulan mesin pencari Google yang perlu diketahui. Meskipun layanan ini memang menawarkan banyak keunggulan, tetapi bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Untuk itu, sebelum menggunakan search engine ini, sebaiknya pahami lebih dulu kelebihan serta kekurangannya. 

Baca Juga