fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

5 Keunggulan domain .ID: Ubah Pendapat Anda Sekarang

Muhammad Rizqy

Apakah keunggulan domain .ID? Bagi sebagian orang, ekstensi ini kurang populer. Kebanyakan memang menggunakan .com.

Kendati demikian, tidak berarti ekstensi ID ini susah bersaing secara komersial. Nyatanya, saat ini mulai banyak orang menggunakannya. Bahkan, website luar negeri pun ada yang memakainya.

Memahami Domain ID

Pada dasarnya, peruntukan domain ID adalah penggunaan bagi website yang berada di Indonesia. Ekstensi dua huruf ini menggambarkan asal negara. Jadi, ini merupakan CCTLD (Country Code Top Level Domain).

Domain ID ini sudah terbentuk sejak tahun 1990. Namun, penggunaannya mulai umum pada 1993. Selanjutnya, sebagai lembaga Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) melaporkan bahwa penggunaan ekstensi ini semakin meningkat.

Hal ini tentu membuktikan bahwa domain ID pun mampu bersaing dengan .com. Bahkan, tercatat ada ribuan website luar negeri menggunakannya. Lantas, apa keuntungan penggunaan ekstensi ini hingga banyak yang memakainya?

Kelebihan Domain ID

Tentu saja, banyaknya pengguna domain ID bukan tanpa alasan. Ada beberapa keunggulan yang membuatnya semakin populer. Di antaranya adalah:

1. Menempati Ranking Tinggi pada Mesin Pencarian

Jika audiens yang Anda bidik memang berada di Indonesia, jangan ragu menggunakan CCTLD ID ini. Pasalnya, Google akan melihat bahwa website tersebut relevan dengan area tertentu.

Artinya, jika ada pengguna dari Indonesia yang melakukan pencarian, maka website ID akan mendapat prioritas. Tentu ini akan meningkatkan trafik ke situs Anda, bukan?

2. Tampak lebih Kredibel

‘Pemakaian ekstensi ID perlu melewati beberapa proses. Di antaranya adalah menyertakan KTP dan dokumen lain. Artinya, ekstensi ini berada di bawah pengawasan.’

Itulah sebabnya, konten dalam website pun harus berkualitas dan bukan hoax, agar tidak mendapat sanksi. Dengan demikian, pengunjung bisa lebih mempercayai postingan pada domain ID, karena lebih kredibel.

3. Harga Domain ID Premium

Berikutnya, harga ekstensi ID premium juga tinggi. Artinya, jika Anda ingin berbisnis domain, akan sangat menguntungkan. Apalagi saat ini sudah semakin banyak pihak yang memilih menggunakan CCTLD.

4. Masih tersedia Cadangan banyak Nama Domain

Bisa jadi Anda mulai kesulitan mendapatkan nama domain .com, karena sudah ada yang memakainya. Namun, berbeda dengan ekstensi ID. Masih tersedia banyak pilihan nama. Jadi, Anda bisa leluasa memilihnya.

5. Akses lebih Cepat

Domain ID berarti menggunakan DNS lokal Indonesia. Hal ini berimbas pada kecepatan akses yang lebih tinggi. Tentu saja, pengunjung lebih menyukai website yang memiliki respons loading cepat.

Kekurangan Domain ID

Ada kelebihan, tentu memiliki kekurangan juga. 

‘Beberapa hal yang membuat orang enggan menggunakan domain ID adalah pendaftarannya yang melibatkan aturan birokrasi.’

Tidak sedikit orang enggan mengurus pendaftaran yang harus menyertakan dokumen identitas. Di samping itu, fakta bahwa ekstensi ini kurang populer juga menjadi pertimbangan.

Meskipun demikian, terkait popularitas ini masih bisa berubah suatu saat nanti. Pada akhirnya, tentu akan banyak website yang menggunakan domain tersebut. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya memiliki ekstensi ID dari sekarang.

Kekurangan lain adalah dalam hal biaya. Sejak 1 April 2022, harga domain ID naik, karena adanya penyesuaian dengan PPN. Memang, ini merupakan salah satu aset yang terkena pajak.

Hal tersebut membuat orang berpikir dua kali untuk menggunakannya. Pasalnya, anggapan bahwa membayar lebih tinggi merupakan suatu kerugian. Namun, bagi sebagian lainnya, harga naik bukan halangan, mengingat keunggulannya juga tidak sedikit.

Pertimbangkan keunggulan domain .ID serta kekurangannya, ketika akan membangun sebuah website. Intinya, jika audiens yang Anda bidik berada di Indonesia, tentu CCTLD ini bisa menjadi pilihan tepat, sehingga trafik jadi lebih spesifik.

Baca Juga